×

Beberapa Olahraga Yang Dianjurkan Untuk Wanita

Bagikan Artikel :

Beberapa Olahraga Yang Dianjurkan Untuk Wanita

Siapa yang ga pengen punya badan idela, sehat dan bugar? Tentu harus rutin olahraga dong, tapi olahraga apa sih yang direkomendasikan untuk para wanita? Nah kali ini Bidan Citra bakalan share olahraga yang direkomendasikan untuk wanita.

Related Posts :

    Olahraga Yang Dianjurkan Untuk Wanita

    1. Muaythai
      Selain modal penting sebagai perlindungan diri, rutin melakukan olahraga muaythai juga bisa melatih berbagai otot tubuh Anda. Selain membentuk berbagai otot tubuh karena variasi gerakannya yang luas, secara perlahan stamina tubuh juga ikut menguat serta bantu membakar kalori lebih cepat. Di samping otot tubuh yang terus terbentuk, olahraga muaythai juga bisa jadi ajang relaksasi saat pikiran sedang stres.
    2. Yoga
      Tidak hanya melatih ketahanan dan kekuatan fisik saja, Anda juga butuh menyeimbangkan hati dan pikiran. Tidak ada olahraga yang tepat untuk mendapatkan jiwa yang tenang selain yoga. Banyak gerakan yoga yang melatih tubuh untuk mengontrol emosi dan lebih aware terhadap apa yang dibutuhkan oleh fisik dan psikis. Cocok untuk Anda yang super sibuk mengejar deadline dan menghadapi tekanan pekerjaan yang tinggi.
    3. Lari
      Tidak hanya sebagai sarana untuk menguatkan massa otot dan mendapatkan berat badan ideal, olahraga lari juga bisa menjadi sarana menjalin pertemanan sosial, lho. Dengan bergabung dalam klub lari, Anda akan bertemu dengan orang-orang baru yang bisa memberi efek positif untuk perluasaan link baik dalam karier, maupun jodoh. Selain itu karena praktis, olahraga satu ini juga tidak membutuhkan banyak modal untuk bisa segera dipraktikkan.
    4. Zumba
      Sudah bukan rahasia lagi kalau zumba merupakan salah satu olahraga favorit kaum Hawa. Sensasi menyenangkan dari menggoyangkan badan mengikuti irama musik akan menjadi salah satu cara melepaskan stres dan penat seharian. Selain itu olahraga zumba juga dapat meningkatkan rasa percaya diri serta penerimaan bentuk tubuh.
    5. Berenang
      Olahraga di dalam air memang bisa menjadi sarana relaksasi. Persentuhan air dengan kulit akan membuat tubuh lebih rileks dan menenangkan. Renang sebagai salah satu olahraga air tidak hanya memberikan sensasi relaksasi tetapi juga membantu membentuk postur tubuh. Tubuh akan lebih tegak, dan bentuk punggung tampak lebih seksi.

    Olahraga Yang Tidak Dianjurkan Untuk Wanita

    1. Sit up
      Kalau Anda ingin memiliki perut sixpack, maka sit up bukanlah jenis olahraga yang tepat untuk wanita. Pasalnya, sit up hanya dapat menggerakkan sebagian otot dan membuatnya mengecil. Terlebih saat Anda menurunkan bahu hingga ke lantai, Anda hanya mengandalkan momentum kaki untuk membantu gerakan, bukan memusatkan pada otot perut bagian tengah (rectus abdominis).
      Untuk membentuk perut sixpack, Anda harus bisa fokus pada jenis olahraga kardio yang diimbangi dengan makanan bergizi untuk membakar lemak secara keseluruhan. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan olahraga kekuatan inti yang lebih efektif membentuk perut berotot.
      Solusi: plank
      Ketimbang melakukan sit up yang salah, segera ganti dengan olahraga plank. Plank dapat membantu menguatkan otot perut dan menurunkan risiko cedera punggung.
      Tekuk kedua siku dan posisi siku ada di bawah atau sejajar dengan bahu. Pastikan jari-jari kaki menekan lantai dengan tubuh lurus, kemudian angkat tubuh Anda secara perlahan. Aktifkan otot perut Anda supaya lebih kuat dan tidak membebani pinggang. Hadapkan pandangan mata ke depan agar leher tidak tegang dan menjaga keseimbangan plank.
    2. Standing side bends
      Mulanya, standing side bends dilakukan sebagai salah satu gerakan peregangan. Namun nyatanya, ini termasuk salah satu olahraga untuk wanita yang sebaiknya dihindari.
      Para ahli mengungkapkan bahwa kebanyakan wanita hanya mengandalkan momentum kaki saat memiringkan tubuhnya. Padahal seharusnya otot yang digunakan adalah otot perut bagian dalam (obliques). Belum lagi bila Anda terlalu miring ke arah samping dan terlalu kuat saat menahan beban tubuh, ini akan membuat Anda rentan mengalami cedera.
      Solusi: torso twist
      Untuk menggantikan standing side bends, Anda bisa lakukan torso twist. Jenis olahraga ini lebih efektif menggerakkan dan menekan otot perut bagian dalam.
      Ambil posisi nyaman dengan duduk di atas matras sambil menekuk lutut. Kemudian, angkat kaki ke arah dada sambil menyeimbangkan tulang ekor. Di sini, Anda akan mulai merasakan adanya tekanan tertentu pada otot perut Anda.
      Sambil memegang bola, putar tubuh ke arah kanan sampai bola berhasil menyentuh lantai. Kembali lagi ke posisi awal, lalu putar tubuh ke arah kiri sampai menyentuh lantai.
    3. Donkey kicks
      Tidak sedikit wanita yang suka melakukan donkey kicks untuk membentuk dan menguatkan otot glute (otot pada bokong). Walaupun terlihat mudah, wanita sering kali salah melakukan olahraga ini.
      Kebanyakan wanita menggunakan otot momentum dan otot punggung bawah. Padahal kalau ingin melakukan donkey kicks, Anda harus memusatkan tubuh pada otot bokong. Jenis olahraga untuk wanita ini juga bisa memicu cedera punggung jika tidak dilakukan dengan benar.
      Solusi: single leg squat
      Salah satu jenis olahraga untuk wanita yang aman dilakukan adalah squat, baik dengan satu kaki maupun dua kaki. Olahraga ini dapat membantu menguatkan otot glute, kaki, dan otot inti dalam tubuh.
      Caranya, berdiri di atas kaki kanan dan letakkan kedua tangan di bagian dada. Secara perlahan, tekuk lutut kanan sambil menurunkan posisi tubuh sekitar 15 sentimeter ke bawah. Rasakan adanya tarikan di bagian bokong yang menandakan bahwa otot glute Anda sedang bekerja.
      Jika sudah, kembali ke posisi awal dengan berdiri tegak untuk kembali menyeimbangkan tubuh. Ulangi cara ini beberapa kali, lalu ganti dengan kaki kiri sebagai tumpuan.
    4. Angkat beban ringan dengan beberapa kali pengulangan
      Anda mungkin berpikir kalau olahraga angkat beban dengan bobot ringan akan lebih baik jika dilakukan secara terus-menerus, alias banyak pengulangan. Banyak orang yang meyakini bahwa cara ini dapat mengurangi timbunan lemak di lengan, tanpa harus kelelahan dengan bobot yang lebih berat.
      Pada dasarnya, angkat beban ringan memang benar dapat meluruhkan lemak yang menumpuk di area lengan. Akan tetapi, ini tidak memberikan tekanan yang cukup pada otot untuk memberikan hasil yang signifikan.
      Terlalu banyak pengulangan saat melakukan angkat beban ternyata justru membuat otot menegang dan rentan merobek tendon serta ligamen. Alhasil, risiko cedera malah tak bisa dihindari.
      Solusi: angkat beban berat dengan pengulangan yang lebih sedikit
      Nyatanya, sesekali mengangkat beban yang berat justru lebih baik daripada angkat beban ringan secara terus-menerus. Para ahli mengungkapkan bahwa cara ini lebih efektif untuk menguatkan otot lengan tanpa menyisakan timbunan lemak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 20, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : wahyu
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Malam bu bidan, saya via 23 thn.
    Tadi sore usg uk 8 minggu. Kantung janin sudah ada tapi janin belum ada masih gumpalan darah.
    Kenapa itu yaa bu bidan

    Apa efek samping vitamin E dan susu pra kehamilan

  • Oleh : dawnagagnon511
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 25 tahun dan suami saya usia 26 tahun. Sudah 6 bulan kami menikah dan saat ini sedang melakukan program kehamilan. Saat ini saya mengkonsumsi susu pra kehamilan dan natur E, apakah keduanya dapat membantu mempercepat kehamilan dan apakah ada efek sampingnya?? mohon jawbannya

    kehamilan

  • Oleh : leny agustini
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    selamat pagi dok,, saya mau bertanya begini dok di desa saya masih ad dukun beranak dok nah krna kpercayaan ntah apa jadi saya ngikut2 sblumnya sya sudah pijat ke dukun itu sampai bulan lalu saya telmbat haid udh 2 bulan prutsya di pijit perlhan katanya sudah ad janin katanya perut saya sudah keras gitu dok trus sya coba tespack dan USG hasilnya negatif stlh itu saya dtang bulan lagi sya kira udah kguguran sya ke dukun itu lgi masih ada tp di usg hasil kosong sya merasa mual , perut sering sakit di bagian bawah kadang sampe ga bisa jalan dok itu gimana ya dok mohon pencerahannya … trimakasih

  • Oleh : leny agustini
  • Bayi diberi MPASI sebelum 6 bulan

  • Oleh : Hani fahrunnisa
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Hi Bu Bidan, bayi saya belum berusia 6 bulan tapi sudah terlanjur saya beri MPASI seminggu ini, apa saya harus menghentikan pemberian MPASI atau dilanjutkan saja ?

    Masalah vagina

  • Oleh : Anda Ari
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan.
    Saya mau bertanya pada saat saya melakukan olah raga seperti kegel atau peregangan mengangkat kaki ada bunyi sprti bunyi becek dan queefing. Saya sdh mnikah dan berumur 28. Apakah itu tanda penyakit?
    Karena saya merasa vagina saya jga sll becek. Bagaimana mengobatinya bu? Makasiih

    Tanya Bidan