×

Kapan Sebaiknya Bayi Tidak Menggunakan Sarung Tangan?

Bagikan Artikel :

Kapan Sebaiknya Bayi Tidak Menggunakan Sarung Tangan?

Menjelang bayi lahir, pasti setiap parents akan mempersiapkan segala kebutuhan bayi dengan lengkap. Ya! Salah satunya adalah sarung tangan.
Umumnya orang memberi bayi sarung tangan dengan alasan ingin menjaga agar bayi tidak kedinginan, terjaga kebersihan tangannya hingga untuk mencegah bayi melukai mata atau wajahnya sendiri.

Related Posts :

    Tapi para ahli justru tidak mengajurkan bayi diberi sarung tangan lho, Moms! Hal ini karena bayi baru lahir memiliki “grasp refleks” yang membuat jarinya mengepal saat kita sentuhkan. Reflek ini akan berkurang saat bayi usia 3-4 bulan.

    Kapan Sebaiknya Sarung Tangan Digunakan?

    Penggunaan sarung tangan boleh saja dipakaikan bayi di usia 1-2 bulan, tapi setelah itu sebaiknya tidak. Di usia 3 bulan, tangan bayi akan lebih sering terbuka dan akan berfungsi untuk ia melatih sensori dan motoriknya. Mulai dari menyentuh, meraba, memegang, dan menggenggam benda.

    Manfaaat Tidak Memakaikan Sarung Tangan Pada Bayi

    Tanpa sarung tangan, bayi dapat bebas belajar dan memahami lingkungannya. Ia belajar berbagai sensasi seperti ada benda yang kasar, halus, licin, dingin, hangat, misalnya. Termasuk saat ia menyusu dan jari-jemarinya menyentuh pakaian dan kulit payudara Anda.

    Tidak hanya itu, bayi juga belajar tentang bagian tubuhnya melalui mulut. Dijelaskan oleh dr.Tiwi, saat jari atau tangannya masuk ke mulut, bayi tengah belajar dan memahami bahwa jari-jari atau tangan ini adalah bagian tubuhnya. Kalau dapat bicara, bayi mungkin akan berkata, “Oh, aku punya jari. Jari-jari ada di ujung tanganku!”

    Dengan jari-jari dan tangan yang bebas dari sarung tangan. ia juga akan lebih sering menyentuh wajahnya maupun wajah orang di sekitarnya. “Oh, kulit wajah Ibu halus, hidung Ibu seperti hidungku!” Pintar, ya?

    Lalu bagaimana dengan kebersihan tangannya? Ya, pastikan saja Anda selalu membersihkan tangan si kecil, Moms. Tidak sulit, kan?
    Begitu juga dengan kukunya. Bila Anda rajin memotong kuku bayi agar tidak panjang dan tajam, kekhawatiran bayi melukai mata atau wajahnya semestinya juga menghilang.

    Dampak Apabila Selalu Memakaikan Sarung Tangan Bayi

    Sebaliknya, bila terus menggunakan sarung tangan artinya kebutuhan stimulasi yang sebaiknya dikenalkan sejak dini justru direnggut dari bayi. Ini dapat berpengaruh besar terhadap perkembangan keterampilan sensori dan motorik bayi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 29, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Jenis persalinan apa yang baik untuk saya?

  • Oleh : Milda
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang sejak saya mengandung penyakit saya tidak pernah kambuh lagi. Sebaiknya saya menjalani persalinan normal atau harus operasi caesar ya? Saya juga baru pertama kali hamil dan ada sedikit rasa takut akan rasa sakit nanti saat persalinan. Terimakasih sebelumnya.

    Menstruasi sakit dan tidak teratur

  • Oleh : Siska Damayanti
  • 2 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat siang mbak, saya siska mau tanya kalo saya seminggu sebelum datang haid kaki saya terasa pegel**, trus pas udah dtang haidnya perut ,pinggang sampai menjalar kekaki sakitnya? Dan pas dtang haid tanggalnya gak teratur, kalo seandainya bulan belkang tgl 16 ,blan ini dtangnya tgl 11 apakah itu wajar mbak ?

    Pake IUD saat berhubungan intim

  • Oleh : Azelia Jihan saputri
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok, saya mau bertanya kalo melahirkan anak pertama terus di pasang IUD yg 8 tahun. Apakah saat berhubungan intim mengeluarkan sperma kedalam vagina apakah bisa hamil atau tidak?saat pake IUD?. Apakah saat berhubungan intim pake IUD terasa sakit atau tidak dok? Terima kasih dok

    Mata Putih Bagian Tengah

  • Oleh : emilia
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok saya may tanya, kan saya punya ade yang masih berusia 2 bulan. Awalnya adik saya lahir dengan normal dan juga mata yang normal. Tapi setelah usia adik saya menginjak 1 bulan, tiba tiba saya perhatikan ada warna putih pada bagian mata bagian tengah yang biasanya hitam, itu kira kira kenapa ya dok? jenis penyakit apa kira kira?

    cara gunakan pil kb

  • Oleh : siti siti
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok saya punya sodara nih dia ngga mau hamil dulu apa boleh setelah berhubungan intim minum pil kb?berbahaya atau tidak? Terimakasih

    Tanya Bidan