×

Usia Berapa Anak Boleh Di Ajak Ke Playground?

Bagikan Artikel :

Usia Berapa Anak Boleh Di Ajak Ke Playground?
Small group of children having good time at jungle gym and talking.

Salah satu hal yang mendukung tumbuh kembang anak adalah dengan sebuah permainan yang sesuai dengan usianya. Permainan anak ini bisa kita dapatkan di playground. Memang playground adalah tempat umum yang tentu akan banyak anak yang bermain. Anak akan menemukan banyak teman mulai dari usia 1 tahun hingga 10 tahun.

Sebagian orang tua mungkin masih belum yakin untuk membawa anaknya ke playground terkait usianya yang dirasa belum cukup. Sebenarnya, di usia berapa sih anak sudah bisa diajak main di playground?

Di usia berapa anak sudah bisa main di playgorund sebenarnya tergantung pada fasilitas yang tersedia di playgorund tersebut. Ada beberapa playground yang menyediakan fasilitas bermain anak yang cocok untuk usia di bawah satu tahun, bahkan usia enam bulan.

Apakah Aman Usia 6 Bulan di Ajak Ke Playground?

Anak usia enam bulan sebetulnya sudah ada yang bisa diajak main ke playground karena bisa tengkurap dan bisa merespons. Kebanyakan orang tua mungkin lebih concern karena playground adalah public space. Tapi jika di playground ada ruangan khusus bayi, dari 6-7 bulan tidak masalah diajak ke playground. Hitung-hitung mengajarkan anak bersosialisasi dengan bayi lainnya. Karena umur 6-7 bulan, mereka sudah memiliki rasa stranger anxiety, yaitu ketakutan pada orang yang jarang ditemuinya.

Related Posts :

    Tapi untuk anak usia enam bulan meski mereka sudah lebih kuat tetap mesti didampingi orang tua saat main di playgorund. Jadi, usia enam bulan pun anak sudah diajak main ke playground asal ada fasilitas yang sesuai dengannya dan tetap harus di awasi.

    Hal Yang Hrus Diperhatikan Sebelum Membawa Anak Ke Playground

    1. Lihat review playground
      Pilihlah playground yang terpercaya. Bahkan kalau bisa sering baca review soal playground itu dan kalau ada, cek aja website-nya.
    2. Amati kembali playground. Ketika sampai di playground, jangan langsung biarkan anak bermain gitu aja. Baiknya, ikuti ke mana si kecil main sambil mengecek kembali alat permainan yang kira-kira aman atau nggak buat anak.
    3. Cek ada tenaga medis atau tidak
      Kita tidak tahu apa yang akan terjadi, sehingga tenaga medis saat bermain di playground harus diperhatikan. Apabila ada yang membutuhkan pertolongan pertama, maka tenaga medis akan sigap membantu.
    4. Pakaian anak
      Ketika tahu anak akan bermain di playground baik indoor atau outdoor, pilihkan pakaian yang sesuai. Di playground anak bakal banyak bergerak. Jadi, hindari pakaian yang terlalu longgar sehingga bisa bikin anak tersangkut atau tersandung.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 11, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Seputar kehamilan

  • Oleh : Iim Nasikhah
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok,og di trimester prtama anehnya jarang mual”(morning sickness),knp ya dok?

  • Oleh : Iim Nasikhah
  • Penyebab Munculnya Flek Darah saat Hamil

  • Oleh : Henny Diastara
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya sedang hamil fase trimester pertama dan saya khawatir tentang flek yang terjadi saat hamil, yang ingin saya tanyakan apa penyebab munculnya flek darah saat hamil? Terimakasih

  • Oleh : Henny Diastara
  • Benjolan di vagina

  • Oleh : nadila ariska
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    selamat malam ,saya perempuan umur 19 tahun belum menikah, di dalam lubang vagina saya terdapat benjolan yang menutupi lubang tersebut. Benjolannya tidak keras dan tidak juga lunak. Untuk siklus haid saya sangat teratur.saya baru menyadari adanya benjolan tersebut saat buang air kecil,dan disaat tumbuhnya pun saya tidak merasakan apa-apa,tidak ada gatal juga. Sudah hampir 2bulan saya mempunyai benjolan ini,dan tidak kunjung mengecil ataupun menghilang. Saya tidak pernah berhubungan badan,tetapi saya pernah mainin lubang saya dengan cara menusuk-nusuk nya dengan jari.Dan disaat itulah timbul rasa yang sangat nyeri .Untuk penyakit ini apakah berbahaya Bu? dan apakah bisa sembuh ?. Itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf,terima kasih sebelumnya Bu.

  • Oleh : nadila ariska
  • Ingin hamil lagi

  • Oleh : Erna Manurung
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Gini buk bidan, saya habis melahirkan sekitar bulan 12 kemarin, tapi anak saya meninggal begitu lahir, dan saya belum mendapat haid sampai saat ini, tapi saya sudah berhubungan sama suami saya sekitar 2 minggu yang lalu dan rutin karna memang kami tidak menunda untuk kehamilan selanjut nya tapi sekarang saya merasakan sakit perut dibagian bawah, saya bingung ini gejala tanda kehamilan atau mau PMS y buk bidan,? Soal ny sudah saya tespek hasil nya negatif tapi sakit perut nya sudah berlangsung beberapa hari ini dan tidak ada keluar darah yang ada keluar keputihan terus menerus dan bagaimana cara agar bisa cepat hamil lagi sebelum datang haid setelah melahirkan?

    Sperma encer

  • Oleh : Sarah Safitri
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr wb bu bidan saya ingin bertanya apakah pada wanita juga bisa terjadi sperma encer? Lalu jika memang bisa bagaimana cara mengatasi? Karena sebelumnya saya menyadari saat keluar seperti keputihan bentuknya kental lalu kedua kalinya bening seperti air

    Tanya Bidan