×

Rekomendasi Channel Youtube Untuk Anak Prasekolah

Bagikan Artikel :

Rekomendasi Channel Youtube Untuk Anak Prasekolah

Boleh gak sih sebetulnya si Kecil menoton televisi atau menonton youtube? Apakah tidak akan membuat si Kecil ketagihan apabila dibiarkan menonton youtube? Jika memang boleh, chanel youtube apakah yang aman untuk si Kecil usia prasekolah? Yuk simak di bawah untuk menjawab pertanyaanya!

Boleh kok si Kecil menonton televisi atau youtube dengan dampingan orang tua dan waktu yang di batasi yaitu 1-2 jam perhari. Memang setiap anak yang diberi tontonan YouTube pasti menjadi tenang dan tidak rewel lagi tetapi waktu screen time tetap harus dibatasi ya tidak boleh lebih dari 2 jam perhari.

Related Posts :

    Selain itu channel yang dilihat pun harus yang mendidik dan sesuai dengan usia anak agar tumbuh kembangnya optimal.

    Lalu channel YouTube apa saja yang aman ditonton oleh balita dan punya nilai edukasi yang tinggi?

    Rekomendasi Chanel Youtube Yang Aman Untuk Usia Prasekolah

    1. Blippi
      Pada channel Blippi Bunda akan melihat pemandu berupa orang dewasa yang lucu dan menyenangkan dengan pakaian biru oranye. Pemandu ini akan mendatangi tempat-tempat menarik untuk anak-anak dan menjelaskan banyak hal yang ia temui.
      Beberapa tempat yang ia kunjungi diantaranya tempat bermain anak, pabrik, bandara, supermarket dan lain sebagainya. Di Blippi anak akan menemukan berbagai pengalaman berkunjung ke tempat baru meskipun tidak secara langsung. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari tontonan menarik yang satu ini dan dapat menambah wawasan si Kecil.
    2. Disney Junior
      Bunda juga pasti termasuk penggemarnya Disney Junior bukan? Tularkan kenangan manis kalian tentang Disney pada anak dengan menyaksikan berbagai tontonan menarik yang ada di channel Disney Junior.
      Banyak tokoh dan alur cerita yang menarik disaksikan dan tentunya aman bagi balita. Jangan lupa tetap damping yah Bun!
    3. Les Copaque Production
      Siapa yang tidak kenal Upin Ipin? Karakter dua bocah kembar berkepala botak asal negeri Jiran Malaysia ini digandrungi anak-anak termasuk anak Indonesia.
      Pada film ini banyak pesan moral yang dapat diambil. Tema yang digunakan pun sederhana dan dapat dijumpai pada contoh kehidupan sehari-hari. Beberapa cerita yang menarik yaitu pengalaman Upin dan Ipin dalam melakukan sunat. Bagaimana mereka mengatasi ketakutannya menjadi keberanian adalah hal yang baik dicontoh oleh si Kecil.
    4. Sesame Street
      Tokoh Sesame Street sudah lama hadir menghiasi layar kaca dengan berbagai peran yang khas. Ada boneka yang berbentuk wujud orang, dan ada pula yang perupa hewan dengan bulu berwarna-warni. Anak biasanya akan menyukai channel ini karen menarik untuk disimak.
    5. Ryans ToysReview
      Channel Ryans ToysReview dan Ryans FamilyReview sangat menarik bagi anak-anak karena dilengkapi dengan animasi yang lucu dan merupakan tayangan penuh edukasi. Todak heran jika jumlah subscribernya mencapai 17 juta. Angka yang fantastis ya?
      Banyak hal diulas mulai dari profesi pekerjaan tertentu, hingga kehidupan sehari-hari Ryan dan keluarganya yang banyak melakukan percobaan sains bagi anak yang mudah dilakukan sendiri di rumah.
    6. Makemegenius
      Di channel Makemegenius anak akan disuguhkan video sains yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja bagaimana cara energi listrik bekerja, jenis-jenis awan hingga alasan kenapa orang banyak yang memakai kacamata.
      Channel ini tidak diragukan lagi akan menambah wawasan dan ilmu si Kecil ya Bun.
    7. Oh My Genius
      Oh My Genius menghadirkan video yang kental dengan ilmu bagi balita. Misalnya saja tentang mengenal angka dari 1 hingga 50 ke menggunakan sebuah lagu, hingga video mengingat warna daan bentuk. Channel ini cocok sekali untuk si kecil berusia 3 hingga 5 tahun.
    8. LBB Junior
      Channel LBB Junior ini khusus menghadirkan lagu-lagi dengan animasi menarik yang disukai oleh anak-anak. Mulai dari lagu pengenalan warna, pergi ke pantai, naik roller coaster, sepatu baru hingga mengenakan pakaian untuk boneka yang berupa seorang putri. Lagu yang bervariasi akan menambah kosa kata anak dan meningkatkan kemampuan mengingat.
    9. Brain Candy TV
      Channel Brain Candy TV atau disingkat BCTV ini sangat mengedukasi dengan berbagai videonya. Proses pengenalan ilmu pada anak yakni melalui lagubdan juga bantuan Lizzy si anjing lucu beserta monstrer truck.
    10. The Cincinnati Zoo & Botanical Garden
      Orangtua biasanya pertama kali mengenalkan hewan pada si Kecil menggunakan boneka atau buku bergambar. Kini Mama dapat lebih mudah menerangkan dan memperkenalkan hewan pada si Kecil melalui Channel The Cincinnati Zoo & Botanical Garden.
      Segala aspek yang ingin diketahui si Kecil tentang hewan ada disini. Video-video yang lengkap dan menarik layak ditonton oleh anak agar wawasannya seputar dunia hewan meningkat.
    11. Nussa Official
      Ini dia salah satu animasi karya anak muda Indonesia, Nussa Official. Pada animasi ini terdapat dua karakter tokoh yaitu adik-kakak bernama Nussa dan Rara.
      Animasi yang telah memiliki lebih dari 1.5 Juta subscriber ini diproduksi oleh rumah animasi The Little Giantz yang digagas oleh Mario Irwansyah dengan kolaborasi bersama 4 Stripe Production.
      Bukan hanya menghadirkan tokoh yang menggemakan, animasi ini juga memiliki pesan positif yang sangat baik untuk perkembangan anak-anak di setiap episodenya.
      Nah itulah 11 rekomendasi channel YouTube favorit yang dapat Mama berikan pada si Kecil. Meski demikian jangan gunakan handphone secara berlebih agar tumbuh kembang anak tidak terganggu.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 9, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Penyebab menstruasi dua kali dalam sebulan

  • Oleh : frenni franita
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

    Pertanyaan

  • Oleh : Ganda Yana
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok,apa emng bener kalo penis bersentuhan dengan vagina bisa hamil?

  • Oleh : Ganda Yana
  • Olahraga yang tepat dan aman dilakukan oleh ibu hamil

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • 6 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya mau tanya bu bidan, apa boleh ibu hamil mengikuti olahraga? dan sebaiknya olahraga apa yang harus dipilih saat hamil?

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • Penting

  • Oleh : Ananda
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Sekitar bulan agustus 2018 saya di haid hanya 2 hari saja yaitu pd tgl 16 dan 17. Perut bagian kanan juga terasa sakit. Setelah diperiksa ternyata usus besar saya bermasalah. Hingga hari ini 15 desember 2018 saya belum juga haid,perut juga membesar dan keras serta ada benjolan yg suka berpindah-pindah bahkan kadang berdenyut. Kira-kira saya kenapa ya ? Saya belum menikah. Ingin periksa lagi tapi ada rasa malu. Mohon di balas. Terimakasih

    Kemandulan

  • Oleh : Ahmad Fajar Fathurahman
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bidan
    Selamat sore,
    Saya mau tanya apakah benar terlalu sering onani menyebabkan kemandulan ?

    Terima kasih bidan

    Tanya Bidan