×

Pengaruh Buruk Penggunaan AC Pada Bayi

Bagikan Artikel :

Setiap orang tua tentunya berharap sang bayi berada dalam kondisi kesehatan terbaik serta tumbuh berkembang dengan cepat baik dalam hal fisik ataupun otak. Berbagai nutrisi yang diberikan pada bayi baik itu ASI eksklusif dan dilanjutkan dengan berbagai makanan sehat khusus untuk snag bayi setelah sudah beberapa bulan. Tidak lupa juga dalam kebersihan juga sangat diperhatikan supaya bayi akan merasa nyaman dengan tubuhnya dan pada kulitnya pun tidak akan mengalami masalah.

Mendapatkan udara sejuk dari penggunaan AC (Air Conditioner) memang sangat dibutuhkan untuk mengendalikan dari suhu panas yang semakin lama akan semakin meningkat intensitas panasnya. Dan berikut terdapat beberapa manfaat dari penggunaan AC yang dapat dirasakan bagi pemakainya, meliputi :

  • Mencegah dehidrasi pada tubuh yang terserang hawa panas.
  • Mengendalikan hawa udara yang panas dan lembab.
  • Rasa sejuk dan mampu menenangkan pikiran dan jiwa.
  • Menjadikan kondisi ruangan menjadi lebih bersih.
  • Meningkatkan produktifitas secara individu.
  • Mengurangi kelelahan dan memperbaiki metabolisme tubuh.
  • Meningkatkan konsentrasi pikiran.
  • Mencegah rasa sakit kepala dan ketegangan pada otot leher.
  • Meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Namun perlu Anda ketahui dibalik dari berbagai manfaat penggunaan AC ternyata mempunyai pengaruh buruk terutama pada bayi jika dalam penggunaannya tidak benar.

Berikut pengaruh buruh penggunaan AC pada bayi :

Menderita Sakit Kepala dan Rewel

Pada kondisi suhu kamar dengan menggunakan AC diatas 25 derajat celcius, maka akan mengakibatkan penyumbatan ringat pada aliran darah pada kepala, sehingga sang bayi atau anak akan mengalami rasa sakit kepala serta rewel.

Menimbulkan Alergi

Related Posts :

    Bayi yang memiliki kulit sensitif udara sejuk apalagi dari penggunaan AC maka akan membuat kulit bayi menjadi kering dan ruam-ruam beserta gatal-gatal. Dan inilah reaksi yang terjadi pada kulit yang sensitif.

    Mengalami Sindrom Carpal Tunner

    Apabila AC yang terlalu dingin maka sang bayi akan mengalami sindrom carpal tunner yang artinya terjadi pembengkakan pada seputar tangan dan pergelangan tangan. Jari tangan dan kaki juga akan mengalami kesemutan serta diakhiri dengan rasa nyeri.

    Mudah Kelelahan

    Udara yang sejuk dan kering tidak akan menyebabkan tubuh sang bayi berkeringat namun karena kurangnya cairan keringat yang keluar dari tubuh maka akan mengakibatkan tubuh menjadi tidak bisa mengeluarkan racun secara normal. Apabila kondisi terus menerus maka akan mudah kelelahan.

    Sering Buang Air Kecil

    Karena temparatur pada suhu AC terlalu dingin secara perlahan udara akan melepaskan Zat Phtalates yang akan menyebabkan sering buang air kecil. Hal ini karena air seni yang telah tertampung pada kandung kemih akan mendapatkan tampungan air seni dengan cepat sehingga akan menimbulkan mulas serta kedinginan.

    Terganggu Sistem Pernafasan

    Kesejukan AC dapat memicu penyakit asma yang berhubungan dengan kelancaran sistem pernafasan. Tarikan nafasnya akan tersengal dan terputus-putus.

    Mudah Terserang Pilek

    Sang bayi akan mudah terserang flu yang diawali dengan bersin-bersin kemudian hidung pilek. Apabila hal ini terjadi maka itulah pertanda bahwa pada sistem kekebalan tubuhnya menurun dan harus lakukan pencegahan supaya tidak terjadi demam.

    Nyeri Sendi dan Tulang

    Pada tulang sang bayi yang masih dalam masa pertumbuhan dan masih tergolong tulang rawan, apabila tidak kuat dengan udarah AC yang dingin maka tulang dan sendi akan mengalami nyeri dan juga pegal-pegal. Karena hal ini diakibatkan udara dingin yang masuk pada aliran darah yang melalui lubang hidung, telinga, rongga mulut serta pori-pori kulit sehingga akhinya akan menyerang pada tulang.

    Kesulitan Tidur

    Bayi dan anak harus disesuaikan pada pola tidurnya yang dibutuhkan dalam sehari bertujuan untuk kesehatan dan pertumbuhan organ tubuhnya. Namun apabila berada pada ruangan AC maka tidak akan tidur dengan nyenyak atau membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat tertidur pulas.

    Kelumpuhan Sementara Pada Area Wajah

    Suhu udara ruangan yang kurang dari 20 derajat celcius yang sudah bisa dirasakan oleh sang bayi sebagai suhu yang sangat dingin. Karena suhu tersebut akan mengakibatkan wajah dan juga sekitarnya mengalami lumpuh dan tidak dapat digerakan, hal ini terjadi karena adanya pembekuan pada saraf wajah.

    Catatan penting :

    • Apapun yang dilakukan harus dengan wajar, bijak dan tidak berlebihan sehingga dampak buruk dari penggunaan AC akan dapat dihindaro. Sebelum menggunakan AC, perlu diingat bahwa saat kondisi bayi dan orang dewasa tidaklah sama maka cara penggunaannya pun mempunyai aturan yang berbeda.
    • Apabila Anda ingin memberikan kesejukan serta kenyamanan pada anak diruangan, alangkah baiknya untuk memilih AC yang berukuran kecil dan disesuaikan dengan besarnya ruangan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 13, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    cara mengatasi kebiasaan anak usia 5 tahun yang masih suka mengompol di tempat tidur

  • Oleh : Vita Ratnasari
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    ibu bidan, anak saya laki-laki usia 5 tahun masih suka minum susu pake botol, juga masih suka ngompol di tempat tidur, bagaimana solusinya ya?

    Kehamilan

  • Oleh : ANGGUN
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih

    Mansturbasi.

  • Oleh : Arif Pratama
  • 11 bulan yang lalu

    Selamat malam ibu dokter. Saya mewakili teman saya ingin bertanya.
    Masalah nya temen saya hampir setiap 2 minggu sekali onani dan itu rutin . Dan dia sudah melakukan onani ini sudah dari 3 tahun yang lalu . Dan sekarang setiap menonton film porno alat kelamin nya ngga ereksi nya ga sekeras yang dulu.
    Pertanyaan nya. : apakah dampak terlalu sering onani dapat menyebabkan penurunan ereksi ?
    Dan adakah cara untuk membuat si alat kelaminya itu keras lagi seperti dulu ?
    Terima kasih dokter . . 🙏🏻

    Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    apa pengaruh dari ibu hamil yang sering buang-buang air (maaf) mencret?

  • Oleh : Via
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    ibu bidan, saya mau bertanya tentang istri saya yang mengalami buang-buang air mencret, katanya perutnya tidak enak seperti ada bunyi air deras, dia juga punya maag. apa bahaya nanti buat janin di dalam perutnya?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan