×

Bahayakah Jika Bayi Berkeringat Secara Berlebihan?

Bagikan Artikel :

Bahayakah Jika Bayi Berkeringat Secara Berlebihan?

Bayi memang wajar jika selalu berkeringat . hal ini karena bayi yang baru saja lahir pada umumnya memang belum memiliki kelenjar keringat yang dapat bekerja secara optimal.

Tapi jika bayi berkeringat secara berlebihan bunda harus waspada dan jangan menganggap sepele. Sebab bisa jadi hal itu merupakan indikasi dari suatu penyakit berbahaya tertentu.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa penyakit serius yang perlu diwaspadai ketika bayi mengalami masalah keringat berlebihan terutama di malam hari. Mulai dari penyakit jantung, hiperhidrosis, hingga sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Related Posts :

    Penyakit Yang Disebabkan Keringat Berlebih Pada Bayi

    1. Penyakit Jantung Bawaan
      Bayi yang menderita penyakit jantung bawaan pada umumnya akan terlalu banyak berkeringat, terutama di malam hari.
      Namun tidak hanya di malam hari, kebiasaan keringat berlebihan ini juga akan dialami bayi di siang hari. Misalnya saat sedang makan atau juga bermain.
      Kondisi ini biasanya terjadi akibat adanya perkembangan jantung yang tidak normal atau rusak pada bayi sejak ia masih di dalam kandungan. Setidaknya 1 dari 125 bayi yang baru lahir mengalami kondisi ini.
    2. Sleep Apnea
      Sleep Apnea merupakan salah satu penyakit berbahaya yang kerap dialami bayi ketika tidur di malam hari. Dalam kondisi ini, bayi akan berhenti bernafas setidaknya selama 20 detik. Oleh karena itu, tubuh bayi akan keringat berlebih karena bekerja terlalu keras untuk bernafas.
      Selain keringat berlebih, biasanya bayi yang mengalami kondisi ini juga menunjukan gejaa lain seperti warna kulit kebiruan dan mengi. Sleep Apnea pada umumnya terjadi pada bayi yang lahir prematur.
    3. Sindrom Kematian Bayi Mendadak
      Salah satu penyakit berbahaya yang dapat terindikasi dari keringat berlebih bayi ialah Sindrom Kematian Bayi Mendadak atau SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Kondisi ini disebabkan karena tubuh bayi ‘terlalu panas’ di malam hari sehingga membuatnya sulit tidur.
      Dalam situs Health Canada disebutkan, pada 2005 kasus bayi meninggal karena SIDS sekitar tiga bayi per minggu.
    4. Hiperhidrosis
      Saat bayi berada di ruangan sejuk tetapi masih bekeringat, kemungkinan ia menderita hiperhidrosis. Kondisi ini biasanya ditandai dengan gejala-gejala keringat berlebih pada kepala, tangan, dan kaki bayi. Hiperhidrosis memang bukanlah suatu masalah yang seirus. Moms bisa mengatasinya dengan langkah-langkah sederhana seperti mengganti pakaian Si Kecil menjadi lebih tipis dan nyaman.

    Cara Agar Bayi Tidak Berkeringat Berlebih

    1. Jaga suhu ruangan tetap stabil
    2. Menjaga bayi tetap terhidrasi
    3. Jika tetap berkeringat segera hubungi dokter

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 24, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Hamil

  • Oleh : Obey Hungkul
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang dok saya mau bertanya, saya telat haid 4hari tapi setelah di test pack hasilnya negatif dok, apa ada kemungkinan untuk saya hamil ? Atau bagaimana ya dok. Terimakasih

    Sakit pinggang di usia kehamilan 7 bulan

  • Oleh : Adhy Putra Lautan
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saat hamil ? Saya sedang hamil 7 bulan, sering mengeluhkan sakit pinggang.

  • Oleh : Adhy Putra Lautan
  • Ambeyen

  • Oleh : Santi Meilani
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok saya sudah menikah 3tahun saya pernah keguguran dok 2kali pas waktu itu saya pernah di test via test terus pas di periksa kata bu bidan di miss v saya kaya ada yang keluar kayak ambeyen gitu gmana cara mengatasinya nya dok biar bisa ke dalam lagi biar bisa normal lagi

    Masa subur apakah bisa hamil

  • Oleh : Dhani
  • 2 bulan yang lalu

    Mau bertanya, saya kemarin tgl 19/09/2020 berhubungan intim, sedangkan saya di tgl 15/09/2020 selesai haid apakah saat berhubungan intim saya masa subur. Terimakasih

  • Oleh : Dhani
  • Menstruasi dengan durasi dan banyak haid yg sedikit

  • Oleh : miranda borosi
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    bu sy mau bertanya selama ini menstruasi sy lancar dn tidak ada suatu hal yg aneh . Namun bulan lalu dn bulan ini sy rasa menstruasi sy memiliki durasi singkat sekitar 2 atau 3 hari dengan aliran darah yg tdk sebanyak biasanya . Setiap kali menstruasi sy biasa merasakan skit namun tidak terus menerus tiap bulan . Tpi 2 bln ini skit dn sy tidak tau itu apakah ada pengaruhnya atau tidak . Apakah menurut ibu bidan yg sy rasakan masih dalam keadaan normal ??

  • Oleh : miranda borosi
  • Tanya Bidan