×

Apakah Psoriasis Dapat Mempengaruhi Kesuburan ?

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, Psoriasis merupakan salah satu jenis penyakit autoimun yang menyerang kulit dan dalam kebanyakan kasus penyakit ini menyerang usia remaja serta dewasa atau ketika sedang berada di usia produktif. Lantas timbul pertanyaan, Apakah Psoriasis Dapat Mempengaruhi Kesuburan ?

Sekilas Mengenai Prosiasis


Peradangan kronis atau disebut dengan autoimun yang terjadi pada kulit, dimana penderitanya akan mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat dan kemunculan penyakit psoriasis terkadang untuk jangka waktu yang cukup lama dengan proses hilang lalu muncul kembali. Prosiasis bukan penyakit berbahaya yang bisa mengancam jiwa penderitanya dan peyakit kulit yang satu ini juga tidak menular tapi, bisa terkena dibagian tubuh dimana saja seperti kulit kepala sehingga bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup jika tidak dilakukan perawatan dengan baik.

Gejala Prosiasis

Mereka yang mengidap penyakit prosiasis akan menunjukan gejala yang berbeda – beda karena dalam beberapa kasus juga ditemukan ada penderita yang bahkan tidak merasakan adanya gejala dari penyakit prosiasis. Sedangkan secara umum penyakit ini akan menunjukan tanda – tanda seperti kulit berubah menjadi kemerahan, terasa tebal dan kering, bersisik, mengalami pecah – pecah bisa sampai berdarah serta kuku mengalami tekstur yang tidak rata dan sendi menjadi kaku.

Anda mungkin akan bertanya – tanya, jika prosiasis bisa dikatakan sebuah penyakit kulit lalu kenapa bisa berkaitan dengan kesuburan.

Apakah Psoriasis Dapat Mempengaruhi Kesuburan ?

Seperti yang dikatakan oleh Dokter Rudy Hidayat, SpPD-KR mengungkapkan, hampir semua penyakit autoimun termasuk prosiasis tidak akan mempengaruhi kesuburan. Pasien prosiasis baik itu pria atau wanita tidak perlu khawatir dan tidak perlu takut akan sulit mendapatkan keturunan karena penyakit prosiasis.

“Karena pasien yang menderita penyakit lupus yang lebih berat juga bisa hamil, jika Anda tidak perlu khawatir.” Kata Rudy dalam simposium Peduli Prosiasis di Gedung Kementrian Kesehatan.

Related Posts :

    Sedangkan menurut dr. Tjoet Nurul Alam Jacoeb, SpKK mengatakan tidak ada hubungan langsung mengenai proriasis dengan masalah ketidaksuburan atau infertilitas. Tapi ketidaksuburan bisa jadi dipengaruhi oleh faktor lain yang berkaitan dengan prosiasis seperti depresi dan stress. Mereka yang tidak mengalami prosiasis juga bisa mengalami hal ini.

    Tapi, saat terjadi kehamilan maka bisa saja berpengaruh pada penyakit prosiasis atau penyakit autoimun. Dimasa kehamilan penyakit ini bisa saja tidak memunculkan kekambuhan dan pasien tidak boleh mengkonsumsi obat saat hamil jika prosiasis tidak menunjukan adanya gejala.

    Fakta ini disebabkan karena adanya peningkatan hormon estrogen yang terjadi pada ibu hamil dan akan memberikan perlindungan pada ibu hamil dari berbagai penyakit.

    Penyakit proriasis biasanya akan kembali kambuh setelah melahirkan atau ketika sedang menyusui, karena pada saat itu hormon estrogen mulai menurun. Pada jenis prosiasis tertentu bisa menyebabkan dampak buruk pada kesehatan janin.

    Sekarang Anda sudah mengetahui kalau penyakit autoimun seperti prosiasis tidak akan mempengaruhi kesuburan tapi tetap Anda harus segera menangani penyakit yang satu ini diantaranya bisa dengan menggunakan krim atau salep untuk mengurangi kecepatan produksi sel-sel kulit yang bisa mengurangi inflamasi kulit, kortikosteroid (untuk mengurangi inflamasi kulit) dan calcineurin inhibitors untuk menghambat kinerja sistem kekebalan tubuh.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 3, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mens Tidk lancar

  • Oleh : Sabrina Salsabillah
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Saya usia 17 menuju 18 tahun tapi haid tidak lancar hanya keluar seperti keputihan tapi warna merah tidak keluar darah

  • Oleh : Sabrina Salsabillah
  • Wasir / Ambeien Saat Hamil

  • Oleh : Ririn
  • 7 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

  • Oleh : Ririn
  • Punya saudara kandung ABK

  • Oleh : Samsul Arifin
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Apakah jika memiliki saudara kandung ABK dapat berpeluang memiliki keturunan ABK juga ? Berapa presentase nya dan apa bisa di di hilangkan gen tsb?

  • Oleh : Samsul Arifin
  • Seputar kb

  • Oleh : Septi Pangesti
  • 1 tahun yang lalu

    Hallo bubid nama saya septi liana, setelah saya lepas kb pil terus ga haid 3bulan apakah normal? Dan saya periksa ke bidan terdekat lalu di kasih kb pil lgi dan lgsg haid tapi haid jdi lama kenapa ya bubid

  • Oleh : Septi Pangesti
  • program hamil yang pernah operasi pengangkatan kista

  • Oleh : rosnyala
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    pagi bu bidan, saya mau tanya, pada bulan juni lalu saya operasi pengangkatan kista/ pengikisan kista d ovarium, sebesar 10centi, kanan kiri, sekarang saya mau program hamil alami bu. kira” apa saja yang perlu saya lakukan yah bu? karna selama 6bulan setelah operasi, siklus haid saya jadi tidak teratur. baru 2 / 3 bulan ini haid saya teratur. dan selama ini setelah operasi saya sudah coba ikuti kalender dan berhubungan saat masa” subur.. tp sampe sekarang belum jg hamil bu.. bagaimana yah bu? mohon info nya dan kira” apa yang harus saya konsumsi guna keberhasilan untuk kehamilan ini yah bu?
    terimakasih.

    Tanya Bidan