×

Waspada Invaginasi Yang Menyerang Bayi Dibawah Usia 2 Tahun

Bagikan Artikel :

Waspada Invaginasi Yang Menyerang Bayi Dibawah Usia 2 Tahun

Invaginasi terjadi karena ususnya masuk ke usus lain, sehingga ususnya terjepit dan mengakibatkan penyumbatan di dalam usus atau obstruksi usus. Intususepsi umumnya terjadi pada bagian yang menghubungkan usus halus dan usus besar.

Kondisi ini dapat menyebabkan terhambatnya proses penyaluran makanan, sirkulasi darah, dan cairan di dalam tubuh. Jika tidak segera ditangani, dapat mengakibatkan matinya jaringan usus, robeknya dinding usus atau perforasi, hingga infeksi pada rongga perut atau peritonitis.

Invaginasi biasanya terjadi pada bayi berusia enam bulan hingga dua tahun. Penyebabnya, bisa virus, bakteri, atau rotavirus. Invaginasi juga bisa terjadi bila bayi diberi makan tidak sesuai dengan usianya. Misalnya, dua bulan sudah dikasih pisang. Itu tidak baik bagi pencernaannya dan bisa terjadi invaginasi.

Related Posts :

    Gejala Invaginasi

    Gejala pertama bayi mengalami invaginasi adalah menangis tiba-tiba dan mengangkat kedua kakinya. Dari tidur, lalu menangis kejer dan kedua kakinya diangkat. Untuk gejala lainnya yaitu:

    1. Mual
    2. Muntah
    3. Lemas
    4. Konstipasi
    5. Nyeri di sekitar perut
    6. Timbulnya benjolan di perut
    7. Tinja mengandung darah atau lendir.

    Penanganan Invaginasi

    1. Barium enema. Selain untuk pemeriksaan, metode ini juga bisa digunakan dalam menangani intususepsi. Barium enema termasuk penanganan yang cukup efektif.
    2. Operasi. Ini merupakan metode penanganan utama bagi pasien dewasa, serta bagi penderita intususepsi yang parah. Dalam prosedur operasi, dokter akan meluruskan bagian usus yang terlipat, sekaligus mengangkat jaringan usus yang mati.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 5, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pendarahan setelah melakukan hubungan badan

  • Oleh : Reni Ristiani
  • 4 bulan yang lalu
  • Oleh : Reni Ristiani
  • Impotensi

  • Oleh : Hasbi Syadiki
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Pagi suster
    Nama saya hasbi syadiki
    Umur :19 tahun
    Saya memang sering melakukan onani dari sejak kelas smp 1 sampai sekarang
    Belakangan ini penis saya susa eraksi tapi penis saya eraksi tadi pagi habis dari bangun tidur
    Saya pancing nonton film dewa mr p saya eraksi tapi klau diluar rumah saya lihat cewek seksi mr p saya susah eraksi.
    Itu kenapa ya suster terimakasih

    Telat haid

  • Oleh : Risma Imma
  • 3 bulan, 1 minggu yang lalu

    Saya mau Tanya. Wkt bulan 10 Saya haid Dari TGL 29-2 November. Kemudian akhir November Saya seprtinya ada kluar darah tapi semacam flek. Mulai December sampai sekrang tidk prnh lagi tpi Saya tespack masih negatif. Apakah itu bulan ketika flek kluar sudah terhitung telat datang bulan? Dan apakah Saya ada kemungkinan hamil tpi tespack masih negatif

    menstruasi yang tidak normal

  • Oleh : Intan Nuraini
  • 4 bulan, 3 minggu yang lalu

    assalamualaikum bu bidan saya boleh nanya? sebelumnya kenalin nama saya intan umur 14 tahun keluhannya saya sudah 1 setengah tahun tidak mens apakah itu wajar? terakhir saya mens itu kelas 8 kemarin bu bidan

    penyebabnya apa ya bu terimakasih

  • Oleh : Intan Nuraini
  • Apakah Nyeri Haid Mempengaruhi Kesuburan ?

  • Oleh : Risky nur
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan, saya sering mengalami sakit ketika sedang menstruasi, rasa sakitnya seperti di remas atau dililit dan ini selalu membuat tubuh saya lemas. Apa itu berbahaya ? Lalu apa ada pengaruhnya pada kesubura ? Makasih bu bidan sebelumnya.

  • Oleh : Risky nur
  • Tanya Bidan