×

Saat Menjelang Persalinan Ini Tips Kurangi Nyeri Kontraksi

Bagikan Artikel :

Bidan Online – Salah satu perjuangan terakhir ibu saat menjelang persalinan yaitu mengalami nyeri kontraksi. Beberapa diantara ibu hamil pasti ada yang mengalami yang disebut dengan kontraksi palsu, yaitu suatu kondisi dimana ibu hamil akan merasakan rahimnya terasa mengencang dan mengendur secara bergantian. Rasanya seperti akan mengalami kontraksi yang biasa sering anda anda rasakan ketika menstruasi.

Tetapi jika hal ini terjadi sesaat saja kemungkinan ibu hamil akan menjalani proses persalinan, biasanya intensitas dan frekuensinya akan lebih lama dan lebih kuat. Kontraksi seperti inilah yang pastinya membuat perasaan ibu hamil merasa tak nyaman, gugup dan cemas, terlebih bagi mereka para ibu muda yang baru pertama kalinya menjalani persalinan. Namun tenang saja karena kini anda sudah berada di situsnya Curhat Bidan, yang mana kali ini kita akan memberikan beberapa Tips untuk mengurangi nyeri kontaksi saat menjelang persalinan.

Related Posts :

    Tips Cara Kurangi Nyeri Kontraksi Melahirkan

    1. Berendam Dalam Air Hangat
      Berendam diri pada air yang hanngat saat akan menjalani persalinan telah terbukti efektif untuk mengurangi rasa nyeri akibat terjadinya kontraksi. Hal ini dikarenakan ketika anda duduk dengan rileks, maka otot otot tubuh anda bisa mengendur karena merasakan hangatnya air. Atau anda juga bisa mencoba menyiraminya dengan lembut menggunakan shower hangat. Tekanan lembut ini akan membantu memberikan efek nyaman serta mengurangi nyeri pada bagian punggung bawah.
    2. Mencipatakan Suara
      Ibu hamil yang akan menjalni persalinan tentunya akan merintih atau mengeluarkan suara ketika merasakan kesakitan menjalani persalinan. Rilekskan saja pundak dan anda bisa menciptakan suara rendah agar napas menjadi lebih ringan, serta supaya otot otot panggul yang menegang menjadi mengendur. Bisa juga dengan bernyanyi, berhitung atau juga dengan mengulang kata kata dari bahan bacaan. Hal ini bertujuan tak lain supaya bisa mengalihkan anda dari rasa sakit kontraksi.
    3. Atur Posisi Tubuh
      Dengan melakukan beberapa kegiatan yang tidak melawan grafitasi bumi ternyata bisa membantu anda mengurangi rasa nyeri, contohnya dengan membuka panggul. Duduklah dengan santai menyandarkan diri anda pada dinding atau suami anda. Cara ini sudah sangat populer dikalangan ibu hamil dalam mencegah adanya interventasi lain yang kemungkinan bisa terjadi.
    4. Mendapatkan Pijatan
      Mendapatkan pijatan ternyata dapat mengurangi rasa nyeri yang anda rasakan. Cara tepat untuk melakukan pijatan yaitu dengan mengarah kebawah serta lakukan tekanan yang tetap dan juga lembut. Mintalah suami anda untuk memijat bagian punggung dan pinggul sambil anda juga duduk dengan rileks. Atau anda juga bisa menggunakan bola tenis, caranya adalah lakukan gerakan memutar pada tulang belakang anda, serta punggung bagian bawah. Hal ini akan memberikan efek rileks.
    5. Berpikir Sesutau yang Menyenangkan
      Hormon kehamilan yang berperan besar dalam terjadinya kontaksi adalah hormon oksitosin. Hormon ini juga akan muncul ketika suami memijat anda, atau ketika dimana anda merasa nyaman dan aman pada suatu kondisi tertentu. Ketakutan yang anda rasakan bisa memperlambat kinerja hormon ini, dan yang perlu anda lakukan adalah membuat lingkungan disekitar anda supaya terasa lebih nyaman, aman dan andapun bisa memikirkan suatu hal yang bisa membuat hati anda senang.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 26, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid lebih dari 7 hari

  • Oleh : Salsabila Apriani
  • 2 tahun yang lalu

    Saya haid biasa nya cuman 7 hari tapi bulan ini saya tidak biasa nya haid lebih dari 7 hari saya ingin bertanya apakah haid yang lama bisa menyebabkan penyakit? Mohon jawaban nya terimkasih

  • Oleh : Salsabila Apriani
  • Seputar alat kelamin perempuan

  • Oleh : Nur Aulia
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum….
    nama saya:nurbella
    jadi saya mau tanya bulan lalu waktu puasa saya kebetulan mengeluarkan kayak darah itu apa keputihan warna coklat/itu mestruasi tapi keluarnya hanya sehari dan kali ini saya juga mengeluarkan kayak darah gitu itu apa ya bu bidan kalau sekarang kayak darahnya itu banyak itu pa menstruasi mohon dijawab yabu bidann
    [Terimakasih.wassalamualaikum wr.wb]

    Keluar bercak merah kecoklatan sebelum masa haid

  • Oleh : Dwi Nanda
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Mau tanya dok apakah itu normal?, padahal saya baru umur 18 tahun dan memang siklus haid saya belum teratur

    Menghilangkan kebiasaan menghisap tangan

  • Oleh : Ramadhan
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

    kehamilan

  • Oleh : leny agustini
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    selamat pagi dok,, saya mau bertanya begini dok di desa saya masih ad dukun beranak dok nah krna kpercayaan ntah apa jadi saya ngikut2 sblumnya sya sudah pijat ke dukun itu sampai bulan lalu saya telmbat haid udh 2 bulan prutsya di pijit perlhan katanya sudah ad janin katanya perut saya sudah keras gitu dok trus sya coba tespack dan USG hasilnya negatif stlh itu saya dtang bulan lagi sya kira udah kguguran sya ke dukun itu lgi masih ada tp di usg hasil kosong sya merasa mual , perut sering sakit di bagian bawah kadang sampe ga bisa jalan dok itu gimana ya dok mohon pencerahannya … trimakasih

  • Oleh : leny agustini
  • Tanya Bidan