×

Bahayakah Jika Bayi Berkeringat Secara Berlebihan?

Bagikan Artikel :

Bahayakah Jika Bayi Berkeringat Secara Berlebihan?

Bayi memang wajar jika selalu berkeringat . hal ini karena bayi yang baru saja lahir pada umumnya memang belum memiliki kelenjar keringat yang dapat bekerja secara optimal.

Tapi jika bayi berkeringat secara berlebihan bunda harus waspada dan jangan menganggap sepele. Sebab bisa jadi hal itu merupakan indikasi dari suatu penyakit berbahaya tertentu.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa penyakit serius yang perlu diwaspadai ketika bayi mengalami masalah keringat berlebihan terutama di malam hari. Mulai dari penyakit jantung, hiperhidrosis, hingga sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Related Posts :

    Penyakit Yang Disebabkan Keringat Berlebih Pada Bayi

    1. Penyakit Jantung Bawaan
      Bayi yang menderita penyakit jantung bawaan pada umumnya akan terlalu banyak berkeringat, terutama di malam hari.
      Namun tidak hanya di malam hari, kebiasaan keringat berlebihan ini juga akan dialami bayi di siang hari. Misalnya saat sedang makan atau juga bermain.
      Kondisi ini biasanya terjadi akibat adanya perkembangan jantung yang tidak normal atau rusak pada bayi sejak ia masih di dalam kandungan. Setidaknya 1 dari 125 bayi yang baru lahir mengalami kondisi ini.
    2. Sleep Apnea
      Sleep Apnea merupakan salah satu penyakit berbahaya yang kerap dialami bayi ketika tidur di malam hari. Dalam kondisi ini, bayi akan berhenti bernafas setidaknya selama 20 detik. Oleh karena itu, tubuh bayi akan keringat berlebih karena bekerja terlalu keras untuk bernafas.
      Selain keringat berlebih, biasanya bayi yang mengalami kondisi ini juga menunjukan gejaa lain seperti warna kulit kebiruan dan mengi. Sleep Apnea pada umumnya terjadi pada bayi yang lahir prematur.
    3. Sindrom Kematian Bayi Mendadak
      Salah satu penyakit berbahaya yang dapat terindikasi dari keringat berlebih bayi ialah Sindrom Kematian Bayi Mendadak atau SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Kondisi ini disebabkan karena tubuh bayi ‘terlalu panas’ di malam hari sehingga membuatnya sulit tidur.
      Dalam situs Health Canada disebutkan, pada 2005 kasus bayi meninggal karena SIDS sekitar tiga bayi per minggu.
    4. Hiperhidrosis
      Saat bayi berada di ruangan sejuk tetapi masih bekeringat, kemungkinan ia menderita hiperhidrosis. Kondisi ini biasanya ditandai dengan gejala-gejala keringat berlebih pada kepala, tangan, dan kaki bayi. Hiperhidrosis memang bukanlah suatu masalah yang seirus. Moms bisa mengatasinya dengan langkah-langkah sederhana seperti mengganti pakaian Si Kecil menjadi lebih tipis dan nyaman.

    Cara Agar Bayi Tidak Berkeringat Berlebih

    1. Jaga suhu ruangan tetap stabil
    2. Menjaga bayi tetap terhidrasi
    3. Jika tetap berkeringat segera hubungi dokter

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 24, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan saat hamil apakah berbahaya?

  • Oleh : siti khodijah
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apakah keputihan saat hamil bebahaya bagi janin? Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pada awal kehamilan saya mengalami keputihan berwarna putih susu yang lmyan banyak, sudah di periksakan ke bidan katanya normal-normal saja. Namun beberapa minggu kemudian keputihan yang keluar berubah warna menjadi kuning dan kehijauan serta gatal. Apakah itu termasuk ciri-ciri keputihan abnormal? Mohon jawabannya.

    benjolan

  • Oleh : jessica kheai
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat sore ibu bidan,, saya ibu rumah tangga usia 32 thn. Payudara sebelah kiri ada benjolan yg bs pindah pindah jika ditekan, dan kelenjar getah bening bawah ketiak membesar dan keduanya tdk kunjung hilang kurun waktu 1 thn belakang ini. Tdk terasa sakit at keluhan lainnya. Apa itu tanda2 dr kanker payudara? Terima ksh

    Tentang payudara

  • Oleh : Monica Sindi
  • 1 tahun yang lalu

    Bidan..
    Saya mau bertanya..
    Saya terkejut karena ada benjolan di payudara saya ,selama ini saya tidak menyadari bahwa ada benjolan..
    Namun benjolan nya tidak terasa sakit..
    Namun saya search digoogle ciri2 kanker payudara..
    Kan ada tuh putingnya dicubit keluar air atau tidak..
    Nah ini gak ..
    Hanya saja ada benjolan namun tidak terasa sakit..

    Itu kenapa ya?
    Mohon bantuannya 🙏🏻

    Pemberian Vitamin Pada Bayi

  • Oleh : Indriana Puspa Aliansa
  • 3 tahun yang lalu

    Halo bu bidan, saya mau tanya, boleh tidak bayi usia 5 bulan diberi vitamin untuk daya tahan tubuhnya agar kuat ?

    Penyakit Azoospermia akibat Leukosit Tinggi

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

    Tanya Bidan