×

Kapan Sebaiknya Anak Diberikan Handphone ?

Bagikan Artikel :

Kapan Sebaiknya Anak Diberikan Handphone ?

Kini handphone bukan hanya sebagai alat komunikasi saja, melainkan untuk mengakses social media, ilmu pengeyatahuan, games dan yang lainnya. Hampir semua anak meminta handphone kepada orang tuanya dengan alasan untuk mempermudah komunikasi. Tapi banyak perdebatan dalam masyarakat mengenai kepemilikan ponsel di kalangan anak-anak. Lalu, kapankah orang tua perlu memberikan ponsel kepada anak?

Usia Yang tepat Anak Memiliki Handphone

Sebetulnya tidak ada usia (pasti) kapan anak harus memiliki ponsel. Pemberian ponsel berkaitan dengan kematangan anak, bagaimana ponsel tersebut digunakan, serta kemampuan orang tua untuk memahami bagaimana anak menggunakan gawai. Tapi sebaiknya handphone diberikan ketika seorang anak sudah memiliki kecerdasan emosi yang baik dan mampu bertanggung jawab. Nah biasanya anak memiliki sikap tanggung jawab yaitu usia 14 tahun.

Kerugian Memberikan Handphone Tanpa Kedisiplinan

  1. Anak yang menggunakan handphone dapat kehilangan kemampuan untuk menjelajah dan berhenti belajar hal-hal dasar seperti berjalan, berbicara, bermain, makan dan lain-lain.
  2. Anak tidak memiliki aktivitas di luar rumah
  3. Kurang berkonsentrasi dalam belajar
  4. Anak memiliki kesehatan yang buruk
    Terlepas dari baik buruknya penggunaan gawai, khususnya ponsel untuk anak-anak, sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa terlalu banyak terpapar teknologi dapat menyebabkan anak-anak menjadi kurang konsentrasi, mengalami gangguan kognitif, dan temperamental. Oleh karena itu, jika anak Anda sudah memiliki ponsel, batasilah dan awasi pemakaiannya

Dampak Apabila Orang Tua Tidak Memonitor Anak Saat Diberikan Handphone

Ponsel atau gawai dianggap bisa menyebabkan kecanduan dan juga membuat anak sulit fokus pada pelajarannya. Belum lagi bahaya dari media sosial seperti bullying online, predator anak, atau sexting. Risiko kecanduan ponsel memang nyata.

Related Posts :

    Sekarang ini kendali ada di tangan orangtua untuk menentukan apakah anak memang membutuhkan ponsel. Jika masa itu tiba, sebaiknya bekali anak agar bertanggung jawab. Orangtua juga bisa mengetes apakah anaknya bisa diandalkan, misalnya dengan memberinya ponsel yang hanya bisa menelpon dan berkirim SMS. Jika anak bisa mengendalikan diri dan juga bertanggung jawab pada ponselnya, mengingat harga ponsel tidak murah, orangtua bisa memberinya ponsel pintar. Manfaatkan fitur-fitur di gawai untuk mencegah anak mengakses situs dewasa. Ada pula aplikasi, misalnya Qustodio di Android, yang memungkinkan orangtua memonitor isi pesan anak dan situs yang dikunjunginya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 15, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Perbedaan darah haid sama keguguran

  • Oleh : Altapi Altapi
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok kenapa suka kram perut sma kram pinggang mual² pusing lelah ngantuk kenapa klo misalkan hamil kan dok saya kan sudah haid tapi darah nya ngegumpal seperti orang keguguran kenapa itu dok

  • Oleh : Altapi Altapi
  • Kehamilan

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Halo dok ,Maaf saya mau tanya , Saya berhubungan pas masa subur , nah pas 6 hari setelah behubungan itu , saya coba testpack hasilnya positif samar , sengaja gak saya test lagi nungguin sampai tgl haid .. Tapi pas 2 setelah hasil positif samar itu saya ngrasain kram perut yg gak kek biasanya saya mau haid dok , punggung bagian bawah sakit , itu terus sampe tgl haid telat 2 hari baru keluar darah , darahnya agak merah , hari pertama biasanya saya haid itu ga banyak tp ini hari pertama udah banyak ,pas hari ke 2-3 keluar gumpalan dok , dan masih keluar banyak sampe hari ke 6 . Itu saya keguguran dini apa gimana ya dok ?? Terima kasih ..
    Harap kasih dijawab ya dok 🙂

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • Membiasakan Anak Bersikap Sopan pada Orang Lain

  • Oleh : ade
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    Pagi Bu Bidan saya mau tanya bagaimana cara mengajarkan anak untuk bisa sopan pada orang lain ? baik itu pada orang tua, teman sebayanya atau pada anak yang lebih kecil darinya ?

    Benjolan payudara

  • Oleh : Eva Rahmawati
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya mau tanya untuk menghilangkan benjolan payudara gimana ya dok? Payudara sebelah kiri saya ada benjolan tp tidak sakit, kalo kata dokter yg periksa saya waktu itu. Katanya itu kelebihan hormon

    Pantangan ibu hamil

  • Oleh : FR
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bolehkah ibu hamil usia 40 minggu banyak makan buah nanas ?

    Tanya Bidan