×

Waspada Invaginasi Yang Menyerang Bayi Dibawah Usia 2 Tahun

Bagikan Artikel :

Waspada Invaginasi Yang Menyerang Bayi Dibawah Usia 2 Tahun

Invaginasi terjadi karena ususnya masuk ke usus lain, sehingga ususnya terjepit dan mengakibatkan penyumbatan di dalam usus atau obstruksi usus. Intususepsi umumnya terjadi pada bagian yang menghubungkan usus halus dan usus besar.

Kondisi ini dapat menyebabkan terhambatnya proses penyaluran makanan, sirkulasi darah, dan cairan di dalam tubuh. Jika tidak segera ditangani, dapat mengakibatkan matinya jaringan usus, robeknya dinding usus atau perforasi, hingga infeksi pada rongga perut atau peritonitis.

Invaginasi biasanya terjadi pada bayi berusia enam bulan hingga dua tahun. Penyebabnya, bisa virus, bakteri, atau rotavirus. Invaginasi juga bisa terjadi bila bayi diberi makan tidak sesuai dengan usianya. Misalnya, dua bulan sudah dikasih pisang. Itu tidak baik bagi pencernaannya dan bisa terjadi invaginasi.

Gejala Invaginasi

Gejala pertama bayi mengalami invaginasi adalah menangis tiba-tiba dan mengangkat kedua kakinya. Dari tidur, lalu menangis kejer dan kedua kakinya diangkat. Untuk gejala lainnya yaitu:

  1. Mual
  2. Muntah
  3. Lemas
  4. Konstipasi
  5. Nyeri di sekitar perut
  6. Timbulnya benjolan di perut
  7. Tinja mengandung darah atau lendir.

Penanganan Invaginasi

  1. Barium enema. Selain untuk pemeriksaan, metode ini juga bisa digunakan dalam menangani intususepsi. Barium enema termasuk penanganan yang cukup efektif.
  2. Operasi. Ini merupakan metode penanganan utama bagi pasien dewasa, serta bagi penderita intususepsi yang parah. Dalam prosedur operasi, dokter akan meluruskan bagian usus yang terlipat, sekaligus mengangkat jaringan usus yang mati.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 5, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keram

  • Oleh : Riska safitri
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum.
    Dok mau nanya saya hamil tapi saya keluar darah dn ada plek ke coklatan apa itu gak apa² dok hamil nya baru masuk 1 blan tdak ada rsa sakit cman keram d bgin bwah perut

  • Oleh : Riska safitri
  • Apakah melakukan hipnosis baik selama proses persalinan?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

    Jari Dan Persendian

  • Oleh : Mbak aty
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya kan sering membunyikan bagian jari dan juga persendian saya saat sedang pegal. Apakah hal ini berbahaya dok bagi kesehatan?

    Benjolan kecil di dalam bibir vagina sebelah kanan

  • Oleh : Yuni Setiasih
  • 2 bulan yang lalu

    Selamat sore dok.
    Saya mau tanya.
    Apakah benjolan kecil di dalam bibir vagina sebelah kanan dengan berbahaya? Tidak sakit sih dok. Cuman kalo misal di pegang agak sedikit gatal. Lalu kalo di teken terasa sedikit sakit. Mohon jawabannya 🙏

  • Oleh : Yuni Setiasih
  • Pusing Dan Sakit Bagian Kepala

  • Oleh : andriani
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat Pagi Bu Dokter ….

    Saya mau tanya, kenapa ya akhir akhir ini saya sering kali merasakan rasa sakit yang begitu hebat dibagian atas, padahal tidak di sertai dengan rasa pusing. Teruskan saya coba untuk memutar bola mata ke bagian atas, dan hasilnya rasa sakit itu terus menyiksa dan begitu sangat terasa. Mohon penjelasannya Dok, terimakasih.

    Tanya Bidan