Fakta Unik Tentang Bayi Kembar Yang Menakjubkan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • www.curhatbidan.com – Banyak orang yang mengatakan bahwa anak kembar memiliki ikatan batin yang sangat kuat. Apabila salah satunya sedang mengalami sakit maka saudara kembaranya yang satu lagi juga akan merasakan hal yang sama. Dan itu mungkin menjadi salah satu dari kesekian banyak fakta yang cukup menarik mengenai anak kembar.

    Kembar atau anak kembar adalah adanya dua atau lebih yang membagi uterus yang sama dan biasanya, namun tidak terlalu dilahirkan dalam waktu yang sama. Pada ibu hamil dengan kandungannya maka akan mengalami persalinan yang ganda dan biasanya pada masa mengandung akan lebih singkat sekitar 34-36 minggu, dibandingkan dengan masa kehamilan bayi tunggal. Dikarenakan pada kelahiran prematur memiliki konsekuensi kesehatan pada bayi tersebut. Dan kelahiran kembar sering ditangani secara khusus dibandingkan dengan kelahiran biasanya.

    Anak kembar merupakan suatu fenomena kelahiran yang sangat special, sehingga tidak semua daerah memiliki peluang yang sama. Di Negara Afrika Tengan telah menduduki peringkat pertama dari angka kelahiran kembar tertinggi di dunia yaitu dengan 18 pasang kembar per 1000 kelahiran.

    Jenis-jenis Kembar

    Terdapat dua jenis persalinan kembar, diantaranya :

    • Kembar Dizigotik atau Fraternal (DZ)

    Kembar dizigotik adalah hal yang sangat umum terjadi pada vertebrata. Janis kembar ini dikenal sebagai kembar non-identik yang terjadi karena terbentuknya zigot-zigot yang berasal dari sel telur yang berbeda. Pada dinding rahim terdapat lebih dari satu sel telur yang terbuahi oleh sel-sel sperma pada waktu yang bersamaan.

    Secara genetik jenis kembar ini tidak berbeda dari saudara biasanya dan berkembang dalam amnion serta plasenta yang telah terpisah. Bahkan dapat memiliki jenis kelamin yang sama atau berbeda. Pada umumnya jenis kembar ini terjadi karena faktor genetik.

    • Kembar Monozigotik atau Indentik

    Kembar monozigotik terjadi karena sel telur tunggal yang terbuahi dan membentuk satu zigot (monozigotik). Didalam perkembangannya akan menjadi ebrio yang berbeda. Dari kedua embrio tersebut akan berkembang menjadi janin.

    Berikut Fakta Unik Tentang Bayi Kembar :

    1. Anak kembar sudah saling berinteraksi sejak dalam kandungan

    Sebuah penelitian menemukan terhadap bayi kembar bahwa anak kembar akan sangat terlihat dekat saat mereka masih berada pada dalam rahim. Pada masa 14 minggu kehamilan, maka anak kembar akan terlihat meraih satu sama lain. Sementara empat minggu kemudian maka mereka akan saling menyentuh bahkan akan lebih sering daripada menyentuh tubuhnya sendiri.

    2. Anak kembar yang terpisah maka bisa memiliki kehidupan yang sama

    Jim Lewis dan Jim Springer yang baru berusia empat minggu saat mereka harus terpisah yang disebabkan diangkat oleh keluarga berbeda, dan telah ditemukan bahwa dari kehidupan mereka memang sama.

    3. Bayi kembar memiliki ras yang berbeda

    Pada umumnya bayi kembar memiliki ras yang sama, tetapi didalam beberapa kasus, terdapat bayi kembar yang memiliki ras berbeda, seperti dari warna kulit, atau bentuk rambut. Dari kejadian tersebut merupakan hasil kombinasi kedua orang tuanya.

    4. Kembar identik tidak memiliki sidik jari yang sama

    Sidik jari tidak dibentuk dari DNA. Meskipun sebelumnya memiliki sidik jari yang sama, namun pada usia kehamilan 6-13 minggu, mereka akan bergerak dan membentuk pola sidik yang berbeda.

    5. Bisa menciptakan bahasa sendiri

    Cenderung pada bayi kembar akan menciptakan bahasa sendiri dalam berkomunikasi dengan saudaranya. Bahkan uniknya lagi, dari bahasa tersebut hanya dapat dimengerti oleh mereka sendiri.

    6. Anak kembar biasanya terlahir dari ibu postur tubuh tinggi

    Wanita yang postur tubuhnya lebih tinggi maka cenderung akan memiliki lebih banyak dalam faktor pertumbuhannya seperti insulin (IGF), yaitu sebuah protein yang dapat meningkatkan kesempatan wanita dalam berevolusi. Semakin tingginya IGF maka akan semakin besar juga kesempatan wanita untuk memiliki bayi kembar. Dalam penelitian pun telah dilakukan bahwa wanita yang melahirkan bayi kembar rata-rata mempunyai satu inci lebih tinggi dibandingkan dengan ibu yang lainnya.

    Itulah beberapa fakta unik mengenai bayi kembar. Apakah hal-hal diatas pernah dialami oleh anak Bunda? 😀 Semoga bermanfaat 😉

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - March 22, 2017
    Diskusi Dari:
    Cherma

    Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

    Dijawab Oleh : Cherma
    Diskusi Dari:
    Anonymous

    hai bidan, bebera hari ini anak saya yang berusia 3 tahun sering mengalami cegukan pada saat sore hari, amankah dok kondisi seperti ini ?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Adel1418ia

    kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk melahirkan di bidan dan syarat yang diperlukan apa saja untuk tahun 2017?

    Dijawab Oleh : Adel1418ia
    Diskusi Dari:
    samanthau51

    bu bidan tolong saya, bagaimana caranya agar bayi saya mau pup? Sudah 4 hari ini dia tidak pup, apa yang salah? bagaimana baiknya?

    Dijawab Oleh : samanthau51
    Diskusi Dari:
    Eci wulandari

    bu bidan saat ini saya hamil 7 bulan, saya sering mengalami sakit di bagian bokong,pinggang,paha sama perut bagian bawah.. itu kenapa ya bu? apakah berbahaya apa tidak ?perut saya pun suka terasa kencang dan keras

    Dijawab Oleh : Eci wulandari