Makanan Sehat Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • www.curhatbidan.com – Sebaiknya bayi hanya mengkonsumsi ASI pada saat 6 bulan pertama. Setelah 6 bulan, bayi sudah dapat mengkonsumsi makanan pendamping ASI atau MPASI. Namun dalam pemberian MPASI juga harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat.

    Pada saat usia bayi sudah menginjak 6 bulan merupakan waktu yang tepat untuk Bunda memberikan makanan pada bayi atau MPASI (Makanan Pendamping ASI). Karena usia 6 bulan, bayi sudah mampu untuk memproduksi enzym-enzym pencernaan sehingga dapat mencerna makanan selain ASI. Dari pemberian MPASI juga dapat menurunkan resiko alergi dari makanan untuk bayi, jika diberikan makanan tepat pada usia 6 bulan alasannya yaitu pada sistem pencernaan yang sempurna pada bayi yang sudah berusia 6 bulan akan menghasilkan IgA, artinya suatu protein immunoglobin yang memiliki peranan untuk melindungi sistem pencernaan. Namun meskipun IgA itu sendiri dapat dihasilkan dari ASI, tetapi produksinya rendah sehingga bayi akan terkena alergi makanan apabila telah diberikan MPASI dibawah usia 6 bulan.

    Sedangkan pada usia 6 bulan bayi sudah mengalami perkembangan dalam menggerakan suatu makanan sehingga dapat mendorong makanan tersebut dari arah depan ke belakang mulut. Maka dengan mekanisme tersebut akan mempermudah untuk bayi dalam menelan MPASI yang telah diberikan.

    Nutrisi apa saja yang dibutuhkan pada usia bayi 6 bulan?
    Usia 6 bulan merupakan awal bagi bayi untuk mengenal asupan nutrisi dari makanan selain ASI, sehingga MPASI harus benar-benar disesuaikan dengan tumbuh kembang bayi.

    Berikut kebutuhan nutrisi atau makanan sehat untuk bayi 6 bulan, diantaranya:

    Protein

    Kandungan protein akan membantu dalam memlihara serta memperbaiki pada jaringan tubuh bayi sehingga akan mampu untuk mengontrol fungsi tubuh oleh enzim. Protein yang bisa didapatkan yaitu dari ikan laut, namun Anda juga harus tetap memilih ikan dengan kandungan mercury yang rendah, seperti yang terdapat pada ikan salmon.

    Lemak

    Lemak juga dibutuhkan untuk bayi karena untuk sumber energi yang menyediakan asam lemak esensial dan juga vitamin larut yang merupakan kepentingan suatu nutrisi yang harus dicukupi dalam usia 6 bulan. Lemak yang dihasilkan dari ikan juga sangat baik dalam perkembangan bayi saat usia 6 bulan.

    Vitamin dan Mineral

    Hampir semua vitamin dibutuhkan untuk perkembangan bayi ketika berusia 6 bulan. Dari mulai Vitamin A, B, K, E, D dan juga vitamin C. Karena vitamin tersebut sangatlah penting. Bisa Anda dapatkan dari beberapa sayuran seperti bayam, brokoli, seledri, labu siam, wortel, atau tomat. Dan sumber buah-buahan yang disarankan untuk bayi 6 bulan yaitu pisang, pepaya, alpukat, apel, mangga, semangka, dan pir.

    Karbohidrat

    Kandungan karbohidrat juga merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan bagi bayi karena untuk membantu menyediakan energi selain dari ASI. Pada usia 6 bulan karbohidrat yang akan dibutuhkan bagi bayi yaitu 68,75 gram sampai 89,39 gram. Dan dapat dihasilkan dari beras merah atau beras putih.

    Related post:

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - February 3, 2017
    Diskusi Dari:
    Chika ELlo

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

    Dijawab Oleh : Chika ELlo
    Diskusi Dari:
    Iszmy Mukhayarin

    Selamat pagi bu saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit saat buang air kecil seperti tersendat-sendat kira2 itu penyakit apa ya bu? mohon penjelasannya trims

    Dijawab Oleh : Iszmy Mukhayarin
    Diskusi Dari:
    Novita dwi

    Selamat siang dok, saya mau tanya kalau mau konsumsi obat tapi konsumsi kopi dulu itu gak papa? Kalu misalkan boleh, paling di kasih jarak berapa jam sebelum mengkonsumsi obat? Jika saya konsumsi kopi sebelum obat, bagai mana dampaknya bagi kesehatan?

    Dijawab Oleh : Novita dwi
    Diskusi Dari:
    Ramadhan

    Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

    Dijawab Oleh : Ramadhan
    Diskusi Dari:
    erin dianawati

    Halo Bu Bidan,
    Saya ingin bertanya, anak saya usia 8 bulan ketika tidur malam hari sering berkeringat padahal udaranya dingin. Apa ada masalah dengan anak saya saya ? Terimakasih sebelumnya

    Dijawab Oleh : erin dianawati