×

Cara Dan Tips Jitu Untuk Mengatasi Anak Yang Picky Eater

Bagikan Artikel :

Mengatasi anak yang picky eater atau anak sulit makan dan cenderung memilih makanan, seperti tidak mau makan selagi makanan kesukaannya tidak di hidangkan sering kali mejadi masalah tersendiri bagi para orang tua. Kondisi tersebut sering kali terjadi pada saat anak mulai di perkenalkan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan yang padat. Terutama pada anak usia 6 bulan hingga anak berusia 6 tahun. Bahkan kondisi ini pun tak jarang dapat terbawa hingga kelak mereka tumbuh dewasa.

Masalah picky eater ini sebaiknya segera diatasi dengan segera. Karena jika anak memiliki kebiasaan ini berkepanjangan, maka dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan anak. Dan bisa jadi anak mengalami kekurangan gizi, karena asupan gizinya kurang seimbang. Hal tersebut jelas dapat mempengaruhi petumbuhan si kecil.

Ada beberapa hal yang dapat menjadikan anak picky eater seperti si anak sedang kehilangan napsu makan, mengikuti pola makan di lingkungannya termasuk kebiasaan makan orang tuanya sendiri. Maka dari itu, jika anak anda mengalami picky eater sebaiknya mulai dari diri anda terlebih dahulu. Dan jika perlu anda juga bisa menerapkan beberapa tips jitu menghadapi anak yang picky eater berikut ini.

Cara dan tips jitu untuk mengatasi anak yang picky eater

Ada beberapa tips maupun cara yang cukup jitu untuk menghadapi atau mengatasi anak yang picky eater:

Buat suasana senyaman mungkin saat anak makan
Menciptakan suasana yang nyaman sewaktu anak makan adalah hal yang cukup penting. Termasuk meluangkan waktu untuk makan bersama di meja makan keluarga, sehingga anak bisa merasakan kebersamaan dan merasa nyaman. Hal tersebut bertujan untuk menumbuhkan minat anak supaya bersedia untuk menyantap makanan yang telah di sediakan. Jika anda tidak bisa meluangkan waktu setiap hari untuk makan bersama, maka setidaknya minimal satu minggu sekali anda harus meluangkan waktu untuk makan bersama keluarga di akhir pekan.

Atur jadwal makannya secara teratur
Jadwalkan makan anak secara teratur 3 kali dalam sehari. dengan 3 kali jadwal mengonsumsi makanan berat dan juga 2 kali jadwal makanan penutup. Usahakan berikan makanan dengan porsi takaran dan gizi yang seimbang yaitu empat sehat lima sempurna.

Hidangkan menu makanan yang variatif dan juga menarik untuk si kecil
Anak yang picky eater juga bia di sebabakan akibat mereka bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Dan bisa juga di sebabkan karena bentuk makanan yang kurang menarik untuk anak. Maka dari itulah, sebaiknya orang tua lebih mengerti akan keinginan sang anak. Atau anda juga bisa langsung menanyakan kepadanya menu apa yang ia inginkan untuk hari ini, atau juga anda bisa langsung menyajikan makanan untuknya dengan varian menu yang variatif dan juga menarik.

Related Posts :

    Berikan cemilan ringan yang sehat
    Jika anda inginr memberikan cemilan pada anak, sebaiknya tidak memilih cemilan yang mengandung karbohidrat tinngi terlebih saat mendekati jam makan anak. Hal tersebut di karenakan anak dapat merasa kenyang yang pada akhirnya aak tidak mau makan. Maka dari itu sebaiknya berikan cemilan sehat yang rendah kalori seperti biskuit, buah, sayur dan jenis cemilan lainnya yang rendah akan kandungan karbohidratnya.

    Biarkan saja
    Jika si picky eater ini masih saja susah makan meski anda telah menerapkan berbagai tips diatas, maka tidak ada salahnya untuk membiarkan ia tidak makan. Karena toh jika nanti jika ia sudah lapar, ia pun akan kan mengambil makanan yang ada di atas meja makan yang telah anda hidangkan sebelumnya. Sehingga anda tidak perlu khawatir dan tkut anak anda kelaparan. Karena mereka sendiri memiliki inisiatif tersendiri untuk bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka sendiri.

    Semoga informasi yang kami sampaikan mengenai cara dan tips jitu untuk mengatasi anak yang suka picky eater ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan khusunya para orang tua yang kini di hadapkan dengan permasalahan yang serupa.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 3, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sperma Keluar Saat Sedang Cemas

  • Oleh : ANGGUN
  • 5 bulan, 4 minggu yang lalu

    Halo Selamat Pagi Bu Bidan, saya Edhy Prayoga. Begini, saya sering mengalami kalau sperma saya itu keluar dengan sendirinya setiap saya sedang merasa cemas dan hal itu terjadi baik saat saya dalam keadaan sadar atau bahkan ketika sedang bermimpi. Bagaimana cara menyembuhkannya bu ? Saya merasa terganggu dengan kondisi seperti ini dan tolong segera dijawab ya. Terima kasih bu bidan.

    Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Kafein?

  • Oleh : Disa Khaerunisa
  • 1 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi? jika itu salah, sebaiknya bagaimana aturan yang tepat dalam mengkonsumsi kafein pada ibu hamil. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

    BO

  • Oleh : Ochaa
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Saya ingin bertanya apakah setiap kehamilan BO slalu disertai perdarahan?kl tidak alasannya apa.tks

    Tentang pra subur

  • Oleh : Ahmad Dun
  • 1 bulan yang lalu

    Kpd bidan yg terhormat:
    Setelah menstruasi/ sudah suci, trus brhubungan badan.. Apakah bisa terjadi hamil?

    Fases bayu berwarna gelap cenderung kehitaman

  • Oleh : destiana
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya ingin konsultasi nih saya punya anak usianya baru 4 bulan ketika buang air besar fasesnya berwarna gelap, mulanya berwarna hijau gelap makin kesini fasesnya cenderung kehitaman. Apakah itu normal bu bidan dan kebetulan anak saya minum sufor sama ASI cuma lebih banyak minum sufor daripada ASI. Mohon jawabannya

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan