×

Pengaruh Usia Terhadap Kesuburan Wanita

Bagikan Artikel :

Related Posts :

    Selamat datang di Curhat Bidan, kali ini kami akan membahas mengenai masa subur tapi lebih tepatnya adalah pengaruh usia terhadap masa subur. Mungkin sebagian orang tidak mengetahui kalau faktor usia ikut andil dalam masa subur, maka bagi Anda yang belum tahu yuk simak penjelasan lebih lengkapnya.

    Masa subur bisa terjadi pada wanita dan laki – laki, keduanya memiliki masa subur yang berbeda. Jika waktu masa subur pada wanita adalah terjadi setiap bulannya maka masa subur pria setiap hari dipagi hari dan ketika musim dingin.

    Baca : Apakah Pria Mempunyai Masa Subur ?

    Tidak ada tanda – tanda fisik yang menunjukan kalau masa subur wanita menurun dan ini berpengaruh dengan kemampuan wanita untuk bisa hamil seiring dengan bertambahnya usia.

    Wanita akan terus mengalami siklus menstruasi hingga mereka mencapai masa menopause tapi seiring waktu meskipun belum mencapai menopause, kesuburannya menurun. Sekitar 20% wanita bisa hamil diusia 30 tahun dan kesempatan wanita bisa mengandung akan hilang sebesar 5 persen setiap bulannya hingga memasuki usia 40 tahun seperti yang dilansir oleh onlymyhealth.

    Usia dan kesuburan memiliki hubungan yang saling berkaitan, ini dibuktikan karena wanita yang semakin tua mungkin memiliki masalah biologis dan menghasilkan kualitas sel telur yang kurang maksimal tidak sama seperti saat masih muda.

    Ketika usia wanita mulai memasuki 30 tahun maka kualitas dan jumlah sel telur yang dihasilkan mulai menurun dan hal ini terjadi hingga wanita mengalami masa menopause.

    Siklus menstruasi yang dialami wanita juga kunjung tidak teratur seiring dengan faktor penuaan yang Anda alami dan kromosom sel telur juga bisa mengalami kelainan dengan bertambahnya usia Anda.

    Jadi, penurunan kesuburan ini tidak hanya menutup peluang Anda agar bisa mengandung lagi tapi juga menjadi salah satu penyebab atau faktor keguguran saat terjadi kehamilan. Ini karena kromosom sel telur mengalmi kelainan.

    Sebuah penelitian mengungkap bahwa wanita yang berusia kurang dari 30 tahun memiliki sebanyak 5% peluang mengalami keguguran. Tapi berbeda dengan wanita yang berusia 35 sampai 39 tahun mempunyai peluang terjadinya keguguran lebih banyak hingga 16 persen dan kondisi ini juga sama hal nya dengan wanita yang berusia 44 hingga 46 sekitar 60% mereka memiliki resiko keguguran.

    Jadi, usia sangat berperan penting dalam masa subur wanita karena seiring bertambahnya usia wanita tidak akan menghasilkan sel telur sebaik saat dia masih muda dan kecil kemungkinan untuk bisa hamil lagi.

    Related Post :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 30, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Organ Kewanitaan

  • Oleh : Luluk Atul Alia
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat malam dok
    Mau tanya, akhir akhir ini aku keputihan bercampur lendir being gitu dok, bau agak menyengat tp tdk berubah warna tetap kental seperti susu, tp maaf sebelumnya dok, lubang vagina tempat untuk memasuki penis itu punyaku kenapa berwarna pucat ya dok? Tolong penjelasannya

    cesar

  • Oleh : Tania
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    program hamil yang pernah operasi pengangkatan kista

  • Oleh : rosnyala
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    pagi bu bidan, saya mau tanya, pada bulan juni lalu saya operasi pengangkatan kista/ pengikisan kista d ovarium, sebesar 10centi, kanan kiri, sekarang saya mau program hamil alami bu. kira” apa saja yang perlu saya lakukan yah bu? karna selama 6bulan setelah operasi, siklus haid saya jadi tidak teratur. baru 2 / 3 bulan ini haid saya teratur. dan selama ini setelah operasi saya sudah coba ikuti kalender dan berhubungan saat masa” subur.. tp sampe sekarang belum jg hamil bu.. bagaimana yah bu? mohon info nya dan kira” apa yang harus saya konsumsi guna keberhasilan untuk kehamilan ini yah bu?
    terimakasih.

    bahaya dari placenta previa

  • Oleh : Alesha Zahra
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Pagi ibu bidan, saya mau tau apa sih bahaya dari placenta previa pada kehamilan?ditunggu jawabannya, terima kasih

    Masalah gigi bayi

  • Oleh : Reny Anggra
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak mau tumbuh tapu tidak beraturan ..dok saya khawatir kalau gigi anak saya tumbuh tidak rata..kira2 apa penyebab dan penanganan apa supaya anak syya giginya tumbub dengan rapih

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan