×

Ramuan Obat Batuk Tradisional Untuk Anak

Bagikan Artikel :

Ramuan Obat Batuk Tradisional Untuk Anak

Sebenarnya obat batuk yang dijual bebas tidak disarankan untuk anak usia di bawah enam tahun. Meskipun begitu, banyak dokter dan bidan yang memberikan resep obat pada pasien di bawah 6 tahun. Obat batuk dan pilek yang dijual di bisa menyebabkan efek samping serius pada bayi dan anak.

Related Posts :

    Badan Pangan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) menyarankan obat-obatan tersebut tidak digunakan pada anak yang masih kecil karena resikonya melebihi manfaatnya. Untuk alternative lain bunda bisa meemberikan ramuan obat batuk alami yang jauh lebih aman.

    Ramuan Obat Batuk Alami untuk Anak

    1. Air Garam
      Air garam cukup sering digunakan sebagai obat batuk alami untuk anak di Indonesia. Aduk rata satu sendok teh garam dengan satu gelas air hangat, lalu minta anak berkumur di bagian belakang tenggorokan selama beberapa saat sebelum membuangnya. Sebaiknya air garam tidak diberikan pada anak yang belum bisa berkumur, karena menurut studi yang diterbitkan di Medical News Today, menelannya justru akan berbahaya.
    2. Belimbing Wuluh
      Jika buahnya biasa digunakan untuk memberi rasa asam pada masakan, bunga belimbing wuluh justru diyakini bisa menjadi obat batuk alami dan sariawan. Rendam bunga belimbing wuluh dalam air mendidih, lalu diminum secara berkala. Ini ampuh dalam mengobati batuk dan sebagai obat batuk alami untuk anak. Sudah bukan rahasia lagi bila belimbing wuluh banyak dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan sejumlah penyakit. Ternyata, penemuan menarik dari penelitian yang berjudul Star fruit From traditional uses to pharmacological activities, selain untuk meredakan batuk sebagai obat alami untuk anak, belimbing juga digunakan untuk mengatasi keracunan makanan, malaria, sakit kepala kronis dan daunnya berfungsi untuk mengobati bisul pada kulit
    3. Daun Saga
      Daun saga banyak dipercaya sebagai obat batuk alami untuk anak. Ekspektoran ini dapat membantu mengeluarkan dahak dan melegakan tenggorokan. Caranya, ambil satu genggam daun saga, cuci bersih, lalu rendam dalam air panas. Setelah airnya menghangat, peras daunnya hingga mengeluarkan cairan hijau pekat. Minumlah sehari sekali sampai batuk reda.
    4. Jahe
      Mungkin Moms telah menggunakan ramuan herbal satu ini untuk mengobati batuk pada anak. Jahe adalah obat batuk alami untuk anak yang terbukti ampuh meredakan batuk dan melegakan pernapasan. Senyawa anti inflamasi dalam jahe bisa merilekskan membran di saluran pernapasan, sehingga mengurangi batuk kering atau batuk asma. Bunda bisa merendam 20-40 gram irisan jahe ke dalam segelas air panas dan membiarkannya selama beberapa menit sebelum diminum. Biasanya ini disebut juga sebagai air rebusan jahe.
    5. Kencur
      Menurut International Journal of Research in Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, kencur bubuk dicampur dengan madu adalah ekspektoran obat alami yang digunakan untuk mengatasi batuk pada anak. Bunda bisa membuat sari kencur dengan memarut kencur lalu mencampurkannya dengan air atau merebus kencur parut dengan air. Jangan lupa disaring terlebih dahulu ya, bunda sebelum meminumnya. Agar anak lebih mudah untuk mencernanya.
    6. Kunyit
      Kunyit mengandung curcumin, senyawa yang memiliki sifat anti inflamasi, antivirus, dan antibakteri. Kunyit sebagai obat batuk alami untuk anak untuk meredakan gejala batuk kering. Bunda bisa membuatnya menjadi golden milk alias susu kunyit yang sedang tren. Bisa juga dibuat menjadi minuman yang dicampur madu, garam, atau lada hitam untuk memperkaya khasiatnya.
    7. Madu
      Menurut penelitian JAMA Pediatrics, , madu lebih ampuh meredakan batuk dibanding obat batuk umumnya. Campurkan dua sendok teh madu dengan air hangat dan minum 1-2 kali sehari untuk mengencerkan dahak dan mengatasi batuk. Untuk menambah variasi, madu juga bisa dicampurkan dengan ramuan obat batuk alami lainnya agar rasanya lebih enak dan menambah khasiatnya. Madu hanya boleh diberikan untuk anak di atas satu tahun, ya, karena dapat menyebabkan botulisme pada bayi. Botulisme adalah kondisi serius di mana seorang anak mengalami kejang, otot kaku akibat bakteri pada senyawa tertentu, menurut penjelasan Centers for Disease Control and Preventions. Untuk anak usia enam bulan sampai satu tahun, ramuan obat batuk alami untuk anak, kecuali madu, bisa diberikan dalam dosis 1-3 sendok teh (5-15 ml) sebanyak empat kali sehari sampai batuk sembuh.
    8. Akar Marshmallow
      Mungkin ini terdengar asing jika di Indonesia. Namun kebanyakan di berbagai negara menggunakan akar marshmallow sebagai obat batuk alami untuk anak. Akar marshmallow adalah ramuan yang memiliki sejarah panjang yang digunakan sebagai pengobatan untuk batuk dan sakit tenggorokan secara alami. Ramuan tersebut dapat meredakan iritasi akibat batuk karena kandungan lendirnya yang tinggi Ini dapat dikonsumsi seperti sedang menyeduh teh panas. Tambahkan air panas ke secangkir gelas lalu minum apabila telah hangat. Semakin lama akar marshmallow menyerap ke air, maka lendir pada tumbuhan ini akan semakin terlihat. Lendir tersebut yang bekerja mengatasi batuk pada anak. Moms bisa menemukan akar tumbuhan ini di supermarket atau online
    9. Makanan Probiotik
      Jika Moms ingin membuatkan sup hangat untuk anak sebagai obat batuk alami, ini adalah pilihan menarik.
      Sup mengandung probiotik yang dapat meredakan batuk dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang unggul dapat membantu melawan infeksi atau alergi yang mungkin menyebabkan batuk. Salah satu sup yang mengandung probiotik tinggi adalah miso sup. Rasa hangat dan gurih ini mungkin juga bisa menambah napsu makan anak ketika sakit. Selain miso sup, makanan probiotik lainnya sebagai obat batuk alami untuk anak adalah yogurt murni, kimchi dan kol parut.
    10. Minyak Esensial
      Saat batuk atau flu, biasanya anak rewel dan kesulitan untuk tidur. Rasa gatal di tenggorokan dan tidak nyaman ini membuat para orang tua merasa kasihan dengan Si Kecil. Selain untuk mengatasi batuk pada anak, memakai minyak esensial di ruangan ternyata dapat melegakan pernapasan. Produk-produk herbal ini semakin populer dan beberapa di antaranya mungkin efektif meredakan batuk atau nyeri otot saat dioleskan pada kulit atau diuapkan ke udara. Namun perlu tahu jenis minyak esensial yang cocok untuk anak dalam mengatasi batuk dan sebagai obat batuk alami. Bahan obat batuk alami untuk anak di atas bisa disajikan sebagai minuman hangat. Bunda juga bisa mencampurkannya ke dalam masakan berkuah hangat atau minuman hangat lainnya. Sebab, saat batuk, anak perlu meminum banyak cairan untuk mengencerkan dahak agar lebih mudah keluar saat batuk. Bunda juga bisa menambahkan jeruk nipis atau lemon. Selain untuk membuat rasanya lebih enak, buah citrus juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan.

    Itulah Bunda beberapa resep obat tradisioanl yang bisa Bunda buatkan untuk si Kecil. Obat ini pun bisa digunakan untuk anak usia di atas 6 tahun ya Bun. Namun, jika batuk tak kunjung sembuh bahkan disertai gejala seperti demam tinggi atau kesulitan bernapas, segera konsultasikan ke dokter.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 30, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ketinggalan memberikan imunisasi anak

  • Oleh : Aryanto Id
  • 5 tahun, 5 bulan yang lalu

    assalamu’alaikum
    bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

  • Oleh : Aryanto Id
  • Puting kecil

  • Oleh : Jilly lamia Jil
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang Bidan , Saya Mengalami hal Pada Puting saya , Padahal Saya Sudah 16thun ,Tapi Puting Saya Masi Kecil , Tidak seperti Puting yang lain sudah membesar ,apakah solusi Dari pada ini ? apakah Ada Cara Untuk Membesarkan puting payudara

  • Oleh : Jilly lamia Jil
  • Masalah gigi bayi

  • Oleh : Reny Anggra
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak mau tumbuh tapu tidak beraturan ..dok saya khawatir kalau gigi anak saya tumbuh tidak rata..kira2 apa penyebab dan penanganan apa supaya anak syya giginya tumbub dengan rapih

    Benjolan di vagina

  • Oleh : nadila ariska
  • 12 bulan yang lalu

    selamat malam ,saya perempuan umur 19 tahun belum menikah, di dalam lubang vagina saya terdapat benjolan yang menutupi lubang tersebut. Benjolannya tidak keras dan tidak juga lunak. Untuk siklus haid saya sangat teratur.saya baru menyadari adanya benjolan tersebut saat buang air kecil,dan disaat tumbuhnya pun saya tidak merasakan apa-apa,tidak ada gatal juga. Sudah hampir 2bulan saya mempunyai benjolan ini,dan tidak kunjung mengecil ataupun menghilang. Saya tidak pernah berhubungan badan,tetapi saya pernah mainin lubang saya dengan cara menusuk-nusuk nya dengan jari.Dan disaat itulah timbul rasa yang sangat nyeri .Untuk penyakit ini apakah berbahaya Bu? dan apakah bisa sembuh ?. Itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf,terima kasih sebelumnya Bu.

  • Oleh : nadila ariska
  • Mata Putih Bagian Tengah

  • Oleh : emilia
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok saya may tanya, kan saya punya ade yang masih berusia 2 bulan. Awalnya adik saya lahir dengan normal dan juga mata yang normal. Tapi setelah usia adik saya menginjak 1 bulan, tiba tiba saya perhatikan ada warna putih pada bagian mata bagian tengah yang biasanya hitam, itu kira kira kenapa ya dok? jenis penyakit apa kira kira?

    Tanya Bidan