×

Manfaat Menggunakan Birth Ball Pada Masa Kehamilan, Persalinan Dan Nifas

Bagikan Artikel :

Manfaat Menggunakan Birth Ball Pada Masa Kehamilan, Persalinan Dan Nifas

Anda tentu ingin dong mendapatkan kenyamanan saat kehamilan hingga persalinan. Terkadang sebagian wanita takut menghadapi persoalan ini. Padahal di jaman millennial ini segala sesuat bisa berubah menjadi mudah nyaman. Salah satu kenyamanan saat kehamilan dan persalinan bisa di dapat dengan birth ball.

Related Posts :

    Birth ball adalah bola berukuran cukup besar dengan bentuk yang menyerupai bola gym. Bedanya, ukuran birth ball jauh lebih besar, kira-kira bisa mencapai tinggi 65-75 cm setelah dipompa.

    Birth ball dirancang khusus supaya tidak licin saat digunakan di lantai. Ini yang membuatnya aman untuk digunakan oleh ibu hamil, bahkan saat proses kelahiran.
    Akan tetapi, penting untuk memastikan birth ball disimpan di tempat yang jauh dari benda tajam atau panas dari radiator, kompor, serta api.

    Manfaat Birth Ball Pada Masa Kehamilan

    Perut yang semakin membesar; nyeri punggung; hingga penggunaan kursi, sofa, serta kasur yang mungkin kurang nyaman, tak jarang menjadi alasan mengapa banyak ibu hamil yang susah tidur dan tidak bisa duduk dengan nyaman. Apalagi ketika sudah memasuki masa hamil tua. Nah, penggunaan birth ball bisa memberikan berbagai manfaat selama Anda hamil, seperti:

    1. Membantu mengurangi sakit punggung, sehingga memudahkan Anda untuk bergerak
    2. Meningkatkan aliran darah ke rahim
    3. Membentuk postur tubuh yang baik
    4. Membantu mengurangi ketegangan otot
    5. Memperbesar diameter panggul, guna mengoptimalkan proses persalinan nantinya

    Manfaat Birth Ball Pada Masa Persalinan

    Berkat ukurannya yang cukup besar dan fleksibel saat digunakan, birth ball sering dimanfaatkan untuk mempermudah ibu saat proses persalinan. Misalnya membuat posisi tubuh Anda lebih tegak yang akan membantu bayi lebih mudah lahir. Pasalnya, birth ball membantu untuk membuka panggul Anda menjadi lebih lebar.
    Akhirnya, waktu persalinan pun akan jauh lebih singkat, terlebih jika Anda sudah rutin menggunakan birth ball beberapa bulan sebelum proses persalinan. Beberapa manfaat birth ball lain yang bisa Anda dapatkan, yakni:

    1. Membantu meringankan nyeri selama persalinan
    2. Mengurangi rasa sakit saat kontraksi
    3. Meredakan kecemasan dan stres saat persalinan

    Cara Menggunakan Birth Ball Saat Proses Persalinan

    Ada berbagai macam cara yang berbeda untuk menggunakan birth ball selama masa kehamilan dan persalinan. Hanya saja, saat persalinan biasanya Anda akan banyak dibantu oleh seorang doula atau orang terlatih lainnya untuk memastikan keamanan penggunaan birth ball.

    Cara pertama bisa dengan duduk di atas birth ball, layanya duduk di kursi. Setelah itu, goyangkan panggul Anda dengan gerakan maju mundur atau memutar. Cara lainnya bisa dengan menempatkan birth ball di lantai, sembari Anda berlutut dan bersandar di atasnya. Ini memungkinkan tubuh Anda untuk lebih rileks selama kontraksi.

    Selain di lantai, birth ball juga bisa dipakai di tempat tidur dalam posisi berbaring. Penggunaan birth ball tidak hanya memberi manfaat baik bagi ibu, tenaga medis yang mendampingi proses persalinan juga bisa ikut memberi bantuan tambahan. Misalnya memijat atau tindakan lainnya yang bisa membuat Anda lebih nyaman.

    Birth Ball Bisa Digunakan Setelah Persalinan

    Uniknya, manfaat birth ball tidak berhenti begitu saja usai proses kelahiran. Ya, Anda masih bisa menggunakannya, terutama jika memiliki luka memar atau jahitan yang membuat kurang nyaman duduk di atas kursi biasa. Birth ball bisa digunakan di mana saja, entah di meja makan, di ruang televisi, hingga di teras rumah untuk bersantai.

    Anda pun bisa memakainya berdua dengan si kecil, misalnya saat sedang menyusui ataupun menggendongnya yang sedang rewel sembari duduk di atas birth ball yang diayunkan perlahan. Ini bisa membantu untuk meredakan tangisan dan membuat si kecil lebih tenang. Jika ingin berolahraga, birth ball tak kalah efektif guna meregangkan otot sekaligus memperkuat kembali panggul Anda.

    Namun jangan lupa, sebelum memutuskan untuk menggunakan birth ball, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 24, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    apakah boleh ibu hamil pakai inhaler?

  • Oleh : Day
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    apakah tidak apa apa jika ibu hamil penderita asma menggunakan inhaler? apa pengaruhnya pada bayi di dalam kandungan?

    N

  • Oleh : Pak Eko
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok saya berhubungan pada tanggal 18 saya agak ragu air maninya keluar di dalam atau di luar tetapi banyak air mani yang terbuang keluar dan saya ragu kalau masih ada air mani yang masuk ke dalam dan pada tanggal 30 saya mengalami haid,apakah bisa terjadi kehamilan dok?

  • Oleh : Pak Eko
  • Ciri ciri ke guguran

  • Oleh : wildalaughlin5
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok apa bisa orng yg hamil baru 20 hari bisa keguguran.
    Dan apa saja ciri² keguguran tersebut dok .apa yg kluar pada saat keguguran hamil 20 hari apakah hanya drh yg kluar / sdh bentuk dok

    Kehamilan

  • Oleh : dimas syahputra
  • 9 bulan yang lalu

    Saya ingin bertanya apakah penis dimasukan ke dalam vagina hanya 1x(masuk langsung keluar)bisa menyebabkan kehamilan?

    Kapan ita melakukan tespek yg akurat?

  • Oleh : Nenih Nurjanah
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok selamat pagi ,saya ai nenih dok mau bertanya kapankah melakukan tespek agar hasil lebih akurat ?

    Sedikit cerita saya haid tnggl 29 desember nah pas masa subur setelah selesai haid saya rajin 2x sehari kadang 3xsehari melakukan HB ..
    Nah ini sudah satu minggu dan malam saya tiba tiba mual ntah saya masuk angin atau apa tpi tdi subuh saya iseng iseng tespeck tpi hasilnya agak samar banget garis kedua, dan d fto gak kelihatan bangt klw d fto hasilnya negatif tpi pas d terawang sma saya ada garis tipis bnggt yg satunya pekat.. apakah akurat klw ditespek seminggu setelah berhubungan atau ada baiknya nunggu sampe akhir bulan ? Gmna dok minta infonya trmkasih wasalam

    Tanya Bidan