×

Bolehkah Bayi Dan Balita Pakai Helm Saat Naik Motor?

Bagikan Artikel :

Bolehkah Bayi Dan Balita Pakai Helm Saat Naik Motor?

Bunda dan ayah suka bawa si Kecil pergi naik motor? Saat naik motor si Kecil pakai helm gak Bun? Pasti ada yang pakai ada juga yang enggak. Tapi apapun jawaban bunda, bu bidan yakin bunda-bunda semua sayang kepada anak. Apalagi jika masih bayi. Tahukah bun? Kalau jumlah kecelakaan pada anak masih cukup tinggi. Jadi anak-anak pun wajib menggunakan helm ke mana pun untuk mencegah cedera saat terjadi kecelakaan. Karena helm menjadi alat pelindung utama untuk menjaga keselamatan saat berkendara.

Perlu diketahui bahwa sesungguhnya anak berusia di bawah 12 tahun pun sudah dianjurkan memakai helm agar keselamatan mereka juga terjaga jika terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan atau kecelakaan lalu lintas.

Bagaimana Dengan Bayi di Bawah 1 Tahun?

Penggunaan helm tidak dianjurkan pada anak di bawah usia 1 tahun. Hal ini disebabkan karena tulang punggung masih belum kuat menopang beban yang ada di atas kepala. Selain itu tidak dianjurkan mengajak anak berusia di bawah 1 tahun untuk naik motor atau sepeda. Dikarenakan anak berusia di bawah 1 tahun, otaknya masih dalam tahap perkembangan. Dengan naik sepeda atau berkendara, dikhawatirkan guncangan akibat jalan yang rusak menyebabkan otak mengalami trauma sehingga mengakibatkan gangguan pada perkembangan otaknya di masa mendatang. Di negara maju seperti Amerika Serikat pemakaian helm dianjurkan setelah anak berusia lebih dari 1 tahun dan anak sudah dapat duduk dan menopang kepalanya dengan tegak. Dengan syarat helm harus sesuai dengan peruntukan usia, ukuran kepalanya, tidak kebesaran, dan ada tali pengamannya.

Related Posts :

    Rekomendasi Merk Helm Anak Yang Aman Sesuai Dengan SNI

    1. Helm Anak SNI SHEL
    2. Helm INK Centro SNI
    3. Helm GM EVO Teen Batman
    4. Helm Anak SNI Kidzu Little Pony
    5. Helm anak Retro Bogo Kulit SNI.
    6. Helm Anak WTO Helmet Kids Kop
    7. Helm Anak JPN SNI
    8. Helm Anak BMC SNI

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 5, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bayi diberi MPASI sebelum 6 bulan

  • Oleh : Hani fahrunnisa
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Hi Bu Bidan, bayi saya belum berusia 6 bulan tapi sudah terlanjur saya beri MPASI seminggu ini, apa saya harus menghentikan pemberian MPASI atau dilanjutkan saja ?

    Haid

  • Oleh : Rhippy
  • 3 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat siang dok, saya berumur 34 tahun dan baru menikah.. sebelum menikah masa haid saya kurun waktu 3 hari tp setelah menikah ini masa haid saya cuman 2 hari dan pada hari ke 3 cuman bercak coklat saja apa ini termasuk normal? Terimakasih sebelumnya..

  • Oleh : Rhippy
  • Nyeri Pada Payudara

  • Oleh : Evi Ratnasari
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok mau tanya terkait nyeri pada panyudara, saya sudah mengalami beberapa hari ini diluar siklus mensturasi, nyerinya kadang-kadang muncul tapi kadang – kadang tidak, itu disebabkan kenapa ya dok?

    Mohon untuk dijelaskan terkait benjolan pada payudara itu maksudnya apakah timbul seperti bisul atau habis terkena gigitan atau seperti apa ya dok yang dimaksud benjolan?

    Terimakasih

  • Oleh : Evi Ratnasari
  • Asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Berapa lama bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik?

  • Oleh : Yuli Ani
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

  • Oleh : Yuli Ani
  • Tanya Bidan