×

Tips Cara Mencegah Stretch Mark Dan Selulit Saat Hamil

Bagikan Artikel :

Tips Cara Mencegah Stretch Mark Dan Selulit Saat HamilBidan Online,- Stretch Mark dan Selulit memang menjadi momok yang di takutkan oleh ibu hamil. Pada saat hamil kulit perut mengalami peregangan secara total tidak hanya gatal nyatanya beberapa garis kemerahan dan berwarna putih pun menghiasi kulit perut. Tidak hanya pada bagian perut saja nyatanya stretch mark dapat muncul di bagian kulit lainnya seperti paha, pinggul, bokong, lengan atas, hingga payudara. Tentu saja hadirnya stretch mark dan selulit sangat mengganggu penampilan terlebih  jika muncul pada area kulit yang terlihat.  Stretch mark dan selulit memang tidak mudah di hilangkan adapun obat selulit hanya bisa membantu menyamarkan namun tidak sepenuhnya menghilangkan. Nah untuk para ibu hamil yang tidak mau kulit cantiknya terkena  stretch mark atau selulit maka akan sangat penting untuk mengetahui cara mencegah  stretch mark dan selulit selama masa kehamilan. Simak ulasannya berikut ini.

Sering kali para ibu hamil beranggapan jika strech mark muncul akibat dari garukan ibu hamil. Tentu saja anggapan tersebut sangat salah besar pasalnya strech mark muncul akibat adanya peregangan berlebih pada kulit yang berakibat pada kerusakan jaringan kulit.

Memang tidak semua wanita hamil mengalami masalah strech mark. Namun diketahui penyebab strech mark salag satunya yaitu faktor genetik atau keturunan. Dimana orang tua yang mengalami strech mark maka kemungkinan besar anak perempuannya akan mengalami hal yang sama. Tidak hanya faktor genetik saja faktanya strech mark dapat muncul akibat kondisi kulit ibu hamil kering dan kurang lembab.

Meskipun selulit dan strech mark dapat muncul namun ada baiknya anda melakukan beberapa pencegahan seperti berikut:

Ubah gaya hidup
Merubah gaya hidup memang menjadi salah satu faktor yang dapat mencegah selulit dan strech mark pada ibu hamil. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan namun juga untuk kulit. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, E , antioksidan, juga omega 3. Beberapa makanan yang mengandung nutrisi tersebut dapat membantu menjaga elastisitas kulit secara optimal.

Tidak hanya itu cukupi kebutuhan air agar kulit tidak dehidrasi dan lembab. Kurangnya cairan di dalam tubuh dapat membuat kulit kering sehingga kulit mudah terserang selulit dan strech mark. Minum 8 gelas sehari untuk membantu kulit agar tetap lembab. Anda juga di haruskan melakukan olahraga ringan selama kehamilan. Olahraga rutin saat hamil dapat membantu mengembalikan elastisitas kulit juga melancarkan sirkulasi darah. Olahraga dapat membantu mengendalikan berat badan sehingga selulit dapat di cegah.

Lakukan perawatan kulit
Perawatan kulit saat hamil memang sangat penting. Tidak hanya dapat membuat kulit lebih sehat dan bersih namun juga dapat mencegah berbagai masalah kulit yang timbul saat hamil seperti strech mark dan selulit. Sikat kulit secara perlahan menggunakan serat alami. Hal tersebut dapat meningkatkan sirkulasi tubuh sekaligus membuat kulit lebih sehat, sel kulit mati terangkat, juga mencegah selulit muncul. Perhatikan untuk pemilihan sabun beberapa sabun tertentu yang mengandung sulfat dapat membuat kulit cenderung lebih kering pastikan untuk memilih sabun yang mengandung pelembab alami. Tidak hanya itu untuk perawatan kulit yang lebih maksimal pastikan untuk memakai lotion kulit secara rutin agar kulit lebkih lembab sekaligus mencegah kulit kering yang bisa menyebabkan strech mark dan selulit muncul. Dan item wajib yang harus di miliki ibu hamil yaitu tabir surya pastikan untuk memakai tabir surya saat bepergian keluar rumah atau berenang sehingga kulit akan tetap terjaga dari efek buruk sinar UV.

Itulah beberapa hal yang bisa ibu hamil lakukan untuk mencegah stretch mark juga selulit. Tidak hanya sampai disitu saja pastikan hal-hal tersebut masih anda lakukan setelah anda melahirkan hal tersebut juga akan sangat membantu kesehatan kulit setelah anda melahirkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga artikel lainnya:

Related Posts :

    Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda
    Apakah Celana Dalam Ketat Berbahaya Bagi Kesuburan Pria?
    Bahaya Ibu Hamil Marah-marah Bagi Perkembangan Janin
    Tips Tidur Nyenyak dan Pulas Saat Hamil Trimester Tiga
    Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 4, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sering merasa nyeri dan geli

  • Oleh : Dini sulistyorini
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Pagi bu.
    Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu?
    Mohon penjelasannya.

    Lidah Bermasalah

  • Oleh : Karmila
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat siang Dok, dok saat ini saya sedang panas dalam, dan ada 3 titik dan terus membesar. Saat ini sayah merasakan risih saat mengkonsumsi makanan pedas dan juga asin dan bahkan jika saya menelan makanan saya merasakan sakit, itu kenapa ya dok?

    Menstruasi yang terlalu lama

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 8 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih

    Anak usia 2 tahun tidak mau makan sayur

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya. Saya mempunyai anak usia dua tahun kurang saat ini memang sedang aktif-aktifnya kesana kemari. Namun anak saya itu tidak mau makan sayur, setiap hari anak saya selalu makan dengan daging. Apakah jika anak saya tidak mau makan sayur akan berdampak pada perkembangan juga kesehatannya? dan bagaimana cara agar anak saya mau makan sayur? Mohon jawabannya Terimakasih

    Perbedaan diare akibat alergi makanan dan akibat bakteri pada bayi

  • Oleh : Pradita
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau tanya apa sih yang membedakan diare pada bayi akibat alergi makanan dan akibat bakteri. Soalnya saya bingung bayi saya diare dan entah penyebabnya dari apa mohon penjelasannya trims

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan