×

Waspada Invaginasi Yang Menyerang Bayi Dibawah Usia 2 Tahun

Bagikan Artikel :

Waspada Invaginasi Yang Menyerang Bayi Dibawah Usia 2 Tahun

Invaginasi terjadi karena ususnya masuk ke usus lain, sehingga ususnya terjepit dan mengakibatkan penyumbatan di dalam usus atau obstruksi usus. Intususepsi umumnya terjadi pada bagian yang menghubungkan usus halus dan usus besar.

Kondisi ini dapat menyebabkan terhambatnya proses penyaluran makanan, sirkulasi darah, dan cairan di dalam tubuh. Jika tidak segera ditangani, dapat mengakibatkan matinya jaringan usus, robeknya dinding usus atau perforasi, hingga infeksi pada rongga perut atau peritonitis.

Invaginasi biasanya terjadi pada bayi berusia enam bulan hingga dua tahun. Penyebabnya, bisa virus, bakteri, atau rotavirus. Invaginasi juga bisa terjadi bila bayi diberi makan tidak sesuai dengan usianya. Misalnya, dua bulan sudah dikasih pisang. Itu tidak baik bagi pencernaannya dan bisa terjadi invaginasi.

Gejala Invaginasi

Gejala pertama bayi mengalami invaginasi adalah menangis tiba-tiba dan mengangkat kedua kakinya. Dari tidur, lalu menangis kejer dan kedua kakinya diangkat. Untuk gejala lainnya yaitu:

Related Posts :
    1. Mual
    2. Muntah
    3. Lemas
    4. Konstipasi
    5. Nyeri di sekitar perut
    6. Timbulnya benjolan di perut
    7. Tinja mengandung darah atau lendir.

    Penanganan Invaginasi

    1. Barium enema. Selain untuk pemeriksaan, metode ini juga bisa digunakan dalam menangani intususepsi. Barium enema termasuk penanganan yang cukup efektif.
    2. Operasi. Ini merupakan metode penanganan utama bagi pasien dewasa, serta bagi penderita intususepsi yang parah. Dalam prosedur operasi, dokter akan meluruskan bagian usus yang terlipat, sekaligus mengangkat jaringan usus yang mati.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 5, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Fases bayu berwarna gelap cenderung kehitaman

  • Oleh : destiana
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya ingin konsultasi nih saya punya anak usianya baru 4 bulan ketika buang air besar fasesnya berwarna gelap, mulanya berwarna hijau gelap makin kesini fasesnya cenderung kehitaman. Apakah itu normal bu bidan dan kebetulan anak saya minum sufor sama ASI cuma lebih banyak minum sufor daripada ASI. Mohon jawabannya

    Setelah melahirkan caesar

  • Oleh : Dwi Mulyono
  • 11 bulan, 3 minggu yang lalu

    Kenapa setelah istri saya habis melahirkan caesar setiap BAB keluar darah mohon penjelasanya

    Anak Batuk

  • Oleh : Lutfi Maharani
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selama pagi Dok. Saya mau bertanya, kan akhir akhir ini anak saya sering kali merasakan batuk di mana saat batuk ini pasti dia merasakan nafas yang tak menentu dan bahkan sering kali terlihat seperti yang susah sekali untuk bernafas. Yang saya mau tanyakan, kira kira ini jenis masalah kesehatan apa? Dan bagian mana solusi yang tepat untuk mengatasinya?

    Sakit Dada Tiba Tiba

  • Oleh : Atha
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Pagi dok, saya mau bertanya, 3 bulan yang lalu saya melakukan operasi pengangkatan penyakit tumor payudara. Saat ini sudah 2 hari saya sering kali merasakan nyeri dibagian dada yang bisa datang secara tiba tiba. Biasanya saat bergerak saya merasakan sakit dan menghambat aktivitas saya. Saya mau bertanya, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? apakah mungkin ini efek samping dari operasi tersebut?

    Masalah haid dan cara penyelesaiannya

  • Oleh : Rosalia Sabella
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan…saya mau tanya masalah seputaran haid, saya baru umur 18 tahun belum menikah dan belum pernah melakukan hubungan sex, tapi saya sudah telat haid 2 bulan…saya 4 bulan yang lalu pernah mengkonsumsi pil penggemuk badan tapi saya stop sebelum pil itu habis, sebulan setelah minum itu haid saya masih teratur tpi setelah 2 bulan minum itu haid saya jdi tdk teratur lagi, bahkan sampai 2 bulan lebih tdk haid tpi setelah itu haid terus bulan berikut nya juga sama haid tdk teratur…jadi bagaimana yaa bu supaya haid saya jadi teratur dan lancar lagi?

    Mohon di jawab bu…wassalamualaikum…

  • Oleh : Rosalia Sabella
  • Tanya Bidan