×

Waspada Invaginasi Yang Menyerang Bayi Dibawah Usia 2 Tahun

Bagikan Artikel :

Waspada Invaginasi Yang Menyerang Bayi Dibawah Usia 2 Tahun

Invaginasi terjadi karena ususnya masuk ke usus lain, sehingga ususnya terjepit dan mengakibatkan penyumbatan di dalam usus atau obstruksi usus. Intususepsi umumnya terjadi pada bagian yang menghubungkan usus halus dan usus besar.

Kondisi ini dapat menyebabkan terhambatnya proses penyaluran makanan, sirkulasi darah, dan cairan di dalam tubuh. Jika tidak segera ditangani, dapat mengakibatkan matinya jaringan usus, robeknya dinding usus atau perforasi, hingga infeksi pada rongga perut atau peritonitis.

Invaginasi biasanya terjadi pada bayi berusia enam bulan hingga dua tahun. Penyebabnya, bisa virus, bakteri, atau rotavirus. Invaginasi juga bisa terjadi bila bayi diberi makan tidak sesuai dengan usianya. Misalnya, dua bulan sudah dikasih pisang. Itu tidak baik bagi pencernaannya dan bisa terjadi invaginasi.

Gejala Invaginasi

Gejala pertama bayi mengalami invaginasi adalah menangis tiba-tiba dan mengangkat kedua kakinya. Dari tidur, lalu menangis kejer dan kedua kakinya diangkat. Untuk gejala lainnya yaitu:

Related Posts :
    1. Mual
    2. Muntah
    3. Lemas
    4. Konstipasi
    5. Nyeri di sekitar perut
    6. Timbulnya benjolan di perut
    7. Tinja mengandung darah atau lendir.

    Penanganan Invaginasi

    1. Barium enema. Selain untuk pemeriksaan, metode ini juga bisa digunakan dalam menangani intususepsi. Barium enema termasuk penanganan yang cukup efektif.
    2. Operasi. Ini merupakan metode penanganan utama bagi pasien dewasa, serta bagi penderita intususepsi yang parah. Dalam prosedur operasi, dokter akan meluruskan bagian usus yang terlipat, sekaligus mengangkat jaringan usus yang mati.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 5, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    3x tespek

  • Oleh : samanthabarrient
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Sebelum telat haid sy pernah 2x tespek tp 1 hasil negatif 1 lagi 2 garis tapi samar membayang setelah telat haid 2 hari sy tespek lagi namun negaif , yg saya rasakan sdh 2 minggu ini pusing migran mual dan baru2 ini tenggorokan sy sakit . Apakah sy harus nunggu beberapa hari lagi untuk tespek kembali atau sy langsung memeriksakan diri ke bidan/usg ?

    Bayi Usia 2 Minggu Belum BAB 9 Hari

  • Oleh : Ivie Suci
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

    Keputihan

  • Oleh : Niken Adelia
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dokter saya mau tanya, saya baru selesai haid tiba” bangun tidur terdapat cairan seperti susu berwarna putih tetapi tidak berbau, setelah beberapa menit tiba” terasa habis ngompol dan keluar cairan lagi seperti susu coklat, apakah berbahaya?

    Kontrasepsi

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    Tanya Bidan