×

Manfaat Buah Kurma Untuk Bayi

Bagikan Artikel :

Manfaat Buah Kurma Untuk Bayi

Buah kurma dikenal dengan makanan yang kaya akan nutrisi. Buah kurma juga banyak digunakan untuk menyuburkan organ reproduksi bagi pasangan yang sedang program hamil. Selain memiliki banyak manfaat untuk orang dewasa, kurma juga memiliki khasiat bagi bayi lho bun! Tapi sebelum memberikan buah kurma kepada bayi, bayi harus berusia minimal 6 bulan setelah dikenalkan MPASI. Kurma sebaiknya dikenalkan secara perlahan dengan bantuk halus atau puree. Lalu apa saja kandungan yang ada pada buah kurma?

Kandungan Buah Kurma

Kurma mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Oleh American Heart Association, kurma diakui sebagai makanan yang sehat untuk jantung karena rendah kolesterol dan lemak.

Kurma juga mengandung nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, Bunda. Contohnya, dalam 100 gram kurma medjool mengandung vitamin B9, B3, B6, B2, dan B1. Selain itu, ada kandungan vitamin A, K, zat besi, magnesium, fosfor, dan zinc (seng).

Related Posts :

    Setiap satu buah kurma utuh menawarkan nilai gizi untuk bayi, yakni mengandung kalori, serat, zat besi, kalsium, kalium, vitamin A, folat, dan sejumlah kecil niasin. Lalu apa saja manfaat kurma bagi bayi? Mengutip Parenting Firstcry, berikut 8 manfaat kurma untuk anak:

    Manfaat Buah Kurma Untuk Bayi

    1. Perkembangan otak
      Kurma mengandung kalium yang baik untuk tumbuh kembang otak anak. Pemenuhan nutrisi kalium dapat membantu perkembangan kognitif bayi secara keseluruhan.
    2. Mengatasi sembelit
      Kandungan serat yang tinggi dalam kurma bisa meningkatkan penyerapan air. Pada akhirnya, ini membantu mengatasi sembelit dan melancarkan bayi untuk buang air besar.
    3. Meringankan gejala demam
      Demam sering menyerang anak-anak, Bunda. Nah, memberi di kecil kurma ternyata bisa meringankan gejala demam, terutama saat terjadi diare.
    4. Mencegah gangguan pencernaan
      Buah kurma ternyata bisa membantu menghilangkan organisme parasit dalam tubuh bayi lho. Selain itu, kurma juga dapat menumbuhkan bakteri baik di usus serta mencegah masalah gangguan pencernaan di organ ini.
    5. Melindungi organ hati
      Bayi sangat rentan dengan infeksi virus dan bakteri yang bisa berdampak buruk pada hati. Untuk melindunginya, kita bisa memberikan kurma ke menu makan bayi. Kurma diketahui memiliki sifat pelindung yang bisa menjaga kesehatan organ hati.
    6. Bikin gigi lebih kuat
      Kurma bisa diberikan pada bayi yang sedang bertumbuh giginya. Tak cuma bikin gigi tumbuh lebih kuat, kurma juga bisa memperkuat gusi.
    7. Membantu pemulihan cacar
      Kandungan nutrisi kurma dapat membantu pemulihan sakit cacar dan demam lebih cepat. Bunda cukup mencampurkan kurma dengan susu yang dikonsumsi bayi.
    8. Meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah
      Kurma mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi berfungsi meningkatkan jumlah hemoglobin dalam sel darah merah di kecil, Bunda. Selain itu, zat besi juga membantu pertumbuhan rambut dan memberi nutrisi pada kulit.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 23, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Insomnia Akut

  • Oleh : Alfiyah
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

  • Oleh : Alfiyah
  • Pake IUD saat berhubungan intim

  • Oleh : Azelia Jihan saputri
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok, saya mau bertanya kalo melahirkan anak pertama terus di pasang IUD yg 8 tahun. Apakah saat berhubungan intim mengeluarkan sperma kedalam vagina apakah bisa hamil atau tidak?saat pake IUD?. Apakah saat berhubungan intim pake IUD terasa sakit atau tidak dok? Terima kasih dok

    Miss v

  • Oleh : Nur Nhur ani rumatumia
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum. Wr. Wb

    Selamat soreh bu bidan,
    Saya mau tanya kenapa saat saya kencin kemaluan saya sakit sekali, dan itu sudah berminggu-minggu lamanya

    Di tambah lagi perih di dalam lubang kemaluan saya dan takkunjung hilang,
    Kenapa ya bidan??

  • Oleh : Nur Nhur ani rumatumia
  • Payudara kecil

  • Oleh : Hairatul Hasanah
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok mau tanya nih aku udah hampir beumur 20th, cuma kenapa ya payudara aku seperti kurang besar dari normalnya gitu, mohon penjelasannya dok?

    Isolasi mandiri

  • Oleh : Eko Pratama
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Apakah boleh berhubungan dengan istri selama isolasi mandiri,?
    Saya tidak mempunyai gejala corona

    Tanya Bidan