×

Manfaat Tidur Siang Bagi Si Kecil

Bagikan Artikel :

Manfaat Tidur Siang Bagi Si Kecil

Tidur siang adalah salah satu penunjang kesehatan baik untuk orang dewasa, lansia juga anak-anak. Namun, dalam tahun-tahun pertama kehidupan anak, terjadi perubahan besar dalam jumlah dan distribusi tidur anak. Antara usia 0-5 tahun, terjadi pengurangan frekuensi tidur siang yang bermakna. Berkurangnya jam tidur siang anak memiliki beberapa penyebab. Salah satunya, anak prasekolah cenderung menolak diajak tidur siang karena dianggap mengganggunya bermain. Padahal tidur siang sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat salah satunya simak di bawah ini ya !

Manfaat Tidur Siang untuk Anak

  1. Mengembalikan Energi Anak untuk Bermain dan Belajar
    Tidur merupakan waktu dimana sel-sel tubuh membentuk kembali energi yang habis terpakai, serta perbaikan atas sel-sel yang rusak.
    Oleh sebab itu, manfaat anak tidur siang berkaitan dengan pengembalian staminanya untuk kembali bermain dan belajar di sore maupun malam hari.
  2. Tumbuh Kembang Anak Lebih Optimal
    Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, anak yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan yang lebih optimal, dibandingkan anak yang jarang atau sama sekali tidak tidur siang. Diperkirakan hormon pertumbuhan memiliki peran dalam didapatkannya hasil penelitian ini.
    Namun, bukan berarti anak yang hanya tidur malam akan mengalami pertumbuhan yang buruk. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat tidur siang bagi anak dalam aspek tumbuh kembang.
  3. Memperbaiki Suasana Hati Anak
    Menurut beberapa penelitian, anak yang sudah tidur siang cenderung memiliki suasana hati yang menyenangkan dibandingkan anak yang belum tidur siang.
    Temuan studi juga menyebutkan bahwa ada kaitan antara tidur dan emosi. Tidur yang kurang berkaitan dengan kesehatan mental yang buruk. Dengan begitu, tidur siang mampu menjadi sarana untuk regulasi emosi yang lebih baik.
    Studi pada anak memberikan hasil bahwa anak-anak yang menjalani tidur siang memiliki respons yang lebih tepat dan matur terhadap berbagai rangsangan emosi.
    Tantrum dan berbagai respons negatif lebih ditemukan pada anak yang kekurangan jam tidur malam hari dan tidak menggantinya dengan tidur siang.
  4. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Anak
    Dalam sebuah penelitian, anak usia sekolah yang rutin tidur siang akan lebih fokus untuk belajar dibandingkan anak yang tidak tidur siang. Selain itu, mereka juga akan lebih baik dalam mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah di malam hari.
    Studi mengindikasikan bahwa tidur siang bisa mempertajam otak, dengan kata lain meningkatkan konsentrasi seseorang. Dengan begitu, hal ini akan menimbulkan performa yang lebih baik dalam berbagai tugas.
  5. Meningkatkan Daya Ingat Anak
    Menurut penelitian yang dilakukan University of Massachusetts Amherst, manfaat tidur siang bagi anak yaitu dapat meningkatkan daya ingat. Efeknya, proses belajar anak pada anak usia sekolah menjadi lebih optimal.
    Sebuah studi menyebutkan bahwa fungsi utama tidur siang bagi anak prasekolah adalah konsolidasi memori. Dalam sebuah ‘permainan memori’, sejumlah anak prasekolah dilatih untuk mengerjakan tugas memori visuospasial pada pagi harinya.
    Kemudian, dicatat anak-anak yang menjalani tidur siang serta yang tidak. Dalam 5 jam pasca selesai tidur siang, peneliti kemudian mempertanyakan kembali ‘tugas’ yang telah dilakukan.
    Peneliti juga mengambil data pada 24 jam setelahnya. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa anak-anak yang tidur siang memiliki memori tugas yang lebih baik. Untuk itu, tidur siang tampaknya sangat berperan dalam konsolidasi memori anak prasekolah.
  6. Mencegah Obesitas
    Beberapa penelitian menjelaskan bahwa anak yang tidak tidur siang memiliki risiko lebih tinggi terkena obesitas dibandingkan anak yang rutin tidur siang.
  7. Menambah Kemampuan Bahasa
    Belajar bahasa adalah salah satu tugas perkembangan utama yang dijalani oleh anak prasekolah. Nah, manfaat tidur siang bagi anak juga dikaitkan dengan peningkatan perbendaharaan kata.
    Studi menemukan kaitan antara vocabulary dan perkembangan bahasa dengan pola tidur anak-anak (dengan kekhususan pada tidur siang). Diketahui bahwa tidur siang memiliki peranan yang sama dengan tidur malam dalam kaitannya dengan perkembangan bahasa.
  8. Tidur Malam yang Lebih Nyenyak
    Bila diukur-ukur secara logika, mungkin saja anak-anak yang sudah tidur siang akan kesulitan untuk tidur malam. Namun faktanya, terdapat bukti bahwa anak yang tidur siang akan lebih mudah beristirahat pada malam hari.
    Anak-anak yang tidur siang dikatakan memiliki mood yang lebih baik di malam hari, sehingga lebih mudah untuk ditenangkan dan diajak beristirahat di malam hari.

Durasi Tidur Siang yang Dibutuhkan Anak

Durasi tidur siang yang dibutuhkan anak pada dasarnya berbeda-beda, sesuai dengan usianya. Semakin dini usianya maka kebutuhan tidur siangnya akan lebih banyak dibandingkan anak yang sudah besar.

Pada anak usia 1-5 tahun, durasi tidur siang bisa dilakukan 1-3 jam. Sementara itu, pada anak di atas usia 5 tahun, durasi tidur siang bisa dilakukan 30 menit hingga 2 jam.

Related Posts :

    Selain itu, perhatikan juga lama tidur siang mereka. Sebaiknya, si Kecil tidak tidur siang terlalu sore. Usahakan dalam 2 jam pasca makan siang, anak sudah diajak tidur siang. Dengan begitu, waktu tidur malamnya pun tidak akan mundur atau jadi sulit tidur di malam hari.

    Tips Agar Anak Mau Diajak Tidur Siang

    1. Memperbanyak aktivitas di pagi hari. Aktivitas anak yang padat di pagi hari akan membuat energi anak menjadi berkurang dan mudah lelah. Dia pun lebih mudah untuk diajak tidur siang.
    2. Membuat suasana tidur yang nyaman. Ruang tidur yang nyaman, tenang, dan sejuk merupakan salah satu faktor pendukung anak mau untuk diajak tidur siang tanpa paksaan.
    3. Buat waktu tidur yang sama setiap hari sehingga pada waktu ini si Kecil akan terbiasa untuk tidur dan mudah mengantuk di waktu tersebut.
    4. Beberapa saat sebelum datangnya tidur siang, kurangi aktivitas si Kecil. Pilihlah aktivitas yang lebih tenang dan tidak melibatkan banyak pergerakan tubuh. Hal ini diperlukan untuk mengondisikan suasana menuju momen tidur.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 23, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    vagina

  • Oleh : bintang kafah
  • 1 tahun yang lalu

    assalamualaikum. saya mau nanya. sudah 3 hari ini ada benjolan sedang dan keras, letakny di area vagina tapi agak mendekati selangkangan. itu penyakit apa ya? apakah kista juga?

  • Oleh : bintang kafah
  • Sakit punggung saat hamil apakah normal?

  • Oleh : Gek Anik
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya Widiyono ingin bertanya apakah sakit punggung saat hamil itu normal? Atau jangan-jangan ada masalah lain yang terjadi pada istri saya? Mohon dijawab ya bu, saya tunggu. Terima kasih sebelumnya

    Telat Menstrulasi

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat siang dok…
    Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

  • Oleh : Pipit Winartii
  • Benjolan di payudara

  • Oleh : Nabilagilsa Nabilagilsa
  • 1 tahun yang lalu

    Hai dok… Mau nanya nih knapa di payudara sebelah kiri saya ada benjolan ya tapi gak sakit padahal saya masih umur 18 tahun
    Mohon di jawab ya dok trimakasih.

  • Oleh : Nabilagilsa Nabilagilsa
  • Jahitan lepas

  • Oleh : Nur Syamsiah
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok, mau tanya.. Say habis melahirkan kira” udah 4bln, tpi dalam waktu 4 bulan itu setiap BAB terasa sakit dibagian antara anus dan vagina, itu ada masalah ap ya dok, sampe skrg masih sakit soal.y..
    Trmakash

    Tanya Bidan