×

Bayi Lahir Dengan Penis Yang Kecil/Mikropenis

Bagikan Artikel :

Bayi Lahir Dengan Penis Yang Kecil/Mikropenis

Sebagai orang tua yang baru saja memiliki bayi laki-laki tentu gak tau dong ukuran penisnya normal atau tidak. Nah untuk itu sebaiknya Anda memastikan hal ini kepada dokter yang menangani persalinan Anda, karena ada beberapa kasus bayi laki-laki terlahir dengan mikropenis (penis yang kecil). Mikropenis akan mudah ditangani ketika diterapi sedini mungkin. Penanganan lambat dapat menimbulkan efek kesehatan jangka panjang.

Penyebab Bayi Lahir Dengan Mikropenis

Sebetulnya belum ada penemuan penyebab pasti bayi lahir dengan mikropenis. Namun ada penelitian yang mengatakan bahwa mikropenis disebabkan oleh adanya kelainan hormon, sindrom-sindrom yang berkaitan dengan kelainan bawaan, kelainan susunan saraf pusat, bagian dari disorder of sex development (DSD), hingga penyebab yang tidak diketahui (idiopatik). Mikropenis tidak diturunkan dari orangtua sehingga tidak ada faktor penentu genetik.

Tanda Bayi Mikropenis

Bayi dengan kondisi mikropenis memiliki pertumbuhan penis normal saat trimester pertama embrio. Namun, pertumbuhan tersebut mengalami kegagalan selama trimester kedua dan ketiga. Saat lahir, kondisi mikropenis ditandai dengan ukuran genital yang tidak lebih dari 0,75 inci (1,9 cm) ketika diregangkan.

Ukuran Normal Penis Bayi Baru Lahir

normalnya bayi baru lahir memiliki panjang penis antara 1,1 hingga 1,6 inci, setara 2,8 hingga 4,2 cm. Keliling penis berkisar antara 0,35 sampai 0,5 inci atau 0,9 sampai 1,3 cm. Pengukuran ini dilakukan dari ujung ke pangkal penis dengan peregangan lembut.

Saat umur enam bulan panjang minimalnya 3 cm dan akan terus bertambah sesuai umur. Sebanyak 0,6 persen anak-anak di dunia terkena kondisi mikropenis. Namun, data pasti di Indonesia tak tersedia karena mikropenis masih dianggap sebagai hal tabu. Karena kepercayaan tersebut, kondisi individu dengan mikropenis sering disembunyikan. Ujungnya malah diobati dengan cara salah. Padahal, jika cepat dideteksi, kondisi ini bisa diatasi dengan terapi hormon.

Related Posts :

    Cara Penanganan Bayi Dengan Mikropenis

    Kondisi mikropenis yang tidak disertai kelainan bawaan lain dapat diberi suntikan testosteron tiap 3-4 minggu sebanyak empat kali. Jamaknya, dengan terapi ini, ukuran penis akan bertambah secara normal. Sebab, umumnya gangguan hormonlah yang menjadi penyumbang utama kondisi mikropenis. Anak dengan mikropenis bentuk penisnya normal, punya batang kemaluan, kepala kemaluan, kantung zakar, dan kedua buah zakar di dalamnya. Hanya ukurannya saja kecil,

    Pada anak dengan kondisi mikropenis akibat kekurangan hormon 5 reduktase, dilakukan pengobatan dengan cara mengoleskan krim dehidrotestosteron. Pengobatan akan efektif diberikan sebelum selesai masa pubertas. Namun, hasilnya akan lebih maksimal ketika dilakukan saat usia anak kurang dari enam bulan.

    “Bila anak berusia enam bulan saat didiagnosis tidak lagi diperlukan pemeriksaan hormon, langsung bisa diberi obat,” imbuhnya. Namun, anak dengan kondisi mikropenis tanpa testis, atau yang penisnya sangat kecil, tak bisa diterapi dengan metode tersebut.

    Kondisi Jangka Panjang Pada Bayi Mikropenis

    Karena bentuk genital yang tidak normal, seringkali bayi dengan mikropenis dibesarkan sebagai perempuan. Sebabnya, saat dewasa, dalam beberapa kasus, anak dengan kondisi mikropenis memiliki jumlah sperma rendah. Akibatnya adalah infertilitas atau penurunan kesuburan.

    Daripada menanggung kondisi tersebut, ada orangtua yang beranggapan anaknya lebih baik mendapat rekonstruksi genital agar mendapat kehidupan seks lebih baik dan citra tubuh positif. Untuk membesarkan bayi dengan mikropenis sebagai perempuan, dibutuhkan operasi rekonstruktif membentuk vagina dan suntikan hormon.

    Padahal, anak laki-laki dengan kondisi mikropenis cenderung memiliki kehidupan seksual yang “normal” dibanding mereka yang dibesarkan sebagai perempuan. Bahkan, hanya 20 persen perempuan dengan kondisi mikropenis puas dengan kondisi genital mereka. Di sisi lain, ada 50 persen individu dengan mikropenis yang merasa puas karena dibesarkan sebagai laki-laki.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 7, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    apakah boleh ibu hamil pakai inhaler?

  • Oleh : Day
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    apakah tidak apa apa jika ibu hamil penderita asma menggunakan inhaler? apa pengaruhnya pada bayi di dalam kandungan?

    Bolehkah ibu yang sedang hamil dipijat?

  • Oleh : Alesha Zahra
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Istri saya tengah mengandung usia 7 bulan, dan dia sering mengeluh pegal-pegal dibagian leher, kaki dan tangan, sehingga dia selalu minta untuk dipijat. Apakah boleh ibu hamil dipijat?

    Sakit Gigi Disertai Pusing

  • Oleh : Ririn
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat Pagi….
    Dok saya mau bertanya, kan akhir akhir ini saya sering kali merasakan adanya masalah sakit pada bagian gigi ini, kemudian saya periksakan ke Dokter. Tapi setelah obatnya habis, ko tiba tiba kepala saya pusing ya? Terus tiba tiba seperti muncul memar gitu pada vbagian mata kiri saya, ini kira kira masalah kesehatan apa ya?

    Umur Ideal Anak untuk Disunat

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • Benjolan di area miss v

  • Oleh : Fina Noermayanti
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Terdapat benjolan area miss v , terasa gatal dan sakit.saya tidak tahu apakah itu kutil atau bukan, Itu berbahaya atau tidak? Apakah saya harus pergi ke dokter? Atau ada cara lain untuk mengobatinya?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan