×

Jenis Makanan Yang Menjadi Sahabat Wanita Ketika PMS

Bagikan Artikel :

Seringkali kita melihat guyonan tentang perempuan sensitive dan mudah marah yang dihubungkan dengan menstruasi/haid/PMS/datang bulang. Seperti contoh kalimat “Lagi dapet kali dia”, yang sering kita dengar saat seorang wanita mudah marah. Bahkan lelucon tersebut malah berkembang pada pria yang sensitive dan mudah marah sering juga dibilang “lagi dapet juga kali yah”.

Memang wanita juga seringkali heran mengapa ketika haid mereka menjadi mudah marah. Apasih yang dirasakan perempuan pada masa haid? Ada juga kabar bahwa gejala menstruasi sampai bisa menimbulkan efek tidak enak, padahal menstruasi merupakan siklus bulanan yang pasti akan datang pada perempuan normal.

Related Posts :
    Artikel Terkait : Mengenal 5 Hormon Penyebab Wanita PMS Setiap Bulan

    Pada kesempatan kali ini curhat bidan akan membahas mengenai Makanan Sahabat Wanita Ketika PMS yang baik atau makanan yang dianjurkan wanita ketika haid, sekaligus makanan yang dilarang pada masa menstruasi/haid/PMS/datang bulan. Tujuannya supaya wanita pada masa PMS tidak menimbulkan rasa tidak nyaman seperti diatas. Saran makanan tersebut bisa dilihat di bawah ini yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

    Makanan Sahabat Wanita Ketika PMS


    Biji Gandum
    Salah satu cara terbaik untuk mengatasi PMS ketika datang bulang ialah dengan mengkonsumsi biji gandum. Serat pada biji gandum bisa membuat keadaan tubuh anda menjadi stabil saat datang bulan. Kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya juga merupakan suplai vitamin dan mineral bagi tubuh.

    Makanan Tinggi Zat Besi
    Pilih juga makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti daging, ayam, ikan, dan kacang-kacangan. Ketika sedang menstruasi, wanita tentunya akan merasa lebih lemas dari biasanya. Hal ini wajar karena waktu haid tersebut ada banyak zat besi yang keluar bersama dengan darah. Karenanya, untuk mengganti zat besi yang keluar dan hilang, anda harus memilih makanan yang mengandung banyak zat besi. Zat besi banyak ditemukan pada lauk pauk diatas.

    Makanan dan Minuman Yang Banyak Kalsium
    Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium. Karena ketika sedang haid, biasanya perut akan sering mengalami kram. Rasa kram yang dirasakan tersebut terjadi pada area perut bawah yang membuat wanita menjadi tidak nyaman, bahkan pada kondisi yang parah bisa menghambat kegiatan. Untuk itu, cegah hal tersebut agar tidak terjadi dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium. Pada kalsium terdapat zat yang bermanfaat untuk tonus otot sehingga bisa mencegah perut kram terjadi. Makanan dan minuman yang tinggi kalsium diantaranya seperti susu, keju, sampai sayuran yang berdaun hijau yang juga efektif dalam menjaga siklus menstruasi agar tetap normal.

    Buah dan Sayuran
    Perbanyak juga mengkonsumsi buah dan sayur. Kandungan vitamin dan serat dalam dua jenis makanan ini sangat penting untuk tubuh yang mengalami haid agar resiko konstipasi berkurang. Tidak hanya itu, mengkonsumsi buah dan sayur juga bisa membuat tubuh tetap segar selama menstruasi.

    Perbanyak Minum Air Putih
    Untuk minuman, jenis minuman pertama yang wajib dikonsumsi ketika datang bulan ialah air putih. Peningkatan konsumsi air mineral menjadi penting karena selama periode ini kamu mengeluarkan banyak cairan dari biasanya. Oleh karena itu, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, cobalah dengan menambah jumlah air minum dari hari biasanya. Jika hal ini tidak dilakukan, bisa saja resiko keluhan seperti sulit konsentrasi, pusing dan cepat lelah semakin meningkat dan semakin tinggi.

    Makanan Yang Harus Dihindari Wanita Ketika PMS


    Produk Yang Mengandung Kafein
    Untuk kamu yang terbiasa mengkonsumsi kafein, sebaiknya ketika menstruasi tiba tinggalkan dulu hal tersebut. Karena kandungan kafein bisa mengakibatkan penyempitan pembuluh darah yang mana ini bisa memicu terjadinya dehidrasi. Padahal ketika sedang haid, tubuh sedang banyak mengeluarkan cairan yang berupa darah. Kekurangan cairan yang terjadi bisa menyebabkan berbagai hal seperti pusing dan tubuh yang cepat lelah.

    Minuman Bersoda
    Hentikan sementara waktu kebiasaan minum minuman bersoda seperti softdrink. Kandungan gula yang tinggi pada jenis minuman tersebut bisa membuat tubuh menjadi cepat lemas. Akibatnya wanita akan mudah emosi dan tersinggung.

    Makanan Yang Berlemak
    Buat wanita yang menyukai makanan berlemak seperti gorengan, sebaiknya ketika waktu haid kurangi konsumsi jenis makanan ini. Ternyata mengkonsumsi makanan berlemak seperti gorengan bisa meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh. Hormon ono bisa menyebabkan hal yang tidak baik bagi tubuh seperti misalnya kram pada perut.

    Makanan Olahan Berpengawet
    Makanan olahan berpengawet juga haram dimakan ketika “tamu bulanan” sedang datang. Seperti sarde atau buah kalengan sebaiknya dihindari sementara. Kandungan sodium yang tinggi dalam makanan olahan ini bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi. Akibatnya, tubuh menjadi pegal-pegal dan bengkak.

    Makanan Wanita PMS – Perlu diketahui Setiap wanita itu berbeda!. Ada hal penting yang perlu anda ingat, yakni kondisi yang dialami setiap wanita PMS tentu akan berbeda pula. Oleh karena itu, anda harus lebih pandai dalam mengatasi PMS anda sesuai dengan kondisi masing-masing. Semoga Bermanfaat:))

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 1, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kemandulan

  • Oleh : Ahmad Fajar Fathurahman
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bidan
    Selamat sore,
    Saya mau tanya apakah benar terlalu sering onani menyebabkan kemandulan ?

    Terima kasih bidan

    BB anak tidak naik2

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi, Bu.. Saya mau bertanya beberapa hal mengenai anak sy yg BBnya tdk pernah lagi naik. Sekarang anak usia 2th…
    1. Apakah anak sy kena TB/kurang gizi? Krn adik sy ada yg riwayat TB. Ortu sy juga batuk tidak kunjung sembuh. Anak kakak ipar sy juga abis pengobatan TB.
    2. Apa sebenarnya faktor pemicu TB dan cara mengatasinya?
    3. Apakah TB menular ke ibu hamil? Dan bagaimana ciri serta mengatasinya?
    4. Sebaiknya anak dibawa ke ahli gizi atau ke dokter anak?
    Terima kasih

    Keputihan saat hamil apakah berbahaya?

  • Oleh : siti khodijah
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apakah keputihan saat hamil bebahaya bagi janin? Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pada awal kehamilan saya mengalami keputihan berwarna putih susu yang lmyan banyak, sudah di periksakan ke bidan katanya normal-normal saja. Namun beberapa minggu kemudian keputihan yang keluar berubah warna menjadi kuning dan kehijauan serta gatal. Apakah itu termasuk ciri-ciri keputihan abnormal? Mohon jawabannya.

    Benjolan di payudara

  • Oleh : Nabilagilsa Nabilagilsa
  • 4 bulan yang lalu

    Hai dok… Mau nanya nih knapa di payudara sebelah kiri saya ada benjolan ya tapi gak sakit padahal saya masih umur 18 tahun
    Mohon di jawab ya dok trimakasih.

  • Oleh : Nabilagilsa Nabilagilsa
  • Berapa lama keputihan yang di alami masa remaja yang umur 16 tahun..?

  • Oleh : Dinda Febrianti
  • 4 bulan, 2 minggu yang lalu

    Bu bidan saya mau tanya saya mulai keputihan pada saat saya sudah umur 14 tahun itu saya kelas 2 SMP sampek sekarang saya kelas 1 SMA belum berhenti juga keputihan saya..gimana bu bidan solusinya..?dan itu pun saya sekarang udah umur 16 tahun tapi belum mendapatkan menstruasi..dan berat badan saya sekarang 20kg apa itu juga berpengaruh dalam menstruasinya..?

  • Oleh : Dinda Febrianti
  • Tanya Bidan