×

Ketika Si Kecil Kecanduan Gedget

Bagikan Artikel :

Si Kecil Kecanduan Gedget

Gadget saat ini merupakan sebuah benda yang tidak bisa terpisahkan dari aktifitas sehari-hari termasuk anak balita. Tidak hanya itu saja, banyak anak yang sudah kecanduan untuk memakai gadget untuk keperluan berbagai hal. Memang pada dasarnya anak boleh diperkenalkan kepada gadget, tetapi tentu tidak berlebihan dan tidak terlalu jauh mengenalnya. Hal itu sangat tidak baik untuk perkembangan pemikiran anak kedepannya, karena jika sudah kecanduan akan sulit untuk terlepas.

Banyak hal memang yang bisa dipelajari untuk anak dari gadget, seperti hafalan doa-doa, lagu anak-anak, permainan yang moderen untuk anak, dan melatih anak supaya mengenal teknologi baru. Tetapi, perlu orang tua ketahui bahwa dalam gadget tersebut terdapat hal-hal yang negatif yang tentunya tidak baik jika anak terlalu lama dibiarkan bermain gadget. Terlebih jika dia sudah kecanduan, maka akan semakin sulit untuk diatasi karena gadget sudah merupakan teman baginya.

Jika anda memiliki anak yang sudah mengalami kecanduan gadget, maka jangan hanya tinggal diam, melainkan carilah cara atau panduan untuk menghilangkannya. Sebab itu sangat tidak baik untuk kemajuan cara berpikir anak.

Dampak Anak Kecanduan Gedget

1. Gangguan Tidur

Kualitas tidur balita bisa berkurang jika sebelum waktunya tidur ia main gadget. Penyebabnya, cahaya yang dipancarkan layar gadget berpotensi membuat mata anak sulit terpejam. Sebaiknya jadwalkan waktu bermain si kecil jauh sebelum jam tidur.

2. Terlambat Bicara

Menurut penelitian American Academy of Pediatrics, sangat disarankan agar anak berusia di bawah 2 tahun tidak dikenalkan pada gadget. Terlalu asyik bermain bisa bikin balita malas berberkomunikasi dengan lingkungan sekitar, dan bisa jadi penyebab keterlambatan berbicara.

3. Bahaya Radiasi

Studi Universitas Leeds di Nottingham dan Universitas Manchester and Institute of Cancer Research di London, Inggris menyatakan penggunaan gadget pada balita harus dibatasi. Karena syaraf yang masih berkembang dikhawatirkan akan lebih mudah terserang radiasi yang terpapar dari gadget.

4. Ketagihan

Warna yang menarik, suara yang menggemaskan, gambar bergerak yang lucu, Balita mana yang tidak mau bermain dengan alat yang menjanjikan hiburan super seru? Masuk akal kalau gadget membuat balita ketagihan. Akibatnya balita hanya fokus pada gadget, dan tidak mau berinteraksi dengan sekelilingnya.

Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget

1. Berikan batasan waktu kepada anak

Anda bisa memberikan batasan waktu kepada anak anda untuk bermain gadget. Anda dalam hal ini harus tegas dan jangan membiarkan anak anda terlalu asik bermain gadget. Apabila anda membiarkan anak anda, maka yang ada akan semakin kecanduan, terlebih lagi jika gadget yang anda berikan mendukung banyak game-game dan fitur-fitur lain yang mumpuni. Maka anak anda akan sulit untuk terlepas dari gadget tersebut.

2. Berikanlah mainan alternatif

Berikanlah mainan alternatif seperti boneka atau mobil-mobilan. Pada dasarnya cara ini kurang efektif, tetapi setidaknya anak anda masih memiliki beberapa pilihan mainan yang bisa untuk dimainkan. Selain itu, jika anda memang melihat banyak kawan di luar rumah, biarkanlah dia bermain dengan mereka asalkan tidak berbahaya.

3. Luangkan waktu anda untuk anak

Apabila anda menginginkan si anak tidak kecanduan gadget maka ada baiknya anda meluangkan waktu untuk bermain bersama anak. Perlu anda ketahui salah satu alasan mereka memilih bermain gadget karena merasa kesepian dan kurang perhatian dari orang tuanya. Oleh karena itulah, jangan sibuk bekerja melulu tetapi luangkan waktu untuk si kecil.

4. Biarkan anak anda bermain di luar

Pada umumnya orang tua tidak menginginkan si kecil bermain di luar rumah. Memang mereka memiliki tujuan baik yakni ingin melindungi anak dari berbagai hal yang buruk yang akan menimpanya. Seperti misalnya ajakan dari teman-temannya yang kurang baik, bicara yang kurang baik, takut bajunya kotor dan masih banyak yang lain. Namun ada baiknya anda memberi kesempatan walau hanya sedikit untuk bermain di luar rumah supaya tidak kesepian dan pastinya bisa sejenak terlupa dengan gadget.

5. Batasi pengunaan jaringan internet di rumah

Pada dasarnya bukan hal yang baru lagi jika para orang tua memasang koneksi internet di rumahnya yang membuat mereka akan mudah dalam mengakses internet. Namun perlu anda ketahui bahwa hal itu juga yang dapat menyebabkan anak anda kecanduan gadget. Sambungan internet yang mudah mereka dapatkan akan mendukung aksi mereka untuk semakin mencintai kehidupan dunia maya. Maka tak heran jika anak anda akan indifidualis mengurung diri di kamar bermain internet. Maka dari itulah anda patut untuk membatasi penggunaan jaringan internet di luar kebutuhan anda.

6. Sibukan waktu kegiatan anak

Semakin banyak waktu yang dimiliki oleh anak maka akan semakin banyak peluang untuk merasa bosan. Ketika sudah bosan maka anak akan cenderung memilih untuk bermain gadget. Dari situlah anak akan merasa kecanduan dan sulit untuk lepas. Maka tidak ada salahnya anda memberi kesibukan yang bermanfaat untuk anak anda seperti: les bernyanyi, les piano, les bahasa inggris dan lain sebagainya.

7. Diskusikan pada anak-anak anda

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan kecanduan gadget adalah mendiskusikan kepada anak-anak anda. Jelaskan pada anak anda mengapa anda membatasi penggunaan gadget, katakan padanya bahwa hal itu dilakukan semata-mata untuk kebaikan mereka. Selain itu, berikanlah pemahaman yang logis kepada mereka jika sudah kecanduan dengan gadget maka akan banyak dampak yang ditimbulkan, seperti: insomia, indifidual yang nantinya akan menyulitkan kehidupannya dimasa yang akan datang.

8. Ajaklah anak untuk bermain mengenali alam semesta

Ketika anda sudah tidak ada pekerjaan di kantornya maka tidak ada salahnya untuk mengajak anak-anak anda untuk jalan-jalan di waktu sore hari. Tentu dengan menikmati pemandangan yang indah disekitar rumah atau dimana saja yang dirasa indah ketika sore tiba. Dengan begitu mereka akan sejenak lupa dengan gadgetnya, karena asik menikmati pemandangan alam yang sangat menyenangkan.

9. Berikanlah spirit atau reword kepada anak anda

Berikanlah motifasi kepada si anak ketika bisa berhasil untuk mengurangi jumlah frekuensi bermain gadgetnya. Berikanlah hadiah secara bertahap, sehingga anak anda akan memiliki keinginan kuat untuk tidak terlalu intens bermain gadget.

10. Ajaklah anak anda untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya

Related Posts :

    Bisa jadi anak bermain gadget karena tidak ada aktifitas bermain dengan teman yang menyenangkan dengan teman sebayanya. Maka dari itulah orang tua perlu mengajak anak untuk bermain kepada teman sebayanya, anda bisa mengundang teman-temannya untuk ke rumah atau bisa mengajaknya untuk berkunjung ke rumah sahabatnya di sekolah. Dengan banyak teman maka dia akan memiliki kesibukan baru dan bisa lupa dengan gadgetnya

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 23, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan

  • Oleh : Husnia Waroh
  • 1 tahun yang lalu

    Sering banget kepitihan setiap hari seperti bubur putih tapi ada encer tapi keluar juga sedikit

  • Oleh : Husnia Waroh
  • Benjolan pada vagina

  • Oleh : Zahra Zulfatma
  • 2 tahun yang lalu

    Assalamualaikum perkenalkan saya zahra, saya ingin curhat divagina saya ada benjolan dan rasanya itu nyeri kalo di pegang , awalnya sih kecil tapi tmbah hari semakin agak membesar .. itu saya kenapa ya? Solusi untuk mengatasinya gimana ya ??

  • Oleh : Zahra Zulfatma
  • Puting susu pria

  • Oleh : Terima Harapan Zai
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat sore ibu bidan?
    Saya Terima harapan zai dari pulau Nias.
    Izin, langsung saja, saya berusia 18 tahun dan saya mempunyai suatu kelainan di bagian payudara saya di mana payudara saya membesar dan puting susu saya menonjol kedepan seperti layaknya puting susu remaja putri.
    Jadi saya ingin bertanya bu, apakah penyebab dari pada penyakit tersebut?
    Apakah ada kemungkinan untuk bisa di sembuhkan? Hal apa saja yang perlu saya lakukan untuk mengatasinya?

    Demikian bu…

    siklus haid

  • Oleh : liya
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    bu bidan, yang ingin aku tanyakan adalah ketika pms sudah datang namun haid tidak kunjung tiba, apakah itu tidak apa2 ? semenjak menikah, siklus haid saya jadi kacau padahal sebelum menikah siklus haid saya 30 hari

    Haid yang sebentar

  • Oleh : Eka putri Komalasari
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat sore bidan ,
    Saya ingin bertanya ,saya mengalami flek menstruasi di tgl 22 jan 2020 pada mlm hari .
    Dan keluar darah mens seperti biasa nya tp pd saat besok hari nya di tgl 23 pagi nya darah nya berhenti , dan sore hari nya darah mens sedikit .
    Apakah itu normal bu bidan ?
    Terimakasih.

    Tanya Bidan