×

Bunda, Kenali Penyebab Bayi Terlambat Berjalan

Bagikan Artikel :

Halo, selamat berkunjung di Bidan Online. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi penting mengenai tumbuh kembang si kecil. Lebih lengkapnya silahkan simak di Bunda, Kenali Penyebab Bayi Terlambat Berjalan.

Pada umumnya dalam kondisi normal, bayi usia 12 bulan sudah bisa berjalan. Meskipun kemampuan berjalan dalam setiap anak berbeda – beda. Ada anak memiliki kemampuannya di awal yaitu pada usia 8 bulan atau ada pula yang lebih dari 12 bulan. Selama dalam rentang usia yang masih bisa dikatakan wajar, maka anak Anda tidak dikategorikan dalam sulit berjalan. Tapi, jika si kecil sudah mencapai usia 18 bulan dan masih belum bisa berjalan maka Anda patut waspada.

Pada rentang usia 15-18 bulan masih dalam rentan waktu yang normal jika si kecil kesulitan dalam berjalan, namun jika sudah melebihi usia 18 bulan sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan untuk mengetahui gangguan yang sedang menyerang si kecil sehingga menyebabkannya sulit berjalan. Umumnya anak sulit berjalan sering dikaitkan dengan gangguan motorik kasar yang mengganggu keseimbangan sehingga lebih baik melakukan stimulas semenjak dini.

Dalam tahap perkembangan motorik pada setiap anak berbeda – beda, meskipun seperti itu Anda selaku orang tua harus melakukan stimulasi yang bisa membantu memberikan ransangan dasar dalam perkembangan motorik anak.

Related Posts :

    Kemampuan berjalan anak dimulai dengan beberapa tahapan mulai dari 12-18 bulan yang berjalan dengan menggunakan bantuan atau kemampuan anak berjalan 5-15 menit tanpa bantuan. Sedangkan usia 18 sampai 24 bulan anak Anda sudah bisa berjalan dan tidak mengalami kesulitan dalam berjalan.

    Lalu sebenarnya apa saja yang bisa menyebabkan bayi terlambat berjalan ? Ada banyak sekali penyebabnya. Berikut informasi lebih lengkapnya.
    • Tingkat Kematangan Saraf

    Gerakan motorik pada anak sangat dipengaruhi oleh saraf yang sudah matang untuk mengatur setiap gerakan. Saata nak Anda dilahirkan memang dengan saraf yang masih belum berkembang sesuai dengan fungsinya tapi dengan pertumbuhan yang optimal dan stimulasi yang benar maka membantu mempersiapkan tingkat kematangan saraf.

    • Terganggunya Keseimbangan

    Keseimbangan yang terganggua bisa diakibatkan karena anak mengalami dysfunction of sensory integration (DSI) dan gangguan ini biasanya ditandai dengan ketakukan si kecil saat melakukan aktifitas seperti berenang, menaiki mainan yang bergoyang atau kegiatan lainnya. Anak yang bisa mengalami kesulitan saat memegang kepalanya ketika sedang duduk dan gerakan yang canggung sera dengan terlambatnya beraktifitas.

    • Gangguan Sensoris

    Penyebab bayi terlambat bejalan juga bisa diakibatkan adanya gangguan sensoris atau menalami sensitif pada kaki dan tangan. Anak yang mengalami gangguan ini biasanya akan berjinjit atau sering terjatuh pada saat berdiri yang pada umumnya diusianya anak – anak sudah bisa berjalan dan berlari.

    • Masalah Psikologis

    Sedangkan yang terakhir penyebab bayi terlambat berjalan setelah usia 18 bulan karena mengalami masalah psikologis yang berkaitan dengan pola asuh, trauma dan kebiasaan yang tidak diberikan stimulasi. Dengan kondisi seperti ini sangat penting bagi para orangtua untuk memantau anak – anaknya.

    Sehingga Anda selaku orang tua, harus mengamati si kecil dengan seksama apabila mengalami ciri – ciri yang sama dan segeralah berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

    Baca Juga : Bahaya Tidur Menggunakan Bantal pada Bayi Baru Lahir

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 16, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    cesar

  • Oleh : Tania
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    ingin tahu masa kesuburan

  • Oleh : ludiana nisa
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    dok saya ingin tanya saya haid tgl 25 masa subur saya tanggal berapa ya tolong bimbingan ny ya dok terimalasih

  • Oleh : ludiana nisa
  • Kelamin

  • Oleh : Kholis Nur
  • 6 bulan, 4 minggu yang lalu

    Dok mau tanya, saya pernah kencing nanah dan udah minum obat hasilnya mendingan udh gak keluar dan kencing panas/nyeri sudah tidak, TAPI kalau di ujung penis di pencet kok kaya ada nanahya keluar dikit ya, gmana dok?

  • Oleh : Kholis Nur
  • Belum Haid Setelah Melakukan Kuret

  • Oleh : emilia
  • 4 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum haid. Apakah tidak berbahya bu bidan ? Mohon penjelasananya

    Haid

  • Oleh : Rhippy
  • 4 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya berumur 34 tahun dan baru menikah.. sebelum menikah masa haid saya kurun waktu 3 hari tp setelah menikah ini masa haid saya cuman 2 hari dan pada hari ke 3 cuman bercak coklat saja apa ini termasuk normal? Terimakasih sebelumnya..

  • Oleh : Rhippy
  • Tanya Bidan