×

Makanan Sehat Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Bagikan Artikel :

www.curhatbidan.com – Sebaiknya bayi hanya mengkonsumsi ASI pada saat 6 bulan pertama. Setelah 6 bulan, bayi sudah dapat mengkonsumsi makanan pendamping ASI atau MPASI. Namun dalam pemberian MPASI juga harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat.

Related Posts :

    Pada saat usia bayi sudah menginjak 6 bulan merupakan waktu yang tepat untuk Bunda memberikan makanan pada bayi atau MPASI (Makanan Pendamping ASI). Karena usia 6 bulan, bayi sudah mampu untuk memproduksi enzym-enzym pencernaan sehingga dapat mencerna makanan selain ASI. Dari pemberian MPASI juga dapat menurunkan resiko alergi dari makanan untuk bayi, jika diberikan makanan tepat pada usia 6 bulan alasannya yaitu pada sistem pencernaan yang sempurna pada bayi yang sudah berusia 6 bulan akan menghasilkan IgA, artinya suatu protein immunoglobin yang memiliki peranan untuk melindungi sistem pencernaan. Namun meskipun IgA itu sendiri dapat dihasilkan dari ASI, tetapi produksinya rendah sehingga bayi akan terkena alergi makanan apabila telah diberikan MPASI dibawah usia 6 bulan.

    Sedangkan pada usia 6 bulan bayi sudah mengalami perkembangan dalam menggerakan suatu makanan sehingga dapat mendorong makanan tersebut dari arah depan ke belakang mulut. Maka dengan mekanisme tersebut akan mempermudah untuk bayi dalam menelan MPASI yang telah diberikan.

    Nutrisi apa saja yang dibutuhkan pada usia bayi 6 bulan?
    Usia 6 bulan merupakan awal bagi bayi untuk mengenal asupan nutrisi dari makanan selain ASI, sehingga MPASI harus benar-benar disesuaikan dengan tumbuh kembang bayi.

    Berikut kebutuhan nutrisi atau makanan sehat untuk bayi 6 bulan, diantaranya:

    Protein

    Kandungan protein akan membantu dalam memlihara serta memperbaiki pada jaringan tubuh bayi sehingga akan mampu untuk mengontrol fungsi tubuh oleh enzim. Protein yang bisa didapatkan yaitu dari ikan laut, namun Anda juga harus tetap memilih ikan dengan kandungan mercury yang rendah, seperti yang terdapat pada ikan salmon.

    Lemak

    Lemak juga dibutuhkan untuk bayi karena untuk sumber energi yang menyediakan asam lemak esensial dan juga vitamin larut yang merupakan kepentingan suatu nutrisi yang harus dicukupi dalam usia 6 bulan. Lemak yang dihasilkan dari ikan juga sangat baik dalam perkembangan bayi saat usia 6 bulan.

    Vitamin dan Mineral

    Hampir semua vitamin dibutuhkan untuk perkembangan bayi ketika berusia 6 bulan. Dari mulai Vitamin A, B, K, E, D dan juga vitamin C. Karena vitamin tersebut sangatlah penting. Bisa Anda dapatkan dari beberapa sayuran seperti bayam, brokoli, seledri, labu siam, wortel, atau tomat. Dan sumber buah-buahan yang disarankan untuk bayi 6 bulan yaitu pisang, pepaya, alpukat, apel, mangga, semangka, dan pir.

    Karbohidrat

    Kandungan karbohidrat juga merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan bagi bayi karena untuk membantu menyediakan energi selain dari ASI. Pada usia 6 bulan karbohidrat yang akan dibutuhkan bagi bayi yaitu 68,75 gram sampai 89,39 gram. Dan dapat dihasilkan dari beras merah atau beras putih.

    Related post:

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 3, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid lebih dari 14hari pertama kali terjadi semenjak menggunakan pil KB

  • Oleh : Osin Mantik
  • 3 minggu, 2 hari yang lalu

    Saya mau brtanya, saya seorang wanita yang menikah di usia muda (17tahun) hampir 2bulan yang lalu dikarenakan beberapa faktor pribadi, 2 minggu pertama setelah pernikahan saya dianjurkan untuk menggunakan pil KB untuk mencegah kehamilan,, jalan 2minggu penggunaan pil KB saya mengalami menstruasi dari tanggal 22agustus dan sampai saat ini 6september masih harus menggunakan pembalut karna masih ada darah yang terus keluar, apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang harus saya lakukan?

  • Oleh : Osin Mantik
  • Puting susu pria

  • Oleh : Terima Harapan Zai
  • 1 bulan, 3 minggu yang lalu

    Cara mengatasi puting susu pria yang menonjol

    Penting

  • Oleh : Ananda
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Sekitar bulan agustus 2018 saya di haid hanya 2 hari saja yaitu pd tgl 16 dan 17. Perut bagian kanan juga terasa sakit. Setelah diperiksa ternyata usus besar saya bermasalah. Hingga hari ini 15 desember 2018 saya belum juga haid,perut juga membesar dan keras serta ada benjolan yg suka berpindah-pindah bahkan kadang berdenyut. Kira-kira saya kenapa ya ? Saya belum menikah. Ingin periksa lagi tapi ada rasa malu. Mohon di balas. Terimakasih

    Menstruasi yang tidak teratur

  • Oleh : herry sinaga
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan,

    aku mau tanya, siklus haid aku setiap bulannya selalu terlambat maksimal setelah meikah april tahun ini telat 1 minggu.

    hal demikian kenapa terjadi ya bu bidan, dan menyebabkan susah hamil atau tidak?

    atau daya da kelainan hormon atau bagaimana bu? dan cara mengatasinya bagaimana agar jika ada kelainan saya bisa mengobatinya sejak dini bu bidan.

    terimakasih

    Berat badan tidak ideal

  • Oleh : MURTI DIANASARI
  • 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum..
    Bu nama saya MURTI DIANASARI. Usia saya 26 tahun tinggi badan saya 150 cm. Tapi berat badan saya hanya 35 kg. Saya ingin menaikan berat badan. Bagaimana cara nya bu?

    Tanya Bidan