×

Ibu Hamil Boleh Bersepeda Lho! Bahkan Dianjurkan

Bagikan Artikel :

Ibu Hamil Boleh Bersepeda Lho! Bahkan Dianjurkan

Katanya ibu hamil harus banyak istirahat. Katanya ibu hamil tidak boleh banyak beraktifitas. Itulah pernyatan yang sering diucapkan masyarakat, padahal dalam medis tidak benar. Ibu hamil boleh beraktifitas dan bahkan boleh berolahraga termasuk bersepedah. Bersepeda dapat membantu tubuh untuk tetap aktif, sehingga melancarkan aliran darah ibu hamil ke seluruh tubuh. Hal ini pun mendukung ketersediaan oksigen dan nutrisi bagi janin. Dan ternyata ibu hamil yang bersepedah ini masihh banyak keuntunganya lho!

Keuntungan Ibu Hamil Bersepeda

Banyak keluhan umum dari kehamilan, termasuk varises, pembengkakan ekstremitas, stres, kecemasan, depresi dan lain-lain. Keluhan-keluhan ini bisa berkurang apabila rutin bersepeda. Manfaat bersepeda ini tidak ekslusif, tapi jika itu adalah latihan yang disukai wanita, maka mengalahkan gaya hidup. Selain itu wanita yang menggabungkan olahraga dalam rutinitas mereka selama kehamilan akan mendapatkan kesehatan 2 kali lipat.

Resiko Bersepeda Saat Hamil

Meskipun bersepeda saat hamil memiliki banyak manfaat tapi bukan berarti tak sepenuhnya bebas risiko. Salah satu satu nya yaitu jatuh dan melukai janin, serta terlalu panas, yang bisa menyebabkan kelainan pada bayi jika terjadi pada trimester pertama. Untuk menghindari kepanasan pada trimester pertama, disarankan memakai cooler gear, menjaga hidrasi, dan menghindari naik sepeda pada hari panas. Selain itu sepeda off road tidak dianjurkan karena terlalu banyak guncangan dan gundukan.

Kurangi Bersepeda Di Trimester 1 Dan 3

Usia kehamilan 12 minggu pertama merupakan waktu yang penting bagi janin di rahim dan pada periode ini risiko keguguran tinggi. Kurangi frekuensi bersepeda Anda dan dengarkan tubuh Anda.

Related Posts :

    Wanita hamil berkesempatan bersepeda di trimester kedua dari bulan ke-3 hingga ke-6 kemungkinan jatuh berkurang. Kelelahan dan mual di trimester pertama telah mereda sehingga Anda memiliki lebih banyak energi ketimbang sebelumnya.

    Bersepeda pada tahap ini akan membuat Anda bugar dan lentur dan membantu Anda menghadapi segala nyeri atau sakit saat hamil. Namun, tetap ingat berhati-hatilah meskipun Anda sudah berenergi karena jatuh tak baik untuk ibu dan bayi.

    Ketika memasuki trimester ketiga, dari enam bulan hingga jatuh tempo, benjolan perut Anda semakin besar dan aktif. Perlu Anda ketahui bahwa saat perut Anda makin membesar, pusat gravitasi tubuh Anda pun bergeser. Sehingga, Anda mungkin lebih mudah untuk kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Anda juga bisa merasa sesak napas, terutama ketika menanjak dan membungkuk bisa mengenai stang atas. Oleh karena itu di usia kehamilan 8 atau 9 minggu, apabila Anda sudah merasa kesulitan bersepeda dan tidak nyaman maka hentikan.

    Tips Aman Bersepeda Saat Hamil

    Sebelum memutuskan untuk bersepeda saat hamil, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan, yaitu:

    1. Bagaimana kemampuan Anda dalam bersepeda?
    2. Apakah kehamilan Anda berisiko tinggi? (Konsultasikan hal ini dengan dokter Anda)
    3. Bagaimana keamanan perjalanan Anda? Apakah jalan yang akan dilalui aman?
    4. Bagaimana kondisi cuaca ketika akan bersepeda?

    Jika Anda memutuskan untuk tetap bersepeda, sebaiknya perhatikan faktor keamanan saat bersepeda.

    1. Pilihlah jalan yang mulus dan tidak bergelombang
    2. Kayuh sepeda dengan perlahan dan tidak kasar (bersepeda ringan)
    3. Jangan bersepeda di jalanan yang basah
    4. Buat sepeda Anda senyaman mungkin. Sesuaikan setang dan jok sepeda Anda. Karena perut Anda semakin membesar dan berat badan Anda bertambah, mungkin Anda perlu mencari jok yang lebih nyaman untuk Anda.
    5. Anda perlu membawa minum untuk mengantisipasi jika Anda merasa haus saat sedang di jalan.
    6. Ketahui batas kemampuan Anda. Jika di tengah jalan Anda sudah merasa lelah dan tidak mampu, sebaiknya berhenti, turun, dan berjalan. Jangan memaksakan diri Anda.
    7. Anda mungkin perlu ditemani dengan suami atau teman Anda saat bersepeda, sehingga mereka bisa menjaga Anda. Jika ada sesuatu yang terjadi pada Anda, mereka juga bisa langsung menolong Anda.
    8. Untuk lebih baiknya, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda apakah kondisi kehamilan Anda memungkinkan untuk bersepeda dan olahraga apa saja yang bisa Anda lakukan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 4, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang haid

  • Oleh : TASYA Ayah : sabihu ibu: indi heryanti
  • 10 bulan yang lalu

    Kak saya mau tanya saya kan sudah haid tapi kok keluar seperti putih telur lendir kak tapi tidak bau apa itu haid atau keputihan kak saya takut terjadi apa-apa

  • Oleh : TASYA Ayah : sabihu ibu: indi heryanti
  • Masalah gigi bayi

  • Oleh : Reny Anggra
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak mau tumbuh tapu tidak beraturan ..dok saya khawatir kalau gigi anak saya tumbuh tidak rata..kira2 apa penyebab dan penanganan apa supaya anak syya giginya tumbub dengan rapih

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    kontributor Curhat Bidan

  • Oleh : ade
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat sore. Saya adalah lulusan d3 kebidanan dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jawa Timur. Saya juga sangat tertarik dalam dunia media dan publikasi kesehatan. Apakah saya bisa menjadisalah satu kontributor Curhat Bidan? terimakasih

    Masalah vagina

  • Oleh : Anda Ari
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan.
    Saya mau bertanya pada saat saya melakukan olah raga seperti kegel atau peregangan mengangkat kaki ada bunyi sprti bunyi becek dan queefing. Saya sdh mnikah dan berumur 28. Apakah itu tanda penyakit?
    Karena saya merasa vagina saya jga sll becek. Bagaimana mengobatinya bu? Makasiih

    Tanya Bidan