×

Ini Lho Penyebab Si Kecil Susah Mandi!

Bagikan Artikel :

Ini Lho Penyebab Si Kecil Susah Mandi!

Salah satunya yang membuat para bunda kepalanya berasap adalah si Kecil yang susah sekali untuk mandi. Padahal mandi adalah hal yang penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Terlebih si kecil sangat aktif bermain. Pasti kuman banyak sekali menempel di tubuhnya. Jika tidak dibersihkan dengan mandi maka akan berdampak buruk salah satunya mudah sakit.

Tapi pernahkah Bunda menyadari apa sih penyebab si Kecil susah sekali untuk mandi? Nah kali ini Bidan Citra bakal share beberapa penyebab si Kecil susah mandi. Simak di bawah ini ya!

Penyebab Anak Susah Mandi

  1. Kesulitan Berganti Aktivitas dengan Cepat
    Biasanya, anak susah mandi jika sedang sibuk atau fokus melakukan sesuatu yang lain. Sebenarnya penolakan ini dapat juga terjadi selain untuk ajakan mandi. Karena inti dari masalahnya ada pada anak kesulitan berganti aktivitas dengan cepat dari kegiatan yang sedang ia tekuni sejak 30 menit lalu, misalnya, ke aktivitas baru yang belum tentu ia sukai. Di momen tersebut, anak merasa konsentrasinya hanya tercurah untuk kegiatan yang sedang ia kerjakan sekarang. Orang dewasa pun pasti merasa terganggu, kan, jika apa yang sedang ia kerjakan diinterupsi dan dipaksa langsung untuk berganti ke kegiatan lain. Anak juga begitu. Maka dari itu, tak heran jika anak susah mandi saat ia tengah fokus pada sesuatu.
  2. Mandi suatu yang membosankan
    Wajar dong kalau anak ingin sesuatu yang seru dan mengasikkan termasuk saat mandi. Tidak salah ko bun membuat momen momen mandi menjadi seru dengan peralatan mandi yang ada gambar kartun atau karakter yang anak suka. Boleh juga kok menambahkan mainan saat mandi.
  3. Takut Pada Hewan di Kamar Mandi
    Hewan-hewan kecil seperti cacing, kecoak, kaki seribu bahkan katak bisa saja muncul di kamar mandi. Anak-anak baru mengenal banyak hal di dunia ini. Jadi hewan-hewan kecil yang biasanya hanya mereka jumpai di buku, sekarang ada dalam bentuk nyata. Karena ‘pertemuan’ ini juga adalah hal baru bagi mereka, anak-anak tentu masih mempertimbangkan bagaimana harus bereaksi. Kebanyakan anak akan takut saat melihat hewan-hewan kecil secara mengejutkan muncul saat mereka mandi. Nah, inilah yang membuat mereka trauma dan enggan untuk mandi. Mungkin bagi Ibu ini bukan hal besar. Tapi bagi anak, perjumpaan itu bahkan bisa membuat mereka tidak bisa tidur.
  4. Reaksi Sensori Saat Merasakan Air
    Saraf sensori anak sedang dalam tahap perkembangan untuk merasakan hal baru. Penting bagi anak untuk terus melatih sensorinya agar perkembangan otaknya pun baik. Namun tahukah Ibu bahwa rangsang sensori tidak semuanya disukai anak? Guyuran air ke badan anak merangsang sensorinya dan menimbulkan reaksi. Reaksi setiap anak berbeda-beda. Tetapi mayoritas anak akan terkejut dan merasa panik saat bersentuhan dengan air dalam jumlah banyak seperti saat mandi. Orang dewasa juga memiliki rangsang yang sama kok, Bu. Bisa Ibu lihat orang dewasa yang tidak biasa berenang akan merasa panik di dalam kolam atau laut. Anak pun bisa terangsang rasa takutnya karena diguyur air. Nah, ketakutan inilah yang lalu membuat anak merasa malas mandi.
  5. Reaksi Sensori Pada Suhu Air Mandi
    Rangsangan terhadap sensori anak juga dapat dipicu dari suhu air yang digunakan untuk mandi, baik mandi dengan cara berendam atau pun mandi dengan cara diguyur. Bila air terlalu dingin atau terlalu panas bagi anak, maka jelas anak akan menolak mandi. Karena suhu yang tidak sesuai akan membuat mereka tidak nyaman. Misalkan, jika hawa sedang panas dan gerah, lalu Ibu memandikannya dengan air hangat. Maka anak akan menolak mandi. Karena bukan kesegaran yang ia dapat, tapi malah semakin kepanasan. Begitu pula sebaliknya.
  6. Reaksi Sensori Pada Suara Air Keran
    Ternyata anak-anak juga bisa merasakan fobia pada suara air yang keluar dari keran. Biasanya ini terjadi pada air keran dengan aliran deras, sehingga menimbulkan suara yang menakutkan bagi anak-anak. Trauma mendengar suara air keran inilah yang menjadi salah satu kemungkinan penyebab anak susah mandi.
  7. Takut Mata Perih Karena Sampo atau Sabun
    Bagian wajah biasanya menjadi bagian yang paling sensitif saat terkena air atau sabun dan sampo. Karena mata bisa seketika merasakan perih saat berkontak dengan sampo atau sabun di area wajah. Memang saat ini banyak produk untuk anak yang menggunakan formula khusus tidak perih di mata. Tetapi ada pula yang tidak. Saat anak merasakan sampo atau sabun mengenai matanya, mereka akan trauma untuk mengulangi mandi. Karena mereka takut akan merasakan perih lagi.
  8. Takut Saat Air Membasuh Wajah
    Masih seputar area wajah, selain sabun dan sampo yang mengenai mata, guyuran air yang mengalir di wajah akan membuat anak fobia. Hal ini karena anak jadi kesulitan bernapas dan tidak bisa membuka matanya. Ketakutan inilah yang membuat anak enggan berkontak lagi dengan air mandi yang mengenai wajahnya. Bagi mereka, menolak mandi berarti terbebas dari guyuran air di wajah.
  9. Takut Terpeleset
    Keadaan lembap, basah terus menerus, dan terkena bilasan sabun atau sampo membuat kamar mandi memiliki lantai yang licin. Kondisi yang sama pun juga terjadi pada bathtub atau bak mandi biasa untuk berendam. Keadaan yang licin seperti inilah yang membuat anak-anak ketakutan jika harus kembali masuk ke kamar mandi. Maka yang paling aman adalah anak susah mandi.
  10. Takut Tenggelam dalam Bak Air
    Bak air mandi ternyata bisa menimbulkan rasa takut pada anak. Ukurannya yang lebih besar dari mereka dan genangan air tinggi di dalamnya dapat menimbulkan ketakutan tersendiri. Apalagi anak-anak memiliki imajinasi yang luar biasa. Bisa saja mereka membayangkan ada monster menyeramkan yang menarik kaki mereka untuk terperosok ke dalam bak dan menenggelamkan mereka. Hal ini juga berlaku bagi yang menggunakan bathtub. Karena anak akan dimasukkan ke dalam bathtub berisi banyak air, tentu anak akan semakin takut tenggelam saat duduk di dalamnya. Makanya anak susah mandi dengan berjuta alasan.
  11. Takut Pada Ruang Kamar Mandi
    Ketakutan pada kamar mandi itu sendiri juga dapat menimbulkan keengganan untuk mandi. Ruangan kamar mandi pada umumnya tidak sebesar kamar, lebih kecil, lembap karena terus menerus ada air, dan saat pintu ditutup akan terasa seperti terisolasi dari dunia luar. Ketakutan semacam inilah juga yang dihadapi anak-anak. Mereka takut saat pintu kamar mandi ditutup, maka tidak seorang pun yang bisa menolong mereka. Imajinasi-imajinasi seperti ini yang membuat anak susah mandi.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 25, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pendarahan setelah melakukan hubungan badan

  • Oleh : Reni Ristiani
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu
  • Oleh : Reni Ristiani
  • Kehamilan

  • Oleh : Alex Alex
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok kmrn saya main dan saya keluar di dalam. Bagai mana cara mengatasinya agar tidak hamil

    Kontrasepsi

  • Oleh : Diny Fahlevi
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bu mau tanya saya selama 2 tahun pakai kb 3 bulan awal2 pake kb biasa menstruasi setelah 5 bulan pakai kb 3 bulan saya tidak menstruasi sama sekali sampai sekarang jadi hampir satu tahun lebih tidak menstruasi lalu setelah anak saya 2 tahun saya ganti kontrasepsi kb 1 bulan sudah 2x tapi sampai sekarang belum juga haid apakah kondisi ini normal atau gimana karena setelah suntik kb 1 bulan perut bawah saya selalu sakit seperti mau keluar darah haid tapi ga kunjung keluar mohon bantuannya buu

  • Oleh : Diny Fahlevi
  • TElat menstruasi

  • Oleh : zamrud zulaikha
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    pagi bu bidan??? saya mau tanya . saya umu 26 untuk th ini . baru menikah 28 november 2018 . 2 bulan setalh nikah menstruasi di tgl yg sama ini menginjak 3 bulan pernikahan jadi telat menstruasi 5 hari . apa yang harusnya saya lakukan?? sedangkan saya sudah trspek juga bbrpa x hasil negatif . dan dengan kondisi seperti ini apakah saya masih boleh mekakukan berhubungan suami istri . terima kasih !:)

    Ibu hamil

  • Oleh : Feri Hariadi
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok…saya hamil 6 bulan sering nyeri kemaluan ada bengkaknya juga.kata bidan saya di desa saya juga ada varises bagiman a cara mengatasinya apakah saya juga bisa lahir normal

  • Oleh : Feri Hariadi
  • Tanya Bidan