Inilah Penyebab Mengapa Tangan Anak Sering Berkeringat

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Memperhatikan kondisi tubuh anak merupakan hal yang terpenting dari rangkaian perawatan kesehatan buah hati anda. Mulai dari memperhatikan masalah-masalah umum, seperti malas berbicara, malas belajar, hiperaktif, sulit makan, susah buang air besar, sering mengeluh sakit, terganggunya konsentrasi anak dalam belajar, autis hingga masalah yang sering kali di alami oleh anak seperti tangan yang berkeringat sekalipun harus selalu menjadi perhatian anda.

    Meski keringat yang keluar secara berlebih dari tubuh tidak selamanya tanda adanya masalah kesehatan, namun jika anda mendapati tangan si kecil mengalami kondisi yang serupa andapun harus waspadai kondisi tersebut. Karena telapak tangan sering berkeringat pada anak juga kemungkinan menjadi suatu pertanda gejala awal dari suatu penyakit. Lalu, apa penyebab telapak tangan sering berkeringat pada anak?

    Banyak orang yang berpendapat, bahwa tangan yang sering kali berkeringat merupakan pertanda adanya masalah kesehatan seperti jantung dan juga stres. Lantas, benarkan pernyataan tersebut? sebaiknya, anda cari dahulu informasi seputar penyebab telapak tangan sering berkeringat pada anak, sebelum anda mulai mencari solusi untuk mengatasi kondisi tersebut.  Jika berminat, anda dapat menyimak informasi peyebab mengapa tangan anak sering berkeringat disini, yang mana akan tim curhat bidan informasikan secara lengkap dan juga terpercaya.

    Inilah penyebab mengapa tangan anak sering berkeringat:

    1. Bagian dari proses metabolisme tubuh
    Keringat sering kali mucul pada telapak tangan anak terlebih saat mereka tidur. Para orang tuapun sering mengeluhkan dan menghawatirkan akan kondisi tersebut. Namun anda tak perlu khawatir, kondisi tersebut di latar belakangi karena adanya kelenjar keringat pada daerah-daerah tersebut. Dan patut anda ketahui, sebenarnya banyak keluar keringat adalah pertnda baik. Karena dengan demikian sistem kelenjar keringat bekerja secar sempurna.

    Keringat juga sering kali keluar pada saat tubuh anak memproses makanan yang di konsumsinya menjadi protein yang nantinya akan di gunakan sebagai penambah energi. Karena saat proses tersebut, tubuh memerlukan kalori yang sangat besar, sehingga terjadilah peningkatan suhu dalam tubuh yang kemudian di buang oleh keringat. Adanya proses ini juga menjadikan anak yang sedang terdiam sekalipun dapat menghasilkan keringat.

    2. Adanya suatu indiskasi penyakit
    Selain proses metabolisme tubuh, penyebab telapak kaki dan tangan anak sering kali berkeringat juga sering kali di indikasikan sebagai pertanda awal gejala penyakit serius seperti jantung. Akan tetapi pertanyaan itu, tidak sepenuhnya benar. Dan yang menjadi pertanyaan, seberapa banyak keringat yag keluar yang masih bisa di toleransi?

    Keringat yang keluar dianggap normal, jika mereka tidak terganggu dengan keringatnya sendiri. Dan jumlah keringat anak masih di katakan wajar apabila apabila perkembangan anak termasuk selera makan yang masih baik, pola tidur yang cukup serta pertumbuhan mental dan fisik anak masih baik. Akan tetapi, keringat berlebih pada anak pun sering kali harus di waspadai apabila di sertai dengan beberapa gejala seperti anak rewel, susah tidur,  serta nafsu makannya yang berkurang. Karena beberapa kondisi tersebut dapat menjadi indikasi adanya gangguan pada tubuh anak yang perlu mendapatkan perawatan khusus. Adapun beberapa gangguan kesehatan tersebut seperti:

    • Gizi yang kurang. Anak-anak dengan asupan gizi yang kurang dari asupan normal, umumnya sering kali mengeluarkan keringat secara berlebih. Hal ini di sebabkan akibat kurangnya asupan nutrisi yang sangat di perlukan oleh tubuh.
    • Alergi. Anak yang memiliki riwayat alergi juga umumnya sering kali memiliki jumlah secara berlebih. Hal tersebut di karenakan anak yang memiliki riwayat sangat hipersensitif dengan cuaca atau kondisi yang panas.
    • Hiperhidrosis. Adalah salah satu gejala awal terhadap kondisi khusus dalam tubuh. Yang pada umumnya kondisi tersebut sering kali memicu keringat secara berlebih. Pada umunya, hiperhidrosis sering kali si sebabkan oleh penyakit sistem endokrin seperti diabetes melitus, kanker serta kelainan pada kelenjar getah bening.

    Nah, sekarang anda telah mengatahui penyebab mengapa tangan anak sering berkeringat, sehingga memudahkan anda untuk mencari solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut. Jika kondisi tangan yang sering berkeringat pada anak di sebabkan adanya indikasi suatu penyakit, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan bidan atau dokter untuk menentukan pengobatan yang tepat, sehingga kondisi kesehatan anakpun tidak semakin memburuk.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - October 18, 2016
    Diskusi Dari:
    Rhiyad Suhpriatin

    Siang bu, saya mau tanya. Saya adalah seorang ibu menyusui, terkadang puting saya terasa sangat gatal serta timbul bercak putih pada puting payudara saya, apakah ini termasuk kanker atau bagaimana bu? bagaimana cara menanganinya?

    Dijawab Oleh : Rhiyad Suhpriatin
    Diskusi Dari:
    erin dianawati

    Halo Bu Bidan,
    Saya ingin bertanya, anak saya usia 8 bulan ketika tidur malam hari sering berkeringat padahal udaranya dingin. Apa ada masalah dengan anak saya saya ? Terimakasih sebelumnya

    Dijawab Oleh : erin dianawati
    Diskusi Dari:
    Rennym

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

    Dijawab Oleh : Rennym
    Diskusi Dari:
    Mbak aty

    Siang.. bu sya pernah terkena yeast cell kemudian dksh obat neo gynoxa. Dan skrng saya sedang hamil,, apakah saya perlu cek urin lengkap lagi tidak ya utk mengecek msh ada yeast cell atau tidak

    Dijawab Oleh : Mbak aty
    Diskusi Dari:
    katjawilfred9

    Apa evidence base dari persiapan persalinan??

    Dijawab Oleh : katjawilfred9