×

Bunda, Pahmilah Bahasa Tubuh Bayi Anda

Bagikan Artikel :

Bunda, Pahami Gerarakan Tubuh Bayi

Hallo bunda, jangan abaikan setiap gerakan bayi lho, karena ternyata di balik gerakan bayi ada makna yang tersirat. Nah kita sebagai parent harus mengamati dan pinter-pinter mengartikan gerakannya agar tahu yang dibutuhkan bayi.

Makna Bahasa Tubuh Bayi

  1. Menendang kaki
    Tanda si Kecil sedang senang. Biasanya ia melakukanya saat lagi bermain
  2. Melengkungkan punggung
    Respon saat ia mengalami masalah pencernaan seperti reflux atau saat ia tidak nyaman
  3. Mengepalkan tangan
    Gerakan ini tanda si kecil sedang lapar, jenuh atau stress. Rasa lapar dan stres membuatnya tegang dan mengepalkan kedua tangannya. Cara menghadapinya Bunda bisa memberinya ASI untuk meredakan lapar, atau menggendongnya untuk mengurangi stres yang dirasakan oleh bayi.
  4. Tangan tersentak seperti kaget
    Ini adalah reflek moro yang normal. Biasanya, tangan bayi tersentak ketika dia sedang tidur dan mendengar suara keras. Ini menandakan bahwa dia kaget dan merasa waspada. Hal ini juga berlaku ketika dia sedang berbaring dengan tenang, dan ada suara keras tiba-tiba atau cahaya yang terang.
    Menyentakkan tangan adalah tanda kewaspadaan bayi untuk menghadapi hal tak terduga. Juga merupakan salah satu gerak refleks bayi.
  5. Memainkan telinga
    Tanda si kecil ngantuk, tumbuh gigi, merasa butuh kenyamanan, bersiap untuk tidur, atau menghadapi situasi tertentu yang menjadi caranya menenangkan emosi. Bila disertai dengan tangisan bisa jadi adanya infeksi telinga.
  6. Membenturkan kepala
    Saat bayi membenturkan kepalanya ke lantai atau dinding kamar, tandanya dia sedang mengalami sakit. Gerakan membenturkan kepala berkali-kali ini memberikan efek menenangkan pada bayi sehingga dia terus melakukannya.
    Orangtua perlu mewaspadai bila bayi sering melakukan hal ini. Kunjungi dokter untuk memeriksakan bayi Anda, sebelum kepala bayi mengalami cedera serius akibat dibenturkan berulang kali.
  7. Memalingkan wajah
    Ketika bayi memalingkan wajahnya dari Anda, bisa jadi dia sedang merasa bosan, atau tidak tertarik saat Anda mengajaknya bermain. Bayi memalingkan muka dari salah satu area pandang juga bermakna dia mengalami overstimulasi, dia membutuhkan hal yang baru untuk dilihat.
  8. Memainkan atau mengucek mata
    Bayi mengucek mata biasanya disertai dengan menguap lebar. Mengusap mata selain pertanda ia mengantuk, juga bisa menjadi isyarat bahwa si kecil merasa kelelahan. Penelitian menyebut, gerakan bayi mengucek mata memiliki efek menenangkan detak jantung, melambatkan gerakan tubuh saat bersiap untuk memasuki alam tidur.
  9. Menarik kaki ke perut
    Jika bayi menarik kakinya ke perut diiringi dengan suara rewel atau tangisan, tandanya ia sedang kesakitan. Biasanya karena gas atau si kecil sedang mengalami kolik. Pastikan Anda selalu membuat bayi sendawa setelah menyusu agar tidak ada gas yang terjebak di perutnya. Hindari makanan bersifat gas saat Bunda sednag menyusui. Bila bayi mengalami sembelit, segera hubungi dokter.

Bayi Memiliki Komunikasi Yang Unik

Bunda, bayi belum bisa berbicara sehingga salah satu komunikasinya hanya melalui tangisan dan bahasa tubuh. Tapi orangtua bisa mempelajari bahasa tubuh si bayi untuk mengetahui keinginannya. Bayi memang memiliki cara berkomunikasi yang unik dengan orangtua atau orang-orang disekitarnya. Dan Anda sebagai orangtuanya jangan membiarkan atau menghiraukan setiap gerakan tersebut.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 17, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Faktor yang berpengaruh agar memiliki bayi kembar

  • Oleh : Siska zumrotul fauziah
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

    Sakit tifes

  • Oleh : Chika ELlo
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

    Vagina dan Selangkangan Sering Sakit

  • Oleh : Amel Fayunl
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang Bu..
    Saya sekarang lagi hamil usia kandungan saya sudah memasuki 24 minggu, tapi akhir-akhir ini daerah vagina dan selangkangan saya sering sakit, terus mau pindah posisi tidur rasa sakitnya itu semakin terasa, apakah itu berbahaya untuk saya dan janin?

    diare pada bayi 2 bulan

  • Oleh : Luluk mukarromah
  • 2 tahun, 12 bulan yang lalu

    halo bu . saya mau tanya cara mengatasi diare pada bayi yang baru 2 bulan itu bgaimana.

    terima kasih

    Masa subur apakah bisa hamil

  • Oleh : Dhani
  • 3 hari, 2 jam yang lalu

    Mau bertanya, saya kemarin tgl 19/09/2020 berhubungan intim, sedangkan saya di tgl 15/09/2020 selesai haid apakah saat berhubungan intim saya masa subur. Terimakasih

  • Oleh : Dhani
  • Tanya Bidan