×

Gimana Sih Cara Membangun Rumah Tangga Yang Harmonis ?

Bagikan Artikel :

Gimana Sih Cara Membangun Rumah Tangga Yang Harmonis ?

Bagi pasangan yang saling mencintai dan baru memulai rumah tangga tentu ingin dong hubunganya terus harmonis. Hal ini karena hubungan rumah tangga yang harmonis bukan saja membahagiakan pasangan suami istri tapi juga anak-anak dan kedua orangtua.

Related Posts :

    Tapi memang untuk mencapai rumah tangga yang harmonis itu tidak mudah, lantaran perbedaan pendapat sering memicu saling adu mulut atau karena kesalah pahaman dan emosi yang tak terkendali. Sebenarnya, pertikaian bisa dicegah dengan beberapa tips rumah tangga harmonis ini.

    1. Tidak merendahkan pasangan
      Jangankan suami-istri, kepada sesama manusia pun kita tak boleh merendahkan. Tanpa sadar, terkadang kita sering mengkritik apa pun yang dilakukan oleh pasangan, seolah tidak ada satu pun perilakunya yang benar.
      Namun salah dalam menyampaikan sehingga pasangan merasa direndahkan dan berujung keributan. Oleh karena itu, hindari kebiasaan terlalu sering mengeluh yang berujung pada kritikan dan merendahkan pasangan. Meskipun ada yang perlu dikritik, sampaikan lah dengan lembut dan sopan.
    2. Tidak membanding-bandingkan dengan orang lain
      Baik itu suami maupun istri sama-sama tidak suka dibandingkan dengan orang lain. Seringkali kita membicarakan kehebatan pasangan lain di hadapan pasangan tanpa sadar itu sangat melukai hatinya.
      Kebiasaan ini memang sering terjadi karena kurang sempurnanya pasangan masing-masing. Manusia memang tidak ada yang sempurna tapi kita sering melupakannya. Terkadang suami maupun istri sering membandingkan misalnya saat sedang berjalan-jalan melihat pasangan lain yang mesra ataupun penampilan mereka sangat bagus dan stylish tetapi kita biasa-biasa.
    3. Tidak membuat keputusan tanpa berdiskusi dengan pasangan
      Inilah yang sering terjadi dan kerap dianggap sepele. Selalu saja berpikir bahwa pasangan pasti menyetujui apa pun yang kita putuskan, padahal pasangan kita belum tentu setuju. Seperti jika membeli barang tanpa berdiskusi terlebih dulu. Memang ini hal yang sepele tetapi jika pasangan kita tidak setuju, akan menjadi masalah yang besar.
    4. Tidak melawan
      Tips harmonis dalam berumah tangga yaitu tidak melawan. Baik suami dan istri berusaha saling memahami dan belajar mengalah. Cobalah untuk bersabar dan bicarakan baik-baik, berdiskusi dengan kepala dingin.
    5. Tidak berbohong
      Berbohong merupakan sikap tidak terpuji yang dilarang. Kepercayaan merupakan hal penting yang membuat hubungan kekal. Oleh karena itu, jagalah kepercayaan pasangan agar tidak berbohong.
    6. Tidak mementingkan pekerjaan, teman dan hobi
      Jangan terbiasa mendahulukan pekerjaan, teman atau hobi karena ini akan membuat pasangan kamu akan merasa dinomorduakan. Prioritaskan pasangan kita.
    7. Berbagi suka dan duka
      Suami dan istri merupakan partner dalam kehidupan. Agar kasih sayang dapat terus tumbuh, suami dan istri harus saling membagi suka dan duka.
      Jika salah satu merasakan senang maka kita juga harus ikut merasa senang, begitu pula sebaliknya.
    8. Setia
      Tips agar rumah tangga tetap harmonis yaitu setia. Kesetian merupakan modal penting dalam hubungan agar tidak kandas di tengah jalan. Berusahalah untuk tetap setia pada pasangan kamu sampai ajal menjemput.
    9. Jaga Komunikasi dengan Baik
      Bisa dibilang komunikasi adalah jantungnya suatu hubungan dalam rumah tangga. Ketika Anda tidak bisa membangun komunikasi dengan baik, maka jangan salahkan siapapun jika rumah tangga Anda tidak akan bahagia. Tentu akan sering timbul kesalahpahaman, ketidak cocokkan, percekcokan dan lain sebagainya.
      Maka dari itu, cobalah untuk membangun komunikasi yang baik dengan pasangan. Jika selama ini komunikasi Anda terasa dingin dan tidak berkesan, perbaikilah mulai dari sekarang. Mulailah bangun dengan percakapan ringan dan santai. Sisipi dengan candaan agar suasana tidak terasa garing.
      Komunikasi yang baik juga bukan soal percakapan sehari-hari saja. Contoh lain yang bisa Anda praktekkan antara lain jika suami mau berangkat kerja biasakan untuk bilang pada istri. Jangan malah nyelonong boy .saja tanpa pamit.
      Begitu juga dengan istri. Ketika Anda sudah melangkahkan kaki keluar dari rumah untuk pergi keluar. Mintalah ijin terlebih dahulu pada suami. Jika suami masih berada di kantor, telepon dia dan katakan Anda mau pergi kemana. Agar dia tidak kebingungan mencari Anda jika dia pulang lebih dulu.
    10. Menjaga Kepercayaan
      Tips rumah tangga bahagia yang kedua adalah menjaga kepercayaan masing-masing. Jika Anda dan pasangan bisa saling percaya, maka kalian sudah memiliki pondasi kuat yang sulit diruntuhkan meskipun diterjang masalah yang berat sekalipun.
      Namun, jika tingkat kepercayaan Anda dan pasangan lemah. Pernikahan yang Anda bangun cepat atau lambat akan hancur. Apalagi jika Anda hanya mengandalkan firasat atau prasangka yang tidak-tidak.
      Ini kebanyakan dialami oleh seorang istri yang mana terlalu takut suaminya menyeleweng dengan wanita lain. Banyak kejadian dimana rumah tangga berantakan akibat istri yang menuduh suami berselingkuh hanya berlandaskan pikiran negatif dan prasangka buruk.
      Akan tetapi, jangan juga terlalu menaruh kepercayaan lebih kepada pasangan karena terkadang kepercayaan yang di kasih oleh salah satu pasangan dimanfaatkan untuk hal yang tidak baik. Contohnya melakukan perselingkuhan.
    11. Selesaikan Masalah dengan Cepat
      Masalah demi masalah akan terus melanda rumah tangga Anda. Hal ini wajar terjadi karena manusia hidup tentunya akan selalu diberi cobaan dari Tuhan. Dan nyatanya masalah dalam rumah tangga itu bermacam-macam. Mulai dari masalah ekonomi, masalah hubungan suami istri, hubungan dengan anak dan lain-lain.
      Hendaknya setiap masalah yang datang harus bisa diselesaikan dengan cepat. Jangan biarkan berlarut-larut yang mana malah bisa menimbulkan masalah baru yang lebih serius. Utamakan untuk menyelesaikan masalah secara bersama agar masalah tersebut bisa selesai dengan baik.
      Sebagai contoh saat suami kena PHK dari perusahaan tempat dia bekerja. Sebagai seorang istri Anda harus tetap menemani dan berusaha memberikan solusi pada suami. Bukan malah marah-marah dan menyalahkan suami. Lebih baik jika Anda ajak suami berdiskusi dan tanyakan padanya apakah mau melamar kerja ditempat lain atau coba usaha sendiri.
    12. Luangkan Waktu Bersama
      Tips rumah tangga bahagia selanjutnya adalah luangkan waktu bersama keluarga. Jangan melulu hanya memikirkan pekerjaan. Sebisa mungkin luangkan waktu Anda setiap hari untuk keluarga walaupun hanya satu jam jika memang Anda adalah seorang karyawan yang sibuk.
      Pada hari libur, gunakan waktu semaksimal mungkin untuk keluarga. Suami bisa membantu membereskan rumah atau melakukan aktivitas seru bersama keluarga. Jika merasa bosan dirumah, sekali-kali ajak keluarga jalan-jalan ke taman atau tempat hiburan.
      Saat hari-hari biasa misalnya Anda sedang di kantor. Luangkan waktu untuk menelepon istri dan anak Anda.Dengan begitu keluarga akan tetap merasa diperhatikan meskipun Anda sedang sibuk bekerja. Disamping itu, Anda juga bisa sekalian mengajarkan anak bahwa meskipun kita sibuk, tapi jangan melupakan keluarga.
    13. Saling Memberi Maaf
      Saling memaafkan kesalahan menjadi tips rumah tangga bahagia berikutnya. Ini salah satu sikap yang harus dijaga oleh pasangan agar keluarga Anda terhindar dari pertengkaran yang tidak perlu.
      Contohnya saja saat suami Anda telat pulang sementara diitelepon tidak aktif. Saat tiba dirumah Anda marah-marah kepada suami Anda. Padahal suami Anda sudah menjelaskan bahwa dia terkena macet dan handponenya lowbat. Seharusnya Anda memaafkannya. Apalagi kesalahannya karena suatu keadaan.
    14. Mengucapkan terima kasih
      Apapun yang dilakukan pasangan, jangan sia-siakan usahanya untuk membantu Anda. Suami, ucapkan terima kasih atas masakan istri dan kerja kerasnya mengurus rumah dan anak-anak seharian. Istri, mengucapkan terima kasih pada suami karena mau membantu mencuci piring, atau mengajak anak bermain selagi istri bekerja.
      Percayalah, hal sederhana seperti mengucapkan terima kasih akan membuat pasangan merasa lebih dihargai. Jangan lupa ucapkan terima kasih pada pasangan Anda, carilah alasan untuk selalu berterima kasih padanya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 5, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Penyebab Munculnya Flek Darah saat Hamil

  • Oleh : Henny Diastara
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya sedang hamil fase trimester pertama dan saya khawatir tentang flek yang terjadi saat hamil, yang ingin saya tanyakan apa penyebab munculnya flek darah saat hamil? Terimakasih

  • Oleh : Henny Diastara
  • Kanker payudara

  • Oleh : Irma Andari
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Bu saya punya masalah dgn payudara putingnya jika ditekan mengeluarkan cairan berwarna putih bening. Apakah ini termasuk gejala kanker payudara? Bagaimana cara mengatasinya?
    Terimakasih

    Sakit di daerah perut kiri bawah

  • Oleh : Febri Putri
  • 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu bidan , beberapa waktu lalu aku merasakan sakit perut dibawah sblh kiri Sampek kekaki dan beberapa hari ini sakitnya kumat lagi dan keputihan berwarna kuning , tolong di jawab yaa dok ??

    Keputihan selama kehamilan berbahayakah

  • Oleh : Vina
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
    Trims yaa

    Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Kafein?

  • Oleh : Disa Khaerunisa
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi? jika itu salah, sebaiknya bagaimana aturan yang tepat dalam mengkonsumsi kafein pada ibu hamil. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan