×

Kualitas Tumbuh Kembang Bayi Bisa Dipengaruhi Oleh Tidurnya Yang Nyenyak Lho!

Bagikan Artikel :

Kualitas Tumbuh Kembang Bayi Bisa Dipengaruhi Oleh Tidurnya Yang Nyenyak Lho!

Tidur adalah suatu kebutuhan tubuh untuk beristirahat dan mendapatkan energi baru. Menurut para peneliti di Amerika, pada waktu tidur, otak kita menyaring dan menyimpan informasi, mengganti bahan kimia, dan memecahkan masalah. Tapi bagi bayi jam tidur kadang tidak teratur sehingga orang tua harus mengenalkan konsep pagi dan malam pada sang buah hati. Ini supaya bayi bisa mengenali malam hari sebagai waktunya untuk tidur.

Salah satu cara yang sering dilakukan orang tua untuk membuat anak tidur lelap di malam hari ini adalah dengan membiasakan tidur malam dengan cahaya yang digelapkan alias remang-rmang. Kenalkan konsep pagi dan malam pada bayi. Pada malam hari, agak gelapkan ruangan, buat ruangan yang tenang. Ingat, tidur yang teratur dan nyenyak akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi.

Kuantitas Tidur Bayi Sesuai Usia

Bayi atau anak-anak tidak hanya membutuhkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, melainkan juga berapa lama mereka tidur. Kuantitas atau jumlah waktu tidur bayi atau anak pun berbeda-beda, tergantung pada berapa usia mereka, yaitu:

  1. Bayi (Newborn) usia 0-3 bulan disarankan untuk tidur sebanyak 14-17 jam per hari.
  2. Bayi (Infant) usia 4-11 bulan disarankan untuk tidur sebanyak 12-15 jam per hari.
  3. Batita usia 1-2 tahun disarankan untuk tidur sebanyak 11-14 jam per hari.

Jika Bayi atau Anak Kurang Tidur

Jika buah hati kurang tidur, dampaknya tidak hanya menangis. Studi di Israel menunjukkan bahwa bayi usia 1 tahun yang kurang tidur diduga akan memiliki rentang konsentrasi yang lebih pendek dan mempunyai masalah perilaku begitu mereka menginjak usia 3 dan 4 tahun. Tidur dengan waktu yang sedikit juga dipercaya memengaruhi pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuh, hingga mengakibatkan Si Kecil rentan sakit.
Hasil penelitian bidang psikiatri anak di Amerika terhadap 9000 anak usia prasekolah meyakini bahwa kurang tidur dari 9 jam per malam membuat mereka lebih mungkin menunjukkan sikap impulsif, marah-marah, dan tantrum (ledakan emosi atau rasa frustrasi yang disertai dengan ketakutan atau kecemasan), daripada mereka yang cukup tidur di malam hari.
Waktu tidur yang cukup juga memainkan peran penting terhadap perkembangan kognitif buah hati, yaitu kemampuan untuk berpikir dan memahami, mengolah informasi, belajar bahasa, dan lain sebagainya. Pada anak usia sekolah, kurang tidur bisa membuat mereka kurang konsentrasi dalam belajar, bersikap nakal, mendapatkan nilai yang jelek, depresi, hingga hiperaktif.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 28, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    kehamilan

  • Oleh : Putri
  • 5 tahun, 11 bulan yang lalu

    usg belum terlihat kantung janin

    Tidak haid

  • Oleh : novia shentiana
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok saya minum pil kb lalu dipertengahan pil saya berhenti minum,setelah saya berhenti minum sampai sekarang tidak haid apakah itu normal saja dan berapa waktu pemulihan sampai hadi lagi

  • Oleh : novia shentiana
  • Keputihan

  • Oleh : Adelia Safa
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Mau tanya nih, bagaimana ya cara alami mengobati keputihan yang terus menerus, padahal saya juga sudah mengganti celana dalam setiap hari, membasuh miss v setelah BAK, dan pokoknya mengikuti langkah seperti di internet. Soalnya kadang kadang keputihannya juga menimbulkan bau. Minta bantuannya ya. Terima kasih.

    Anak Reterdasi Mental

  • Oleh : Ocha Odang
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Anak reterdasi mental ini sekolahnya apa harus sekolah khusus, seperti: SLB?

  • Oleh : Ocha Odang
  • Gangguan haid

  • Oleh : Annisa Syahrani
  • 3 bulan, 2 minggu yang lalu

    Bu bidan,saya remaja umur 19,saya mengalami Haid yg tidak pernah teratur dari kelas 1 SMA hingga sekarang.dalam kirim waktu 1 tahun mungkin saya hanya 3 kali atau 4 kali haid,namun,ketika saya haid ,haid saya berlangsung hingga satu bulan bahkan prnh lebih.saya sudah 3 kali cek ke dokter kandungan yg berbeda .cek pertama saya di test pack dan saya didiagnosa garis biru,padahal saya perawan dan posisi saya lagi haid 25 hari.lalu diberi obat” an.didokter kedua saya juga di USG dan dalam rahim saya tidak ada masalah, tetapi haid nya masih berlangsung lama sekitar 27 hari,dokter nya memberi saya obat pemberhenti darah haid,lalu di hari ke 30 darah saya berhenti.dan parahny,dihari ke 5 saya berhenti meminum obatnya,dan besoknya haid saya berjalan lagi,gimana Bu bidan?saya ada sakit AP ya?

  • Oleh : Annisa Syahrani
  • Tanya Bidan