×

Ini Lho Tanda-tanda Anak Mengalami Speech Delay

Bagikan Artikel :

Ini Lho Tanda-tanda Anak Mengalami Speech Delay

Usia balita merupakan usia emas pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Nah, Bunda perlu membekali diri dengan pengetahuan seputar tumbuh kembangnya. Salah satu hal yang perlu ibu ketahui yaitu mengenai tanda bahaya (red flag) keterlambatan tumbuh kembang pada anak, termasuk keterlambatan bicara atau speech delay.
Yuk kenali sejak dini tanda-tanda keterlambatan bicara pada balita Bunda. Semakin terdeteksi lebih awal, terapinya akan lebih mudah lho!

Tanda-tanda Speech Delay Pada Anak

  1. Belum bisa berceloteh pada usia 15 bulan
  2. Belum bisa berbicara pada usia 2 tahun
  3. Belum dapat berbicara dalam kalimat pendek di usia 3 tahun
  4. Kesulian memahami arahan orang lain
  5. Pengucapan dan artikulasi kurang baik saat bicara
  6. Kesulitan dalam membentuk kalimat

Beberapa Penyebab Anak Mengalami Speech Delay

  1. Adanya masalah pada pendengaran
  2. Kurang stimulasi permainan edukatif
  3. Angguan perkembangan
  4. Terlalu banyak nonton TV atau main handphone
  5. Kurang perhatian orangtua
  6. Kurang bersosialisasi dengan teman-teman sebaya.
  7. Sehari-hari menggunakan 2–3 bahasa.
  8. Pola asuh yang salah.

Cara Mengatasi Speech Delay

  1. Rajin mengajak Si Kecil ngobrol atau diskusi, misalnya mainan kesukaan atau film kartun favoritnya
  2. Belajar Bernyanyi Bersama, dimulai dengan lagu anak yang memiliki kata-kata yang sederhana
  3. Membacakan Buku Cerita atau Mendongengkan Anak, jangan lupa untuk mengulang kembali kata-kata yang menarik dan sederhana untuk kembali diucapkan oleh anak.

Anda butuh bantuan terapi apabila

Jika usia sudah melewati usia 2 tahun anak belum bisa bicara kata-kata yang sederhana misalnya memanggil “mama” atau “papah” dan ketika di panggil namanya tidak menjawab maka sebaiknya konsultasikan tumbuh kembang ke dokter spesialis Neurolog Anak dan psikolog. Psikolog mengobservasi kemampuan/keterampilan anak melalui beberapa permainan edukatif (seperti puzzle, susun balok, flash cards, dll).

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 24, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan belakang telinga

  • Oleh : Amirul Huda
  • 2 tahun, 12 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum dok saya mengalami benjolan di belakang telinga dok yang besar terkadang mengecil dan terkadang membesar dan terasa sakit cara menyembuhkannya bagai mana dok? Saat benjolan mengecil menjadi keras dok

  • Oleh : Amirul Huda
  • Nyeri dada Dan Tulang Belikat

  • Oleh : justinstoker2
  • 7 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok saat ini saya sedang hamil 10 minggu dan sering kali merasakan mual mual tanpa alasan. Mungkin ia pada awalnya mual ini terjadi hanya saat pagi hari saja, namun akhir akhir ini justru mual ini sering kali datang dan bahkan setiap kali sudah mengkonsumsi makanan pasti keluar lagi. Saya mau bertanya obat apa yang aman untuk mengatasi rasa mual ini ya dok?

    telat haid

  • Oleh : ursulakimmel80
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    kenapa ya saya telat haid 1 minggu, memang sih 5 bulan kebelakang haid saya sempat tidak teratur, suka mundur. tapi 3 bulan kebelakang sempat teratur dan sekarang tidak teratur lagi. udah di tespek juga cuma 1 garis, takut kenapa-napa 🙁

    Saya mau bertanya tantang kehamilan saya buk

  • Oleh : Suci Fikrinapuspita
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Asalamualikum buk saya mau bertanya saya kan hpht tanggal 25 september buk saya tp tanggal 5 oktober hasil nya positif buk sya sampai tes 2 kali trus tnggal 9 sya keluar darah slam 3 hari kyak hait dan saya tp masih 2 gris nya jarak nya 2 minggu setelah berdarh dan sya tp kmarin kok bisa gris satu buk dan sya sampai sekarng jga ngak ada keluar darah lagi bun tpi perut smakin besar tolong penjelasan nya buk terimakasih

  • Oleh : Suci Fikrinapuspita
  • Flek kehamilan di 4 weeks

  • Oleh : Shahnaz Riftahani
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu bidan, saya sedang hamil 4weeks dan diminggu yg sm hari kamis malam keluar seperti darah warna coklat agak banyak, jum’at siang keluar lagi tp sedikit. Sabtu pagi keluar lagi sedikit, minggu sore keluar lg sedikit seperti keputihan tp berwarna coklat. Apakah ini berbahaya?

  • Oleh : Shahnaz Riftahani
  • Tanya Bidan