×

Benarkah Penggunaan Diaper Bisa Membuat Bayi ISK?

Bagikan Artikel :

Benarkah Penggunaan Diaper Bisa Membuat Bayi ISK?

Penggunaan diaper pada bayi memang bisa meringankan pekerjaan ibu. Tapi apakah benar bahwa penggunaan diaper ini bisa membuat bayi terkena infeksi saluran kemih (ISK) pada anak?

Memang pemakaian diaper bisa memicu infeksi termasuk infeksi saluran kemih (ISK). Apalagi kalau diapernya jarang diganti. Oleh karena itu sebaiknya ganti diaper anak tiap 4 jam sekali jadi jangan nunggu sampai diaper penuh. Sama halnya ketika anak ternyata buang air besar di malam hari terus ibunya nggak ngeh. Itu bisa memperbesar risiko infeksi. Pada dasarnya urine dan feses adalah sisa kotoran jadi jangan sampai kotoran itu terus-terusan kontak sama kulit anak terlalu lama.

ISK ini memang sering ditemukan pada anak-anak yang masih menggunakan diaper. ISK dialami 3-5 persen anak perempuan dan 1 persen anak laki-laki. ISK menjadi infeksi serius pada anak sampai umur 5 tahun.

Apakah Semua Diaper Sama Akan Berisiko Terkena ISK?

Anak yang pakai diaper dengan daya serap tinggi (superabsorbent diaper) lebih berisiko mengalami ISK dibanding anak yang pakai diaper biasa (disposable diaper) dan washable diaper (popok kain).

Kenapa ini bisa terjadi? pada superabsorbent diaper, ventilasi di area genital jadi kurang optimal. Selain itu, evaporasi urine juga lebih lambat dibanding disposable atau washable diaper. Kondisi itu bisa jadi tempat ideal buat bakteri berkembang biak yang kemudian bakteri itu bermigrasi ke saluran kemih dan menyebabkan infeksi.

Related Posts :

    Tips Penggunaan Diaper Agar Tercegah Dari ISK

    1. Sebaiknya menggunakan popok kain
    2. Bisa juga menggunakan diaper yang memiliki alarm misalnya warnanya berubah ketika urine sudah penuh.
    3. Perhatikan juga selalu kebersihan diaper anak dan ganti secara berkala
    4. Ketika anak selesai BAB segera ganti diaper
    5. Ajarkan toilet training sedini meungkin

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 10, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    luka jahitan lahiran normal

  • Oleh : ena arina
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Maaf bu bidan… saya sudah ampir 6 bulan setelah melahirkan. luka yang di luar nya sudah kering. gak tau kalo luka yang di dalem. Tp sampe sekarang di CD tuh pasti ada plek warna nya ke coklat coklatan gitu. Saya pernah periksa ke bidan kata nya luka dalam nyainfeksi dan d kasih Obat . Setelah maka obat. Plek nya itu gak ada di CD. Cuman obat nya habis plek nya itu ada lagi. gimana ya solusi terbaik nya

    Keram perut

  • Oleh : Kikie Amel
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, saya positif hamil, mens akhir 29juni tp blm memeriksakan diri ke dokter, yg saaya rasakan perut sakit seperti mau haid.. Saya pernh mengalami keguguran pd bln desember 2019 ktnya janin tdk berkembang, normal kah hamil sy yg sering sakit sperti mau haid ini dok??

  • Oleh : Kikie Amel
  • Sakit payudara

  • Oleh : Pah Udin
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Mbk. Pa obat payudara istri sy yg sedang sakit sebelah. Ksian istri sy lg menyusui, umur 2 bulan. Skitx dsebelah kanan. Tidak bisa keluar asix. Mintol slusix mbak.

    Konsultasi KB

  • Oleh : Desty Ulfa sonya
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr WB,, selamat malam Bu bidan, saya Desty pngn konsultasi tentang haid, selama setahun 9 bulan saya ga pernah haid dan saya memakai KB implan, tp akhir bulan Juli kmren saya udh haid dan haidnya banyak sampe saya berobat mnta obt pnyetop darah tp dpt dua hari udh brhenti haidnya stelah itu haid kembali sampe sminggu, trus mnerus sperti itu Bu jd brhenti haid itu cma sehari dua hari stelah itu haid kembali, apakah itu bahaya apa ngga Bu ,mohon jwbnnya

  • Oleh : Desty Ulfa sonya
  • tanda hamil yang berangsur hilang

  • Oleh : rahayu latifa
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    dok,saya telat haid 11 hari. saya sering mengkonsumsi makanan instan&minuman berkafein.
    saat saya test , menunjukan positif hamil. tetapi rasa nyeri di payudara saya berangsur menghilang. mual berlebihan, lemas, ada tanda tanda anemia di tubuh saya, perut sangat kram pada satu sisi,sulit tidur

    apakah ini normal dok? atau ada hal lain yg menyebabkan tanda tanda itu muncul?
    atau karena pola hidup saya yang tidak sehat? apakah membahayakan janin?.

    terimakasih.

  • Oleh : rahayu latifa
  • Tanya Bidan