×

6 Rahasia Anak Jarang Sakit

Bagikan Artikel :

6 Rahasia Anak Jarang Sakit

Ketika anak sakit tentu sebagai orang tua akan panic dan khawatir. Entah itu demam, flu, batuk, mual muntah dan diare si Kecil memang akan mudah terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna. Namun, anak juga bisa memiliki daya tahan tubuh yang prima sehingga jarang terserang sakit. Lantas bagaimana agar Anak selalu dalam keadaan prima? Yuk Simak di bawah ini!

6 Rahasia Anak Jarang Sakit

  1. Biasakan mencuci tangan
    Mengajari anak untukmencuci tangan secara benar dengan menggunakan sabun merupakan salah satu cara menjauhkan anak dari penyakit. Lakukan kebiasaan ini sebelum makan, usai buang air kecil dan besar, sehabis bermain atau setelah pergi dapat membantu proteksi tubuh anak sehingga tidak mudah terserang penyakit.
    Mencuci tangan secara teratur dapat mengurangi penyebaran penyakit pada saluran pernapasan dan pencernaan anak Anda. Tekankan kepada mereka untuk mencuci tangan dengan menggosok selama 15 sampai 20 detik sebelum dibilas dengan air mengalir.
  2. Ajak anak untuk aktif olahraga
    Sebuah penelitian menunjukkan dengan berolahraga secara teratur dapat mengurangi gejala flu selama satu tahun sebesar 25-50 persen. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi sel- sel yang dapat melawan infeksi. Menurut dokter yang juga penulis buku Harley A. Rotbart, M.D. lebih baik mengajarkan anak untuk rajin berolahraga daripada sering jatuh sakit.
  3. Cukup Tidur
    Cukup tidur sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh si Kecil. Menurut Rotbart, kurang tidur pada anak membuat dia rentan terkena flu dua kali lipat lebih besar dibanding dengan anak yang cukup tidur.
    Dilansir dari laman Klikdokter disarankan anak berusia 1- 3 tahun tidur 12- 14 jam sehari, dengan pembagian waktu tidur siang selama 2- 3 jam dan tidur malam sebanyak 10-11 jam . Sedangkan anak berusia 4-6 tahun disarankan untuk tidur selama 11- 13 jam. Dengan pembagian waktu 2 jam tidur siang dan 10- 11 jam tidur malam.
  4. Hindari anak menyentuh wajah
    Ajari anak untuk tidak menyentuh wajah jika belum mencuci tangan sebab virus flu dapat masuk ke tubuh melalui hidung, mata, dan mulut. Jadi, bantulah anak Anda untuk menjauhkan tangannya dari menyentuh area wajah. Serta ajarkan anak Anda untuk tidak berbagi sedotan dan cangkir dengan temannya karena dapat menyebarkan virus sehingga anak rentan sakit.
  5. Makan seimbang dan sehat
    Berikan asupan makanan dengan gizi yang seimbang dan sehat kepada buah hati Anda guna membantunya tetap bugar. Pastikan anak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C seperti brokoli, stroberi, dan jeruk serta makanan yang kaya vitamin D seperti tuna, susu, dan sereal. Dengan menjalankan pola makan seperti itu akan membantu anak tumbuh dengan sehat.
  6. Vaksinasi
    Bila ingin menurunkan risiko anak sakit flu, lebih baik secara rutin ajak anak vaksinasi flu. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mengatakan bahwa ini cara terbaik mengurangi risiko anak terkena flu. Selain vaksin flu, pastikan anak mendapatkan vaksinasi lain seperti yang sudah dianjurkan pemerintah maupun ikatan dokter anak.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 28, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat datang bulan tapi tidak hamil

  • Oleh : Riana
  • 5 tahun, 11 bulan yang lalu

    saya telat satu bulan tidak haid, tapi pas coba testpack hasilnya negatif.. Apakah ini normal?

    Keputihan

  • Oleh : Liviian Zhu
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya sebelumnya cara mengatasi keputihan yang berbau dab gatal bagaimna caranya,, saya sudah mengalami keputihan gak normal ini sdh bebrapa hari dan saya rasa saya tak percaya diri dengan suami saya.

    Takut hamil

  • Oleh : Husna Alf
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Terakhir haid saya
    tgl 6 bulan juli, sampai sekarang saya belum haid lagi. Banyak keluhan kesehatan yang saya rasakan, seperti mual, muntah, nafsu makan turun, demam, perut kembung, kadang nyeri sebelah kanan bawah & apabila ditekan terasa sakit & terasa ada yang mengganjal. Saya iseng uji tes pack hasilnya positif, tapi tidak ada tanda-tanda kehamilan yang saya alami. Saya juga susah bab & susah buang angin. Apakah ini gejala suatu penyakit atau memang hamil?

    Pingin punya anak

  • Oleh : Rudi Hermawan
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok apakah ejakulasi dini mempengaruhi kehamilan

    Seputar kehamilan

  • Oleh : Novia Arifin
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau tanya saya sudah telat haid selama 1minggu?tp,saya SDH tespeck hasilnya negatif.&saya tdk ada tanda2 awal kehamilan?cuman terkadang suka kram perut..apa kah saya harus menunggu 2minggu LG untuk melakukan tespack ulang?ato saya tdk hamil dok?mohon dijawab y dok🙏trmksh?

  • Oleh : Novia Arifin
  • Tanya Bidan