×

Tips Agar Otot Leher Bayi Kuat

Bagikan Artikel :

Tips Agar Otot Leher Bayi Kuat

Kondisi leher bayi memang sangat lemah, sehingga Bunda perlu berhati-hati saat menggendong si Kecil. Kekuatan leher bayi dalam menopang kepalanya memang akan berkembang seiring bertambahnya usia. Otot leher bayi yang baru lahir sangat lemah dan akan membutuhkan bantuan ibu untuk menopang leher dan kepalanya. Kira-kira usia berapakah otot leher bayi mulai kuat sehingga bisa mengangkat kepalanya sendiri? Setiap perkembangan anak berbeda-beda, rata-rata bayi sudah mulai mengangkat otot leher ketika berusia 3 bulan. Sebenarnya, ibu harus rajin menstimulasi leher bayi supaya bisa lebih kuat. Yuk lakukan beberapa cara ini!

Related Posts :

    Cara Menstimulasi Otot Leher Si Kecil

    1. Melakukan tummy time secara rutin
      Menurut situs BabyCenter, umumnya bayi mulai menunjukkan bisa mengangkat kepala sekitar usia 1-2 bulan. Saat dalam keadaan tengkurap, bayi mulai dapat mengangkat sedikit kepalanya walau hanya sebentar. Gerakan mengangkat kepala ini makin tinggi ketika usianya memasuki 3-4 bulan. Sampai akhirnya usia 6 bulan, leher bayi sudah kuat dan kokoh dalam menopang kepalanya
      Meletakkan bayi yang terbangun dalam posisi tengkurap dapat melatih bayi untuk mengangkat kepalanya. Untuk membuatnya semangat melakukan hal ini, ibu bisa menggunakan mainan untuk menarik perhatiannya. Selain itu, ajak juga bayi mengobrol dan bercanda dengan posisi ibu tengkurap berhadapan. Lakukan secara rutin agar si kecil terbiasa mengangkat kepalanya.
    2. Buat si kecil menggerakkan kepalanya
      Untuk membuat si kecil menggerakkan kepalanya, ibu bisa menggunakan mainan dari berbagai sudut yang berbeda sehingga bisa menengok ke kanan, ke kiri, dan depan. Ajak juga ia berbicara dari sisi yang berbeda-beda sehingga kepalanya akan bergerak mengikuti arah suara ibu. Ibu juga bisa menunjuk ke berbagai arah yang berbeda untuk memancing si kecil menengokkan kepalanya.
    3. Latih dengan mengangkat pergelangan tangan
      Ketika otot leher bayi sudah cukup kuat, ibu bisa melatihnya mengangkat kepala dengan cara memegang pergelangan tangannya dan mengangkatnya secara perlahan. Bayi biasanya akan otomatis mengangkat kepalanya mengikuti arah tarikan ibu. Ajak bayi ngobrol dan becanda terlebih dahulu sebelum mengangkatnya secara perlahan. Lakukan sambil melihat reaksi si kecil. Jangan paksakan ketika ibu melihat si kecil tidak terdorong untuk mengangkat kepalanya.
    4. Menyusui sambil tengkurap
      Memberikan ASI kepada si kecil dengan cara meletakkannya tengkurap di dada ibu akan membuat si kecil belajar mengangkat kepalanya sekaligus melatih kekuatan lehernya. Biarkan ibu melakukan hal tersebut supaya tumbuh kembang bayi lebih cepat. Ibu bisa melakukan ini secara rutin sehingga bayi akan terbiasa.
    5. Gendong dengan posisi kepala bayi tegak
      Ketika bayi baru lahir ibu sering menggendongnya dengan posisi kepala tertidur, ibu bisa ubah posisinya ketika otot leher bayi sudah mulai kuat. Gendong bayi dengan posisi kepala tegak, baik kepalanya menghadap atau membelakangi dada ibu. Dengan begini, ia akan belajar untuk selalu menegakkan kepalanya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 28, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Organ kewanitaan

  • Oleh : Asmi Ruswita
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, keluhan saya yaitu keputihan tapi bening dan sediki sedikit ingin pipis seperti anyang anyangan. Kalau buang air kecil sedikit panas jika setelah selesae buang air kecil. Apakah itu normal atau bagaimana dok solnya saya baru pertma kali mengalami seperti ini.
    Tlong jawabanya dok terimakasi

    Keputihan

  • Oleh : Rismawati Sr
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Dok.. Nama Saya Rismawati Umur 20 Tahun, Saya Keputihan Mulai Bulan 8 Thn Kemarin Dok, sampai Sekarang Belum Sembuh, Padahal Udah minum BanyaK Obat, Jamu, udah pake Daun Sirih juga tapi gak ada perubahan, Keputihan Saya Gatal, Bau Amis, warnanya agak kuning, Terus Kental, kalau berhubungan Nyeri, Panas, terus ada benjolan juga Dok.. Mohon Solusinya Dok, Soalnya Saya Belum Punya Anak, Saya Udah Nikah 1 tahun Lebih….

    Keram perut

  • Oleh : Kikie Amel
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, saya positif hamil, mens akhir 29juni tp blm memeriksakan diri ke dokter, yg saaya rasakan perut sakit seperti mau haid.. Saya pernh mengalami keguguran pd bln desember 2019 ktnya janin tdk berkembang, normal kah hamil sy yg sering sakit sperti mau haid ini dok??

  • Oleh : Kikie Amel
  • Masalah BAB

  • Oleh : 3215086001930005 Dedeh mahmudah
  • 11 bulan, 1 minggu yang lalu

    Bu bidan,anak saya usia 6 bulan,sudah di beri MPASI,,awal Minggu pertama bab lancar,tapi sekrang sudah seminggu belum BAB,bahaya tidak Bu untuk kesehatan anak saya.??? Tolong jawaban nya ya

  • Oleh : 3215086001930005 Dedeh mahmudah
  • bagaimana cara merawat kulit bayi baru lahir

  • Oleh : Alfiyah
  • 7 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau nanya bagaimana cara merawat kulit bayi yang baru lahir. Bulan lalu saya melahirkan dan masih bingung untuk perawatan kulit anak saya. Saya takut salah pakai produk untuk bayi karena kulit bayi baru lahir katanya sangat sensitif mohon di jawab ya bu bidan terima kasih sebelumnya

    Tanya Bidan