×

Kapan Sebaiknya Bayi Tidak Menggunakan Sarung Tangan?

Bagikan Artikel :

Kapan Sebaiknya Bayi Tidak Menggunakan Sarung Tangan?

Menjelang bayi lahir, pasti setiap parents akan mempersiapkan segala kebutuhan bayi dengan lengkap. Ya! Salah satunya adalah sarung tangan.
Umumnya orang memberi bayi sarung tangan dengan alasan ingin menjaga agar bayi tidak kedinginan, terjaga kebersihan tangannya hingga untuk mencegah bayi melukai mata atau wajahnya sendiri.

Tapi para ahli justru tidak mengajurkan bayi diberi sarung tangan lho, Moms! Hal ini karena bayi baru lahir memiliki “grasp refleks” yang membuat jarinya mengepal saat kita sentuhkan. Reflek ini akan berkurang saat bayi usia 3-4 bulan.

Kapan Sebaiknya Sarung Tangan Digunakan?

Penggunaan sarung tangan boleh saja dipakaikan bayi di usia 1-2 bulan, tapi setelah itu sebaiknya tidak. Di usia 3 bulan, tangan bayi akan lebih sering terbuka dan akan berfungsi untuk ia melatih sensori dan motoriknya. Mulai dari menyentuh, meraba, memegang, dan menggenggam benda.

Related Posts :

    Manfaaat Tidak Memakaikan Sarung Tangan Pada Bayi

    Tanpa sarung tangan, bayi dapat bebas belajar dan memahami lingkungannya. Ia belajar berbagai sensasi seperti ada benda yang kasar, halus, licin, dingin, hangat, misalnya. Termasuk saat ia menyusu dan jari-jemarinya menyentuh pakaian dan kulit payudara Anda.

    Tidak hanya itu, bayi juga belajar tentang bagian tubuhnya melalui mulut. Dijelaskan oleh dr.Tiwi, saat jari atau tangannya masuk ke mulut, bayi tengah belajar dan memahami bahwa jari-jari atau tangan ini adalah bagian tubuhnya. Kalau dapat bicara, bayi mungkin akan berkata, “Oh, aku punya jari. Jari-jari ada di ujung tanganku!”

    Dengan jari-jari dan tangan yang bebas dari sarung tangan. ia juga akan lebih sering menyentuh wajahnya maupun wajah orang di sekitarnya. “Oh, kulit wajah Ibu halus, hidung Ibu seperti hidungku!” Pintar, ya?

    Lalu bagaimana dengan kebersihan tangannya? Ya, pastikan saja Anda selalu membersihkan tangan si kecil, Moms. Tidak sulit, kan?
    Begitu juga dengan kukunya. Bila Anda rajin memotong kuku bayi agar tidak panjang dan tajam, kekhawatiran bayi melukai mata atau wajahnya semestinya juga menghilang.

    Dampak Apabila Selalu Memakaikan Sarung Tangan Bayi

    Sebaliknya, bila terus menggunakan sarung tangan artinya kebutuhan stimulasi yang sebaiknya dikenalkan sejak dini justru direnggut dari bayi. Ini dapat berpengaruh besar terhadap perkembangan keterampilan sensori dan motorik bayi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 29, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    Perbedaan diare akibat alergi makanan dan akibat bakteri pada bayi

  • Oleh : Pradita
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau tanya apa sih yang membedakan diare pada bayi akibat alergi makanan dan akibat bakteri. Soalnya saya bingung bayi saya diare dan entah penyebabnya dari apa mohon penjelasannya trims

    Rasa ganggu miss v pada wanita

  • Oleh : MEGA JULIANTI MANULANG
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya bunda Mega mau tanya soal ganguan yg saya alami sekarang.
    Sebelumnya saya sudah terlambat haid selama 38hari dan setiap akhir bulan biasanya siklus mens lancar hanya terkadang tanggalnya yg selalu acak, terakhir saya menstuasi bulan februari bu bidan.
    Tapi kenapa yaa bu miss v sering terasa seperti nyeri mau mens tapi bukan mens hanya kadang² keputihan biasa bu bidan.
    Waktu kemaren saya Minggu tgl 3 mei 2020 saya mengalami keram karena salah asumsi makanan, saya setelah buka puasa makan pedas habis itu saya minum susu, lambung nyeri, dan bagian bawah perut yg teramat sakit, saya mau perikasakan diri tapi berhubung wabah virus covid-19 jadi takut kerumah sakit bu bidan.
    Kiranya saya kenapa yaa bu bidan?

    Keguguran

  • Oleh : Dewi
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi Dok. Kemarin saya kan keguguran, namun sampai saat ini saya belum memeriksakan nya dikarenakan banyak halangan, dan rencananya besok saya baru akan periksa. Dari kemarin sampai sekarang saya pendarahan terus, dan bahkan terasa ada seperti benjolan dibagian miss V ini yang memang sedikit mengganggu aktivitas saya. Sebenarnya, saya ingin sekali menarik daging yang keluar dari bagian miss V saya, namun saya merasakan takut ada hal yang bisa membahayakan kesehatan saya. Saya mau bertanya, bagai mana solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini?

    Disentri

  • Oleh : Mocil Ngocol
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Cara mengatasi disentri dok

    Tanya Bidan