×

Ketahui 4 Hal Penting Ketika Mengganti Popok Bayi

Bagikan Artikel :

Selamat datang di Bidan Online, situs yang menyediakan referensi serta alternatif pengobatan seputar bayi untuk bunda dan ayah yang mungkin masih kesulitan mengatasi si kecil. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan informasi mengenai Ketahui 4 Hal Penting Ketika Mengganti Popok Bayi dan berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

Ketahui 4 Hal Penting Ketika Mengganti Popok Bayi

  • Lokasi Penggantian Popok Yang Benar

Jika Anda biasanya mengganti popok si kecil di atas meja yang ukurannya tidak begitu besar dengan badan bayi maka hal ini akan memberikan beban tambah pada meja apabila bayi menggeliat – geliat dan beresiko si kecil akan jatuh. Untuk itulah alangkah baiknya jika diganti dengan alas di lantai untuk mempermudah Anda saat menggantti popok si kecil. Tapi tetap perhatikan lokasi penggantian popok yang pantas karena mungkin Anda sudah terbiasa dengan popok yang sudah penuh hingga melupakan jika tidak semua di sekitar Anda akan terbiasa seperti Anda.

  • Perhatikan Ukuran Popok

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli popok dalam jumlah yang besar, sebaiknya timbang dulu si kecil karena ukuran badan balita meskipun usia nya sama bisa berbeda – beda. Ada baiknya sebelum Anda membeli dalam jumlah yang banyak, bandingkan dulu usia si kecil dan simpan berat badannya. Jika bayi belum bisa berdiri dengan tegak di atas timbangan, timbang berat badan Anda dan bandingkan saat menggendong si kecil.

  • Segera Obati Jika Muncul Ruam

Apabila si kecil menggunakan popok dan kemudian muncul ruam akibat iritasi, perlakukan hal yang sama seperti saat masih kecil. Oleskan salep anti ruam dan amati juga tanda kemungkinan demam, bisul, ruam serta menyebar keluar popok dan jika Anda menemukan salah satunya sebaiknya segera tanyakan kepada dokter.

  • Jangan Abaikan Popok yang Sudah Kotor

Dizaman sekarang ini masih banyak orang tua yang membiarkan popok bayi dalam keadaan basah dalam jangka waktu yang lama jika hal tersebut tidak mengganggu si kecil. Terlebih lagi jika komponen gel penyerap popok bisa menjaga cairan agar tidak keluar merembes ke bagian bawah bayi. Hal ini tentu saja akan membuat orang tua menjadi semakin membiarkannya padahal hal tersebuut tidak sehat dan harus segera di atasi karena jika tidak bisa menyebabkan pengaruh yang buruk untuk kondisi kesehatan si kecil.

Demikian informasi mengenai Ketahui 4 Hal Penting Ketika Mengganti Popok Bayi semoga penjelasan yang kami sampaikan bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.

Baca Juga :

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 1, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Diah Kusuma
  • 1 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamu’alaikum…
    saya mau tanya. hari mens pertama saya tgl 13 maret, dan tgl 15 maret harusnya suntik kb 1 bulan. tapi sampai sekarang saya blum kb lagi dan sudah berhubungan. sekarang apa saya hamil ya, dan kapan bisa mulai di testpack nya, trmakasih.

    Bahayakan minum vitamin B kompleks saat hamil?

  • Oleh : Diranan
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saat ini saya lagi hamil dan memasuki trimester kedua. Namun, kebetulan kemarin ada teman saya yang bilang, bahwa vitamin B kompleks sangat baik bagi ibu dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Hanya saja saya takut dok, bukannya ibu hamil dilarang minum obat berbahan kimia yah dok? Mohon jawabannya.

    Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • Frekuensi BAB Pada Bayi

  • Oleh : juwita
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Siang Bu Bidan, saya mau tanya, pada bayi usia 7 bulan berapa kali frekuensi BAB yang normal ?

    Mentrulasi

  • Oleh : Fidella Annaumi
  • 3 hari, 1 jam yang lalu

    Halo dok mau tanya, usia saya 18 tahun yang sedang sibuk cari kuiah dok, haid saya sellu lancar meski agak panjang sekitar 10 harian, tapi mulai bulan lalu saya haid berwarna hitam dari awal haid sampai akhir dok, dan setelah 11 hari saya haid lagi dengam keadaan yang sama dok haid berwarna hitam, tidak menggumpal, dan hanya sedikit sekali dok seperti flek saja dan berlangsung 13 hari dok, lalu setelah 6 hari flek lagi dok sekarang sudah memasuki 2 hari dari awal flek terakhir dok, apakah ini penyakit?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan