×

10 Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

10 Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Saat hamil, konsumsi makanan sehat termasuk buah-buahan sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya. Salah satu buah yang aman dikonsumsi ibu hamil yaitu buah pir. Sebab ada banyak manfaat buah pir untuk ibu hamil.

Related Posts :

    Buah pir mengandung banyak nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan. Kandungan buah pir antara lain; serat, fosfor, zat besi, kalium, zinc, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan asam folat. Dari kandungan tersebut wajar jika manfaat buah pir bagi ibu hamil juga sangat beragam.

    Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

    1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
      Manfaat pertama yang bisa dirasakan ibu hamil jika mengonsumi buah pir yaitu bisa meningkatkan imun tubuh. Selama kehamilan biasanya sistem imun perempuan akan menurun, sehingga ibu hamil lebih rentan sakit. Advertisement Buah pir diketahui bisa menguatkan sistem imun ibu hamil, melawan radikal bebas, dan mencegah infeksi. Sebab buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dalam setu buah pir, diketahui ada 10 mg vitamin C.
    2. Menjaga Kesehatan Pencernaan
      Ketika hamil, biasanya banyak orang mengeluhkan sembelit atau sulit buang air besar. Kondisi tersebut jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan masalah yang lebih parah. How to Break Free From ‘Doom-Scrolling’ Untuk mengatasi sembelit, ibu hamil bisa mengonsumsi buah pir. Sebab buah ini mengandung serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.
    3. Meningkatkan Energi
      Manfaat buah pir untuk ibu hamil selanjutnya yaitu untuk menambah energi. Ibu hamil pada umumnya cepat merasa lelah, sehingga membutuhkan tambahan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Meskipun demikian, konsumsi karbohidrat dan gula yang terlalu banyak bisa meningkatkan berat badan dan berisiko menyebabkan diabetes. Maka dari itu, konsumsi buah pir menjadi cara tepat untuk menambah energi saat hamil. Sebab dalam satu buah pir sudah terdapat 143 kalori. Kandungan kalori dalam buah pir terdiri atas gula alami (glukosa dan fruktosa). Gula tersebut bisa menambah energi ibu hamil dan bisa menekan keinginan konsumsi makanan manis saat hamil. Tidak hanya itu, buar pir juga mengandung banyak serat sehingga kalori yang disantai bisa lebih mengenyangkan.
    4. Sumber Asam Folat
      Asam folat merupakan nutrisi penting bagi ibu hamil terutama saat trimester pertama. Asam folat berguna untuk mencegah bayi cacat saat lahir seperti kelainan struktur otak dan tulang belakang. Maka dari itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi suplmen asam folat. Selain dari suplemen khusus, asam folat juga bisa diperoleh dari makanan seperti buah pir. Dalam buah pir ada sekitar 14 mikrogram asam folat. Walaupun tidak terlalu banyak, namun asam folat dalam buah pir tetap memberikan manfaat pada ibu hamil
    5. Meredakan Stres
      Manfaat buah pir untuk ibu hamil juga bisa untuk meredakan stres. Pir termasuk dalam anti depresan ringan dan alami, sehingga aman untuk dikonsumsi ibu hamil
    6. Memelihara Kesehatan Jantung dan Tulang
      Pir merupakan buah yang tinggi kalium. Dalam 100 gram buah pir diketahui ada sekitar 116 mg kalium. Mineral ini berguna untuk menjaga fungsi jantung ibu hamil dan bayi dalam kandungannya. Selain itu, kalium juga berguna untuk regenerasi sel yang juga penting bagi ibu hamil. Kalium juga diketahui baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang janin.
    7. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah
      Buah pir hijau memiliki indeks glikemik yang rendah. Maka dari itu, buah ini baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah selama kehamilan. Kandungan indeks glikemik yang rendah membuat buah ini relatif aman untuk dikonsumsi ibu hamil yang mengidap penyakit diabetes
    8. Sumber Vitamin A
      Selain berguna sebagai sumber asam folat, manfaat buah pir untuk ibu hamil lainnya yaitu sebagai sumber vitamin A. Sama halnya dengan asam folat, vitamin A juga diperlukan selama masa kehamilan. Vitamin ini berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan memelihara perkembangan mata janin. Tak hanya itu, vitamin A juga berperan dalam perkembangan sistem pernapasan, sistem saraf, dan sistem peredaran darah
    9. Mencegah Kanker
      Buah pir diketahui mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat tersebut berguna untuk mengikat dan membuat zat karsinogenik. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa konsumsi buah pir hijau sebanyak satu buah setiap harinya bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara sebanyak 34% pada wanita yang telah menepause. Baca Juga 7 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil
    10. Mencegah Terjadinya Cacat pada Janin
      Manfaat buah pir lainnya yaitu mencegah cacat pada janin. Sebab buah ini mengandung vitamin B6 yang membantu pertumbuhan jaringan saraf janin. Selain itu, vitamin B6 juga berguna untuk membuat tubuh tetap sehat dengan mengatur respon sistem imun terhadap infeksi yang terjadi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 23, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Konsultasi masalah haid

  • Oleh : Tukijo
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Maaf pak/buk dokter saya mau konsultasi, usia saya sekitar 20.n , semenjak saya pindah kerja kok jadwal haid saya jd kurang teratur ya..? Apakah itu normal..? Atau pengaruh hormon.? Apa karena kecapek.n atau gejala penyakit ya dok..? Terus solusi buat saya gmna ya dok

    Maaf sebelumnya dan terima kasih. 😊

    kehamilan

  • Oleh : winda dwipayani
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    saya telat haid sekitar 5 hari, hari pertama haid terakhir saya tanggal 9 oktober 2020 , berapakah usia kehamilan saya , dan usia kehamilan keberapakah lebih baik dilakukan usg ?

    dan apakah normal/tidak jika saya akhir2 ini serig diare setelah makan ?

  • Oleh : winda dwipayani
  • Kehamilan

  • Oleh : Diah Kusuma
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum…
    saya mau tanya. hari mens pertama saya tgl 13 maret, dan tgl 15 maret harusnya suntik kb 1 bulan. tapi sampai sekarang saya blum kb lagi dan sudah berhubungan. sekarang apa saya hamil ya, dan kapan bisa mulai di testpack nya, trmakasih.

    Telat Menstrulasi

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang dok…
    Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

  • Oleh : Pipit Winartii
  • Amankah episiotomi saat persalinan?

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

    Tanya Bidan