×

Manfaat Vitamin D Untuk Bayi

Bagikan Artikel :

Manfaat Vitamin D Untuk Bayi

Selain vitamin A, vitamin B (B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B 12), vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Bayi juga membutuhkan vitamin D. Selain dari ASI dan beberapa makanan, vitamin D bisa di dapat dari sinar matahari. Oleh karena itu agar kebutuhan vitamin D terpenuhi bayi sebaiknya perlu terpapar radiasi ultraviolet B (UVB) tingkat rendah dari sinar matahari.

Setelah mengetahui sumber Vitamin D, Ibu juga perlu memahami bahwa Vitamin D dikenal sebagai nutrisi yang baik untuk tulang dan gigi. Lalu apa saja nih manfaat vitamn D untuk bayi? Yuk simak di bawah ini!

Related Posts :

    Manfaat Vitamin D Untuk Bayi

    1. Mengoptimalkan pertumbuhan tulang
      Bayi memiliki pertumbuhan tulang yang cepat. Agar dapat tumbuh tinggi, maka ia sangat memerlukan cukup asupan vitamin D. Ibu perlu selalu memantau pertumbuhan panjang badan bayi setiap bulan dan melihat dari grafik tumbuh kembang bayi yang ada di KMS. Jika ia memiliki panjang badan yang normal sesuai usianya, artinya ia sudah cukup mendapatkan asupan vitamin D. Namun jika belum, Ibu perlu untuk meningkatkan asupan vitamin D pada buah hati.
    2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
      Tulang bayi masih rentan rapuh. Untuk itu vitamin D diperlukan untuk menunjang kesehatan tulang agar tidak mudah rapuh dan membuat bayi berisiko terkena osteoporosis di masa depan. Selain itu, vitamin D juga dibutuhkan agar pertumbuhan gigi bayi lebih cepat, lebih kuat, dan tidak mudah keropos.
    3. Mengontrol jumlah kalsium dalam darah
      Kalsium diperlukan untuk banyak hal, diantaranya adalah membangun dan memperbaiki tulang dan gigi, membantu kinerja otot, pembekuan darah, membantu kinerja jantung, dan membantu kinerja saraf.
      Tugas vitamin D adalah untuk mengontrol jumlah kalsium dalam darah supaya tidak menjadi rendah (hipokalsemia) maupun tinggi (hiperkalsemia). Saat terjadi hipokalsemia, maka tulang akan mengeluarkan kalsium untuk membuat kadar kalsium dalam darah normal kembali. Sedangkan saat terjadi hiperkalsemia, kalsium berlebih di dalam tulang akan dikeluarkan tubuh melalui air kencing dan feses.
    4. Meningkatkan sistem imun tubuh
      Saat bayi Ibu sedang terkena penyakit, maka vitamin D akan mempercepat masa pemulihan. Ini karena fungsinya yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Jika bayi memiliki daya tahan tubuh yang kuat, ia pun tidak akan rentan terserang penyakit. Jika bayi sudah menandakan gejala-gejala sakit, segera jemur ia di bawah sinar matahari pagi ya, Bu.
    5. Mengurangi risiko alergi
      Sumber vitamin D sinar matahari juga sangat baik untuk mengurangi risiko alergi, Bu. Bila bayi berisiko tinggi memiliki alergi, maka Ibu perlu untuk mencukupi asupan vitamin D nya setiap hari. Dengan begitu, risiko ia untuk terkena alergi akan lebih kecil.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 19, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makanan Pemicu Keguguran

  • Oleh : Nenden Mustika
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil 3 bulan dan ini merupakan pengalaman pertama saya. Saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan bagi ibu hamil muda yang memicu keguguran, takutnya saya salah makan mohin di jawab bu bidan terimakasih

  • Oleh : Nenden Mustika
  • Kehamilan

  • Oleh : Suci Satwari
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok,saya suci mau nanyak,
    Semenjak nikah udh 1,5 tahun saya haid sebulan 2x.
    D USG kata dokter hormon.
    Saya pengen punya momongan.
    Apakah bahaya haid sebulan 2x dok

    Kehamilan

  • Oleh : Alex Alex
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok kmrn saya main dan saya keluar di dalam. Bagai mana cara mengatasinya agar tidak hamil

    hamil pasca operasi kehamilan ektopik

  • Oleh : Lusi
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore buk,,
    saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

    Program kehamilan

  • Oleh : Claudia anggelina
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dimana alamat untuk akupuntur kehamilan

    Tanya Bidan