×

Ini Lho Tanda-tanda Anak Mengalami Speech Delay

Bagikan Artikel :

Ini Lho Tanda-tanda Anak Mengalami Speech Delay

Usia balita merupakan usia emas pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Nah, Bunda perlu membekali diri dengan pengetahuan seputar tumbuh kembangnya. Salah satu hal yang perlu ibu ketahui yaitu mengenai tanda bahaya (red flag) keterlambatan tumbuh kembang pada anak, termasuk keterlambatan bicara atau speech delay.
Yuk kenali sejak dini tanda-tanda keterlambatan bicara pada balita Bunda. Semakin terdeteksi lebih awal, terapinya akan lebih mudah lho!

Tanda-tanda Speech Delay Pada Anak

  1. Belum bisa berceloteh pada usia 15 bulan
  2. Belum bisa berbicara pada usia 2 tahun
  3. Belum dapat berbicara dalam kalimat pendek di usia 3 tahun
  4. Kesulian memahami arahan orang lain
  5. Pengucapan dan artikulasi kurang baik saat bicara
  6. Kesulitan dalam membentuk kalimat

Beberapa Penyebab Anak Mengalami Speech Delay

  1. Adanya masalah pada pendengaran
  2. Kurang stimulasi permainan edukatif
  3. Angguan perkembangan
  4. Terlalu banyak nonton TV atau main handphone
  5. Kurang perhatian orangtua
  6. Kurang bersosialisasi dengan teman-teman sebaya.
  7. Sehari-hari menggunakan 2–3 bahasa.
  8. Pola asuh yang salah.

Cara Mengatasi Speech Delay

  1. Rajin mengajak Si Kecil ngobrol atau diskusi, misalnya mainan kesukaan atau film kartun favoritnya
  2. Belajar Bernyanyi Bersama, dimulai dengan lagu anak yang memiliki kata-kata yang sederhana
  3. Membacakan Buku Cerita atau Mendongengkan Anak, jangan lupa untuk mengulang kembali kata-kata yang menarik dan sederhana untuk kembali diucapkan oleh anak.

Anda butuh bantuan terapi apabila

Jika usia sudah melewati usia 2 tahun anak belum bisa bicara kata-kata yang sederhana misalnya memanggil “mama” atau “papah” dan ketika di panggil namanya tidak menjawab maka sebaiknya konsultasikan tumbuh kembang ke dokter spesialis Neurolog Anak dan psikolog. Psikolog mengobservasi kemampuan/keterampilan anak melalui beberapa permainan edukatif (seperti puzzle, susun balok, flash cards, dll).

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 24, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ingin Segera Memiliki Keturunan

  • Oleh : Gek Anik
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.

    2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

  • Oleh : Gek Anik
  • luka jahitan lahiran normal

  • Oleh : ena arina
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Maaf bu bidan… saya sudah ampir 6 bulan setelah melahirkan. luka yang di luar nya sudah kering. gak tau kalo luka yang di dalem. Tp sampe sekarang di CD tuh pasti ada plek warna nya ke coklat coklatan gitu. Saya pernah periksa ke bidan kata nya luka dalam nyainfeksi dan d kasih Obat . Setelah maka obat. Plek nya itu gak ada di CD. Cuman obat nya habis plek nya itu ada lagi. gimana ya solusi terbaik nya

    mengatasi gatal pada puting saat menyusui

  • Oleh : Rhiyad Suhpriatin
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Siang bu, saya mau tanya. Saya adalah seorang ibu menyusui, terkadang puting saya terasa sangat gatal serta timbul bercak putih pada puting payudara saya, apakah ini termasuk kanker atau bagaimana bu? bagaimana cara menanganinya?

    Keputihan

  • Oleh : Lusiana –
  • 3 bulan, 2 minggu yang lalu

    Kal saya udah ngalamin keputihan 2 bln ini kadang berwarna putih kdang kecoklatan tidal berbau dan trasa gata kadang gatal saat kluar slabhnya tidak

  • Oleh : Lusiana –
  • Belum Haid Setelah Melakukan Kuret

  • Oleh : emilia
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum haid. Apakah tidak berbahya bu bidan ? Mohon penjelasananya

    Tanya Bidan