×

Pentingnya Bunda Memeluk Si Kecil

Bagikan Artikel :

Pentingnya bunda Memeluk Si Kecil

Hayoh siapa di sini yang jarang memeluk si Kecil? Hari ini sudah memeluknya belum? Yuk pelun Bun, memeluk si Kecil memiliki banyak manfaatnya lho! Berikut berbagai manfaat memeluk anak melansir dari situs Mindchamps dan berbagai sumber pendukung lainnya.

  1. Anak akan merasa aman
    Agar anak berani mengeksplorasi lingkungan sekitarnya, ia perlu merasa aman. Bahasa tubuh Anda saat memeluk si kecil dapat memberikan kepercayaan padanya bahwa ia berada di situasi yang aman.
  2. Membuat anak makin cerdas
    Tidak hanya berefek pada psikologis anak, pelukan ternyata juga berpengaruh pada kecerdasan dan perkembangan otak anak. Penelitian dari Washington University School of Medicine menunjukkan bahwa anak yang sering dipeluk sejak usia balita memiliki kemampuan belajar dan mengingat yang lebih baik. Hal ini dapat membantu meningkatkan IQ anak.
  3. Menghindari anak dari rasa stress dan cemas
    Meningkatkan produksi hormon endorfin dalam tubuh menjadi manfaat memeluk anak selanjutnya. Hormon ini dapat mengurangi ketegangan saraf sehingga anak tidak mudah stres atau cemas.
  4. Anak merasa percaya diri
    Sentuhan sayang, seperti pelukan, adalah wujud cinta kasih. Dengan pelukan, anak menjadi merasa dicintai dan kehidupannya berarti. Hal ini ternyata dapat meningkatkan kepercayaan diri anak.
  5. Membentuk kedisiplinan anak
    Agar anak patuh pada orangtua, bukan berarti harus dengan dibentak. Cara itu justru akan membuat ia semakin membangkang.
    Sebaliknya, dengan memeluk, anak akan merasa dihargai. Anda pun menjadi lebih mudah menetapkan aturan tanpa menyakiti hatinya.
  6. Membangun kepercayaan anak pada orangtua
    Saat mendisiplinkan anak, ada kalanya ia menolak aturan yang Anda tetapkan. Bila ini terjadi, cobalah mencari waktu saat suasana hati anak lebih tenang. Berkomunikasilah dengan anak tentang aturan-aturan tersebut sambil memeluknya. Melansir situs Exchange Family Center, pelukan dapat membangun kepercayaan anak pada Anda sehingga ia pun yakin bahwa aturan tersebut adalah demi kebaikannya.
  7. Menjadi sosok yang penyayang
    Kebiasaan memeluk dapat membuat si kecil selalu merasakan indahnya kasih sayang. Alhasil, ia akan tumbuh menjadi sosok yang lebih empati dan penyayang. Ini karena anak mencontoh perilaku orangtua terhadapnya.
  8. Memperkuat sistem kekebalan tubuh anak
    Manfaat memeluk anak berikutnya adalah membantu kinerja kelenjar timus. Kelenjar ini berperan dalam memproduksi sel darah putih yang baik untuk sistem pertahanan tubuh anak. Bila anak sering dipeluk, imunitasnya pun akan meningkat.
  9. Melancarkan metabolisme tubuh
    Mengutip situs Children’s Hospital of Los Angeles, pelukan dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh seperti peredaran darah, pernapasan, dan pergerakan otot. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kesehatan anak.
  10. Memberikan rasa hangat
    Anak yang masih bayi sulit menyesuaikan suhu tubuhnya dengan lingkungan sekitar. Akibatnya, ia sering kali merasa kedinginan dan lebih mudah terserang flu. Memeluk anak dapat memberikan kehangatan dan melatihnya untuk mengatur suhu tubuh yang sesuai.
  11. Membantu mengatur irama jantung
    Saat memeluk anak, jantung Anda dan anak menjadi berdekatan. Irama jantung anak seolah dapat dipengaruhi oleh irama jantung Anda. Pelukan dapat membantu menetralkan detak jantung anak bila ia merasa tegang atau ketakutan. Pada bayi yang baru lahir, hal ini bahkan dapat meningkatkan kesehatan jantungnya.
  12. Membantu meredakan nyeri
    Penelitian dari King’s College London menyatakan bahwa pelukan dapat meningkatkan hormon oksitosin. Hormon ini dapat memberikan efek anti nyeri pada tubuh. Bila anak merasakan sakit pada bagian tubuh tertentu, cobalah memeluknya agar rasa sakitnya mereda.
  13. Memperbaiki pola tidur
    Rasa nyaman yang diperoleh saat anak dipeluk dapat membuatnya kualitas tidurnya lebih baik. Oleh karena itu, biasakan memeluk anak sebelum ia tidur agar ia bisa tidur lebih nyenyak.
  14. Menaikkan berat badan bayi
    Melansir situs My Cleveland Clinic, orangtua dianjurkan untuk memberikan perawatan yang disebut kangaroo mother care (KMC) pada bayi yang memiliki berat badan lahir rendah. Metode yang dilakukan dengan cara sering memeluk dan menggendong bayi ini terbukti dapat membantu menaikkan berat badannya.
  15. Mempererat ikatan dengan anak
    Sentuhan fisik tentunya membuat Anda merasa lebih dekat dengan seseorang. Hal ini juga terjadi pada anak. Sentuhan seperti memeluk dapat membuat ia merasa lebih dekat dengan Anda sehingga ikatan orangtua dan anak pun akan lebih erat.
  16. Membuat anak merasa bahagia
    Pelukan dapat mentransfer energi positif dan memberikan perubahan emosi pada diri anak. Bila ia sedang sedih, pelukan dapat membuatnya merasa bahagia. Jika ia mencapai prestasi tertentu, pelukan dapat membuatnya merasa dihargai.

Hindari Memeluk Anak Jika…

• Hindari memaksa saat anak tidak ingin dipeluk.
• Hindari memluk kencang hingga anak kesulitan bernafas
• Hindari memaksa anak untuk dipeluk oleh keluarga yang belum akrab dengannya.
• Hindari memeluk terlalu erat terutama pada anak yang masih bayi agar ia tidak sesak.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 31, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang telat menstruasi

  • Oleh : Syntia Intan
  • 4 bulan yang lalu

    Selamat malam Bu bidan, maaf saya mau brtnya saya kn shrusnya menstruasi tgl 20. Dan otomatis saya udh telat 8 hari. Hari ini saya sempat berhubungan intim dngn suami ttpi ps berhubungan vagina saya kluar bercak darah dn stelah itu perut saya lngsung kram bgian bwh. Ga lm bbrp jam kemudian saya pipis tp kluar aliran darah seperti darah menstruasi itu knpa ya dok. Saya kira saya telat haid saya akan hamil tapi stelah berhubungan mlh sya menstruasi.. tolong kenapa ya dok🙏

  • Oleh : Syntia Intan
  • Payudara

  • Oleh : Nur Isti
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat malam.. Saya nur istiqomah dari kalimantan.. Saya sudah menonton cara sadari dari awal kangker atau tumor di dalam diri. Setelah saya cek memang ada benjolan. Yang ingin saya tanyakan tentang benjolan yang ada di payudara namun jika di tekan benjolan itu lari lari( tidak menetap) payudara saya juga sering nyeri.. Mohon jawaban nya.. Terima kasih. selamat malam

    ingin tahu masa kesuburan

  • Oleh : ludiana nisa
  • 7 bulan yang lalu

    dok saya ingin tanya saya haid tgl 25 masa subur saya tanggal berapa ya tolong bimbingan ny ya dok terimalasih

  • Oleh : ludiana nisa
  • Kb

  • Oleh : Erna Wati
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Saya kb 3 bulan setelah kb 1 bulan saya haid ,udah hmpir 1 minggu haid nya belum brhenti” apakah bahaya ?

  • Oleh : Erna Wati
  • Benjolan di payudara

  • Oleh : Nabilagilsa Nabilagilsa
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Hai dok… Mau nanya nih knapa di payudara sebelah kiri saya ada benjolan ya tapi gak sakit padahal saya masih umur 18 tahun
    Mohon di jawab ya dok trimakasih.

  • Oleh : Nabilagilsa Nabilagilsa
  • Tanya Bidan