Kehamilan dengan Jenis Kelamin Perempuan Kini Bisa Direncanakan dengan Mudah

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Untuk merencanakan jenis kelamin pada saat program kehamilan harus dipertimbangkan dengan beberapa kondisi misalnya kapan terjadinya pembuahan, makanan yang dikonsumsi ibu saat persiapan kehamilan, kondisi fisik ibu, dan kehidupan seksual ibu.
    Jenis kelamin anak ditentukan oleh jenis sel spermatozoa yang berhasil membuahi sel telur. Jika sel spermatozoa yang mengandung kromosom X yang membuahi, maka akan lahir anak perempuan. Tetapi jika sel spermatozoa yang mengandung kromosom Y yang membuahi, maka anak laki-laki yang akan lahir.

    Di dalam sperma setiap pria normal terkandung sel spermatozoa Y dan X dengan perbandingan yang tidak sama. Ada pria yang sel spermatozoa X dengan frekuensi yang sangat banyak, tetapi sel spermatozoa Y sedikit. Tetapi ada pula yang sebaliknya.
    Kedua jenis sel spermatozoa itu mempunyai perbedaan biologis. Spermatozoa X mempunyai kepala lebih besar dan gerakannya lebih lambat dibandingkan sel spermatozoa Y. Sel spermatozoa X lebih tahan terhadap suasana yang bersifat asam, sedangkan sel spermatozoa Y lebih tahan terhadap suasana yang bersifat basa.

    Selain itu kondisi vagina sangat mempengaruhi dua tipe sperma. Wanita dengan kadar hormon estrogen yang lebih tinggi cenderung akan hamil anak perempuan. Sedangkan wanita dengan kadar testosteron dan progesteron yang tinggi, akan lebih mudah hamil anak laki-laki.

    Cara Mendapatkan Kehamilan dengan Jenis Kelamin Perempuan

    1. Ketahui masa subur Anda

    Poin pertama ini penting diketahui karena Anda dan pasangan harus melakukan hubungan seksual beberapa hari sebelum masa subur jika ingin memiliki bayi perempuan. Penyebabnya karena perbedaan kemampuan bertahan sperma untuk bayi laki-laki (kromosom Y) dan perempuan (kromosom X). Sperma yang mengandung kromosom X berenang lebih lambat namun mereka bisa bertahan hidup lebih lama. Sedangkan kromosom Y berenang cepat, tapi cepat mati. Dengan melakukan hubungan seksual 3-4 hari sebelum masa subur, sperma yang mengandung kromosom Y, tidak akan bertahan hidup lama dan akan mati setelah sel telur dilepaskan. Jadi saat masa subur berlangsung, kemungkinan untuk sperma kromosom X (perempuan) mencapai sel terus lebih besar.

    2. Kontrol tingkat keasaman vagina

    Sperma yang mengandung kromosom Y tidak mampu bertahan lama. Apabila berada dalam lingkungan yang asam, sperma tersebut akan mudah untuk mati. Hal ini pun membuat sperma kromosom X lebih bisa mencapai sel telur lebih dulu. Untuk itu para ibu cobalah engonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar asam vagina seperti daging sapi, ayam, keju, pasta, nasi, dan kacang-kacangan.

    3. Melakukan hubungan seksual dengan penetrasi dangkal

    Hal ini diharapkan agar sel kromosom X bisa mencapai sel telur. Dan cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan kondisi dimana sel kromosom X lebih dulu membuahi sel telur adalah dengan melakukan penetrasi dangkal. Jika hubungan seksual penetrasinya dalam akan memudahkan kromosom Y yang berenang cepat untuk menjangkau sel telur. Namun jika penetrasi dangkal kromosom X yang lebih kuat akan terus berenang dan lebih lama bertahan.

    4. Posisi berhubungan seksual yang tepat

    Posisi misionaris lebih disarankan untuk pasangan yang mengingikan kehamilan anak perempuan. Hal ini dikarenakan posisi ini bisa membatasi jangkauan sel kromosom Y agar tidak mudah mencapai sel telur.

    5. Hindari orgasme bagi wanita

    Hal ini dikarenakan ketika orgasme, tubuh wanita akan menjadi lebih basa. Dan sifat basa pada tubuh calon ibu ini bisa menyebabkan sel sperma kromosom Y mendapat keuntungan untuk bisa menjangkau sel telur. Padahal jika ingin anak perempuan, sel kromosom X yang lebih dibutuhkan. Orgasme saat berhubungan seksual pun dapat menyebabkan kontraksi yang membuat serviks terbuka lebar. Sebaiknya hindari orgasme atau paling tidak menahannya. Hal ini akan mempersempit serviks sebagai jalan masuknya kromosom Y atau kromosom laki-laki yang cepat namun lemah. Sehingga, meningkatkan kemungkinan lebih besar masuknya kromosom X atau kromosom perempuan untuk membuah sel telur.

    6. Sering berhubungan pada waktu yang tepat

    Seperti yang dijelaskan di atas, waktu terbaik untuk melakukan hubungan adalah dari 2 sampai 4 hari sebelum masa subur. Ada baiknya frekuensi berhubungan ditingkatkan pada waktu tersebut agar lebih banyak mendapatkan kesempatan hamil anak perempuan.

    7. Mandi air hangat

    Mandilah air hangat sebelum melakukan hubungan seksual.
    Hal ini dikarenakan sel kromosom Y tidak tahan dengan suhu hangat, sehingga mandi dengan air hangat sebelum berhubungan akan memperbesar potensi sel kromosom X lebih menang daripada sel kromosom Y. Dengan demikian, potensi hamil anak perempuan lebih besar.

    8. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur

    Buah dan sayuran memberikan manfaat yang baik juga bagi ibu yang ingin mengandung anak perempuan. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin C. Hal ini dikarenakan vitamin C lebih mudah menciptakan suasana asam bagi tubuh ibu sehingga sel kromosom X yang lebih tahan lama daripada sel kromosom Y.

    9. Hindari makanan yang mengandung alkaline

    Makanan yang mengandung alkaline perlu dihindari jika ingin mengandung anak perempuan. Hal ini dikarenakan sel kromosom X akan lebih mudah kalah dari sel kromosom Y, sehingga kemungkinan hamil anak perempuan bisa berkurang. Makanan yang banyak mengandung alkaline antara lain kurma, aprikot, pisang, dan kismis.

    10. Melakukan diet garam (hindari garam)

    Garam merupakan salah satu bahan makanan yang bisa memperkuat peluang mendapatkan anak laki-laki daripada perempuan. Maka dari itu, jika ingin mendapatkan anak perempuan, hindari makanan yang mengandung tinggi garam.

    12. Hindari makanan yang mengandung kalium

    Sama seperti garam, kalium yang berlebihan pada tubuh akan memperkuat potensi kelahiran anak laki-laki daripada perempuan. Maka dari itu, makanan yang banyak mengandung kalium perlu dihindari terlebih dahulu ketika melakukan program hamil anak perempuan. Makanan yang
    banyak mengandung kalium adalah kentang dan pisang.

    13. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium

    Makanan yang mengandung banyak magnesium dan kalsium merupakan makanan yang bisa memicu kelahiran anak perempuan. Jika sedang ingin hamil anak perempuan, maka makanan yang mengandung magnesium dan kalsium bisa diperbanyak. Makanan mengandung kalsium seperti ikan sarden, susu, sayuran hijau, dan juga kacang-kacangan.

    Menentukan Jenis Kelamin dengan Bantuan Perkembangan Teknologi

    Ada beberapa teknik pemisahan kedua jenis kromosom seks :

    a. Teknik swim up sperma dan perhitungan kadar albumin sperma dapat dilakukan untuk tingkat keberhasilan yang mencapai 70-80%. sperma akan diambil, lalu diletakkan dalam sebuah tabung yang berisi nutrisi untuk sperma, kemudian disentrifuse. Setelah disentrifuse akan terjadi pemisahan antara cairan semen, sperma yang abnormal dan mati, dan sperma normal yang sehat. Dari lapisan sperma yang normal, sperma laki-laki yang lebih cepat akan berenang ke arah permukaan lebih cepat dibandingkan dengan sperma perempuan. Jika menginginkan anak perempuan maka sperma sperma yang berenan lambat ke arah permukaan yang akan diambil untuk dibuahkan dengan sel telur nanti.

    b. Sementara untuk mencapai tingkat akurasi yang lebih tinggi (sampai mencapai 90%) teknik fluoresensi dapat dipakai untuk memisahkan kromosom X dengan kromosom Y. Prinsipnya, semen si Ayah yang dikeluarkan saat ejakulasi dipisahkan di luar untuk kemudian diinseminasi yang lebih dikenal dengan istilah reproduksi berbantu.

    c. Untuk tingkat akurasi mendekati kesempurnaan (mendekati 100%), teknik PGD (preimplantation genetics) dapat dipilih dengan membuat layaknya ‘bayi-bayi tabung’ sehingga kromosom X dan kromosom Y dapat dipisahkan dengan mudah untuk selanjutnya ditransfer sesuai jenis kelamin janin yang diinginkan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - July 19, 2018
    Diskusi Dari:
    ade

    Pagi Bu Bidan saya mau tanya bagaimana cara mengajarkan anak untuk bisa sopan pada orang lain ? baik itu pada orang tua, teman sebayanya atau pada anak yang lebih kecil darinya ?

    Dijawab Oleh : ade
    Diskusi Dari:
    Vita Ratnasari

    ibu bidan, anak saya laki-laki usia 5 tahun masih suka minum susu pake botol, juga masih suka ngompol di tempat tidur, bagaimana solusinya ya?

    Dijawab Oleh : Vita Ratnasari
    Diskusi Dari:
    Ocha Setiani

    Selamat sore bu bidan,
    Saya sedang mengandung dan usia kandungan saya menginjak trimester 2. Namun, saya masih sibuk bekerja disalah satu perusahaan. Apakah hal ini bisa mempengaruhi kehamilan saya? Lantas bagaimana cara saya menjaga kehamilan dan janin tetap sehat?

    Dijawab Oleh : Ocha Setiani
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    Yuli Ani

    Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

    Perlu Jawaban