×

Catat! Ini Beberapa Makanan Yang Bisa Membuat Kecacatan Pada Janin

Bagikan Artikel :

Catat! Ini Beberapa Makanan Yang Bisa Membuat Kecacatan Pada Janin

Saat hamil ada makanan yang harus dihindari untuk kepentingan ibu dan janinya. Bahkan makanan ini bisa membuat kecacatan pada janin baik itu hidrosefalus, bibir sumbing, down syndrome dan lain-lain. Apa sajakah itu ?

  1. Daging Deli
    Daging deli adalah daging merah yang telkah diolah atau diproses dan diiris tipis yang biasanya terdapat di burger, kebab atau jenis makanan lainnya Daging Deli telah diketahui terkontaminasi dengan listeria, yang dapat menyebabkan keguguran. Listeria memiliki kemampuan untuk melewati plasenta dan dapat menginfeksi bayi. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi atau keracunan darah dan mungkin akan mengancam jiwa.
  2. Makanan laut yang diasap
    Seperti daging deli, makanan laut harus dihindari karena bisa terkontaminasi dengan listeria. Terlebih, makanan diasap dapat juga menjadi karsinogen atau penyebab kanker.
  3. Keju lunak
    Ternyata tidak semua keju disarankan untuk dikonsumsi. Keju lunak yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi, seperti fresco brie, feta dan queso, mengandung E. coli, listeria, salmonella ataucampylobacter. Wanita hamil harus makan keju keras, seperti cheddar atau Swiss, atau memastikan kejunya terbuat dari susu pasteurisasi.
  4. Daging mentah, kerang mentah, telur mentah
    Makanan laut mentah dan daging sapi atau unggas yang tidak dimasak bisa meningkatkan risiko kontaminasi bakteri coliform, salmonella, dan toxoplasmosis. Berbagai penyakit itu selain menyebabkan keguguran juga berisiko menyebabkan janin cacat. Telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah, seperti beberapa mayones dan custard, harus dihindari karena berpotensi terkontaminasi salmonella. Wanita hamil harus memasak semua daging sampai 165 derajat Fahrenheit atau sekitar 75 derajat celsius dan menggunakan telur yang dipasteurisasi.
  5. Alkohol
    Alkohol harus dihindari selama kehamilan. Paparan pralahir dapat menyebabkan Sindrom Alkohol Janin atau gangguan perkembangan lainnya.
  6. Ikan yang mengandung merkuri
    Beberapa ikan yang tinggi merkuri termasuk hiu, ikan todak, marlin, king mackerel, tilefish, tuna. Kandungan merkuri dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam jumlah yang besar.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 28, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 2 tahun yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    manfaat berenang bagi ibu hamil?

  • Oleh : wkjchu56042488
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    bu bidan, saya ingin tau apa saja manfaat berenang bagi ibu hamil, itu saja ya bu 🙂

    Makan semangka

  • Oleh : Ummu khalid
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

    Tentang haid

  • Oleh : Devi Dwi hidayanti Devi
  • 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu bidan ini say mau nanya saya devi umur 21 baru menikah dpt 1 tahun saya punya keluhan Bu tentang haid ,haid saya tidak teratur kadang telat 3 bulan tidak haid tapi saat tanggal haid selalu ada gumpalan warna coklat gelap Bu tapi tidak keluar darah SMA Skali saat 3 bulan itu trs sya sempat pijat dlu hbis pijat tu sya lncar haid setelah lancar itu sekarang saya tidak haid lagi 2 bulan dan sama 2 bulan itu sya keluar gumpalan coklat kehitaman tapi gumpalan itu tidak keluar Bu saya bersihkan pake telunjuk dan sya keluarkan ada gumpalan itu tiap tanggal haid itu gimana ya Bu bidan sya minta tolong sarannya dan knp kok seperti itu karena saya ingin hamil 😥 tapi haid saya seperti itu

  • Oleh : Devi Dwi hidayanti Devi
  • Kehamilan

  • Oleh : Atik Tika
  • 1 tahun yang lalu

    Assalamualaikum, maaf bu dokter saya mewakili teman saya mau bertanya, teman saya kan sudah tidak heid dari semenjak bulan mei 2019 setelah bulan juni akhir ternyata belum haid juga katanya, lalau pas tanggal 25 juni akhir teman saya melakukan test pack dan hasilnya negatif, tapi pas masuk bulan juli awal juga belum haid dan pas tanggal 9 juli di cek lagi hasilnya fositif, di tes lagi tanggal 12 juli juga masih fositif, dan di coba di tes lagi tanggal 23 juli juga masih fositif, tapi yg membuat anehnya kata teman saya dia sama sekalai tidak merasakan mual muntah atau tanda tanda hamil seperti biasanya yaitu perut buncit, sering pipis dll.hanya yg dirasakan yaitu tidak haid seperti biasanya saja. Yg mau di tanyakan jd sebenarnya teman saya itu sedang hamil atau tidak bu dokter, dan solusi nya apa untuk memastikan teman saya hamil atau tidak itu soalnya teman saya tidak mau di cek langsung ke dokter atau bidan dia orangnya penakut dokter. Terima kasih sekian pertanyaan saya mohon di jawab ya bu dokter.

    Tanya Bidan