×

Lakukan Ini Jika Si Kecil Tersengat Lebah

Bagikan Artikel :

Lakukan Ini Jika Si Kecil Tersengat Lebah

Si kecil memang belum mengetahui beberapa hewan yang membahayakan dirinya. Bisa saja saat bermain di taman ia mendekati lebah lalu terkena sengatan lebah. Anda tidak perlu panik saat buah hati mengalami hal ini. yuk simak cara mengatasinya!

Pertolongan Pertama

Sengatan lebah biasanya masih tertinggal di kulit, jadi segeralah buang sengat tersebut. Sengat lebah terlihat sebagai titik hitam di tengah ruam merah. Semakin lama sengat tersebut tertinggal di dalam kulit, semakin banyak pula racun yang akan masuk ke dalam tubuh.

Setelah Anda pastikan sengat lebah tidak tertinggal di kulit Si Kecil, cuci area tersebut dengan air mengalir dan sabun. Bagian tubuh yang tersengat lebah umumnya akan menjadi bengkak, merah, dan gatal. Kompres area tersebut dengan es batu atau ice pack selama kurang lebih 15 menit hingga bengkak berkurang.

Rasa nyeri dan gatal akibat sengatan umumnya akan hilang setelah beberapa jam, namun pembengkakan akan tetap ada hingga beberapa hari ke depan. Anda dapat memberikan sirop parasetamol untuk membantu mengurangi nyeri dan sirop antihistamin untuk mengurangi gatal dan pembengkakan.

Kapan Harus Dibawa ke Dokter?

Anda harus membawa Si Kecil ke dokter jika pembengkakan di tempat sengatan tidak menghilang setelah lebih dari dua hari, atau jika bengkak meluas.

Mendapat sengatan di beberapa tempat juga menjadi alasan untuk mengunjungi dokter, meskipun Si Kecil tidak memiliki riwayat alergi sengatan lebah sebelumnya. Semakin banyak sengatan, semakin banyak pula racun yang masuk. Racun lebah dapat menyebabkan gejala mual, muntah, diare, sakit kepala, hingga demam.

Waspada Jika Si Kecil Mengalami Reaksi Anafilaksis

Pada sebagian besar orang, sengatan lebah umumnya tidak berbahaya. Namun pada sebagian kecil orang, dapat terjadi reaksi yang jarang terjadi, yaitu anafilaksis.

Reaksi anafilaksis dapat menyebabkan syok yang berakibat fatal. Anda harus waspada jika setelah sengatan lebah timbul kemerahan yang menyeluruh pada tubuh Si Kecil – tidak hanya pada tempat sengatan. Si Kecil dapat menjadi sesak napas, bengkak pada mata, bibir, lidah, atau wajah. Lama-kelamaan reaksi ini bisa menyebabkan kelemahan sampai kehilangan kesadaran.

Related Posts :

    Jika hal tersebut terjadi, Anda harus sesegera mungkin membawa Si Kecil ke unit gawat darurat rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

    Menghindari Sengatan Lebah

    1. Hindari memandikan Si Kecil dengan sabun atau sampo berbau wangi yang menyengat, karena bau tersebut akan menarik lebah.
    2. Gunakan baju dengan warna-warna lembut yang tidak mencolok. Hindari memakai baju dengan warna yang gelap, terang, mencolok, atau bergambar bunga.
    3. Gunakan sepatu yang tertutup.
    4. Berhati-hatilah jika Si Kecil akan bermain di area yang penuh dengan bunga.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 20, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Masalah gigi bayi

  • Oleh : Reny Anggra
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak mau tumbuh tapu tidak beraturan ..dok saya khawatir kalau gigi anak saya tumbuh tidak rata..kira2 apa penyebab dan penanganan apa supaya anak syya giginya tumbub dengan rapih

    Mentrulasi

  • Oleh : Fidella Annaumi
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Halo dok mau tanya, usia saya 18 tahun yang sedang sibuk cari kuiah dok, haid saya sellu lancar meski agak panjang sekitar 10 harian, tapi mulai bulan lalu saya haid berwarna hitam dari awal haid sampai akhir dok, dan setelah 11 hari saya haid lagi dengam keadaan yang sama dok haid berwarna hitam, tidak menggumpal, dan hanya sedikit sekali dok seperti flek saja dan berlangsung 13 hari dok, lalu setelah 6 hari flek lagi dok sekarang sudah memasuki 2 hari dari awal flek terakhir dok, apakah ini penyakit?

    Haid

  • Oleh : Gessy Anggraini
  • 3 tahun yang lalu

    Dok.. gimana ya agar cepat haid.? Saya sudah telat dok.. padahal saya gak pernah berhubungan dengan siapa siapa, dan kemarin saya iseng² testpack hasil nya juga negatif dok.. gimana ya dok.. saya sedih takut ada apa apa dok

  • Oleh : Gessy Anggraini
  • Benjola di vagina

  • Oleh : Rona dwi Arifaa
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya mau nanya saya ada benjolan didekat bibir vagina saya,rasanya nyeri saat jalan dan saat duduk. Sudah 6 hari saya belom meriksaa dan benjolan semakin membesar. Bagaimana cara mengatasinya dan apa nama penyakit dan penyebabnya. Tolong dijawab

    Payudara nyeri sebelah kiri

  • Oleh : firda apriani
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Saya seorang ibu menyusui,tapi beberapa hari terakhir payudara sebelah kiri nyeri sekali beda rasa nyerinya dr biasanya.saya ingin periksa payudara melalui SADARI tp tidak mengerti.mohon bantuannya bu

    Tanya Bidan