×

Catat! Ini Beberapa Makanan Yang Bisa Membuat Kecacatan Pada Janin

Bagikan Artikel :

Catat! Ini Beberapa Makanan Yang Bisa Membuat Kecacatan Pada Janin

Saat hamil ada makanan yang harus dihindari untuk kepentingan ibu dan janinya. Bahkan makanan ini bisa membuat kecacatan pada janin baik itu hidrosefalus, bibir sumbing, down syndrome dan lain-lain. Apa sajakah itu ?

  1. Daging Deli
    Daging deli adalah daging merah yang telkah diolah atau diproses dan diiris tipis yang biasanya terdapat di burger, kebab atau jenis makanan lainnya Daging Deli telah diketahui terkontaminasi dengan listeria, yang dapat menyebabkan keguguran. Listeria memiliki kemampuan untuk melewati plasenta dan dapat menginfeksi bayi. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi atau keracunan darah dan mungkin akan mengancam jiwa.
  2. Makanan laut yang diasap
    Seperti daging deli, makanan laut harus dihindari karena bisa terkontaminasi dengan listeria. Terlebih, makanan diasap dapat juga menjadi karsinogen atau penyebab kanker.
  3. Keju lunak
    Ternyata tidak semua keju disarankan untuk dikonsumsi. Keju lunak yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi, seperti fresco brie, feta dan queso, mengandung E. coli, listeria, salmonella ataucampylobacter. Wanita hamil harus makan keju keras, seperti cheddar atau Swiss, atau memastikan kejunya terbuat dari susu pasteurisasi.
  4. Daging mentah, kerang mentah, telur mentah
    Makanan laut mentah dan daging sapi atau unggas yang tidak dimasak bisa meningkatkan risiko kontaminasi bakteri coliform, salmonella, dan toxoplasmosis. Berbagai penyakit itu selain menyebabkan keguguran juga berisiko menyebabkan janin cacat. Telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah, seperti beberapa mayones dan custard, harus dihindari karena berpotensi terkontaminasi salmonella. Wanita hamil harus memasak semua daging sampai 165 derajat Fahrenheit atau sekitar 75 derajat celsius dan menggunakan telur yang dipasteurisasi.
  5. Alkohol
    Alkohol harus dihindari selama kehamilan. Paparan pralahir dapat menyebabkan Sindrom Alkohol Janin atau gangguan perkembangan lainnya.
  6. Ikan yang mengandung merkuri
    Beberapa ikan yang tinggi merkuri termasuk hiu, ikan todak, marlin, king mackerel, tilefish, tuna. Kandungan merkuri dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam jumlah yang besar.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 28, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan payudara

  • Oleh : Eva Rahmawati
  • 3 minggu, 4 hari yang lalu

    Saya mau tanya untuk menghilangkan benjolan payudara gimana ya dok? Payudara sebelah kiri saya ada benjolan tp tidak sakit, kalo kata dokter yg periksa saya waktu itu. Katanya itu kelebihan hormon

    Lutut sakit

  • Oleh : maya
  • 8 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, kok akhir akhir ini kenapa ya kaki saya ini seperti ada yang mengganjal di bagian belakang lutut, susah banget di lurusinnya, kaku dan bahkan kaya ada urat ya ikut dok. Kalau saya naik atau turun tangga, itu harus pelan banget, karena kalau misalkan berjalnnya cepat kaki itu terasa tersengkak dok, itu kira kira masalah kesehatan apa ya dok? Mohon penjelasannya dok :), Terimakasih

    Kram Saat Hamil

  • Oleh : Intan Royana
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya sedang hamil 7 bulan dan saya sering merasakan kram, saya mau bertanya apakah kram bisa dihindari ? bagaimana caranya kalau memang kram bisa dihindari ?

  • Oleh : Intan Royana
  • Pijat Bayi

  • Oleh : alberta6265
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Siang bu bidan. Saya mau tanya, bayi saya usia 6 bulan apa sudah boleh dipijat ? Bagaimana langkah-langkah memijat bayi yang benar ?

    Belum Haid Setelah Melakukan Kuret

  • Oleh : emilia
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum haid. Apakah tidak berbahya bu bidan ? Mohon penjelasananya

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan