Makanan Sehat Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • www.curhatbidan.com – Sebaiknya bayi hanya mengkonsumsi ASI pada saat 6 bulan pertama. Setelah 6 bulan, bayi sudah dapat mengkonsumsi makanan pendamping ASI atau MPASI. Namun dalam pemberian MPASI juga harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat.

    Pada saat usia bayi sudah menginjak 6 bulan merupakan waktu yang tepat untuk Bunda memberikan makanan pada bayi atau MPASI (Makanan Pendamping ASI). Karena usia 6 bulan, bayi sudah mampu untuk memproduksi enzym-enzym pencernaan sehingga dapat mencerna makanan selain ASI. Dari pemberian MPASI juga dapat menurunkan resiko alergi dari makanan untuk bayi, jika diberikan makanan tepat pada usia 6 bulan alasannya yaitu pada sistem pencernaan yang sempurna pada bayi yang sudah berusia 6 bulan akan menghasilkan IgA, artinya suatu protein immunoglobin yang memiliki peranan untuk melindungi sistem pencernaan. Namun meskipun IgA itu sendiri dapat dihasilkan dari ASI, tetapi produksinya rendah sehingga bayi akan terkena alergi makanan apabila telah diberikan MPASI dibawah usia 6 bulan.

    Sedangkan pada usia 6 bulan bayi sudah mengalami perkembangan dalam menggerakan suatu makanan sehingga dapat mendorong makanan tersebut dari arah depan ke belakang mulut. Maka dengan mekanisme tersebut akan mempermudah untuk bayi dalam menelan MPASI yang telah diberikan.

    Nutrisi apa saja yang dibutuhkan pada usia bayi 6 bulan?
    Usia 6 bulan merupakan awal bagi bayi untuk mengenal asupan nutrisi dari makanan selain ASI, sehingga MPASI harus benar-benar disesuaikan dengan tumbuh kembang bayi.

    Berikut kebutuhan nutrisi atau makanan sehat untuk bayi 6 bulan, diantaranya:

    Protein

    Kandungan protein akan membantu dalam memlihara serta memperbaiki pada jaringan tubuh bayi sehingga akan mampu untuk mengontrol fungsi tubuh oleh enzim. Protein yang bisa didapatkan yaitu dari ikan laut, namun Anda juga harus tetap memilih ikan dengan kandungan mercury yang rendah, seperti yang terdapat pada ikan salmon.

    Lemak

    Lemak juga dibutuhkan untuk bayi karena untuk sumber energi yang menyediakan asam lemak esensial dan juga vitamin larut yang merupakan kepentingan suatu nutrisi yang harus dicukupi dalam usia 6 bulan. Lemak yang dihasilkan dari ikan juga sangat baik dalam perkembangan bayi saat usia 6 bulan.

    Vitamin dan Mineral

    Hampir semua vitamin dibutuhkan untuk perkembangan bayi ketika berusia 6 bulan. Dari mulai Vitamin A, B, K, E, D dan juga vitamin C. Karena vitamin tersebut sangatlah penting. Bisa Anda dapatkan dari beberapa sayuran seperti bayam, brokoli, seledri, labu siam, wortel, atau tomat. Dan sumber buah-buahan yang disarankan untuk bayi 6 bulan yaitu pisang, pepaya, alpukat, apel, mangga, semangka, dan pir.

    Karbohidrat

    Kandungan karbohidrat juga merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan bagi bayi karena untuk membantu menyediakan energi selain dari ASI. Pada usia 6 bulan karbohidrat yang akan dibutuhkan bagi bayi yaitu 68,75 gram sampai 89,39 gram. Dan dapat dihasilkan dari beras merah atau beras putih.

    Related post:

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - February 3, 2017
    Diskusi Dari:
    Salma Syarifah Latipah

    Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

    Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
    Diskusi Dari:
    Adhy Putra Lautan

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saat hamil ? Saya sedang hamil 7 bulan, sering mengeluhkan sakit pinggang.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Cherma

    Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

    Dijawab Oleh : Cherma
    Diskusi Dari:
    Rani Anggraeni

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    uye (wanita)

    saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

    Dijawab Oleh : uye (wanita)