Manfaat Berkomunikasi Dengan Janin Sejak Dalam Kandungan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Tanya Bidan – Alangkah bahagianya bagi seorang wanita mendapati dirinya sedang hamil. Merasakan dan menikmati setiap perubahan yang terjadi pada dirinya. Apalagi pada masa kehamilan yang sudah memasuki masa trimester kedua, dimana janin sudah mulai akitif bergerak-gerak, pasti anda akan merasa sangat bahagia. Pada masa ini sangat baik apabila ibu mengajak calon sang buah hati untuk berkomunikasi atau berbicara kepadanya. Dengan sering mengajak janin berkomunikasi sejak didalam kandungan dipercaya dapat membawa dampak yang positif, banyak orang beranggapan bahwa dengan melakukan komunikasi atau berbicara dengan janin sejak dini bisa merangsang perkembangan otak bayi dan juga dapat meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak. Berbicara pada janin yang masih didalam kandungan mempunyai banyak manfaat, dimana manfaat ini dapat anda nikmati apabila anda sering mengajak berbicara pada janinnya.

    Berikut beberapa manfaat berkomunikasi dengan janin sejak dalam kandungan:

    Membantu Menstimulasi Pendengaran si Kecil

    Indra pendengaran janin umumnya mulai terbentuk sejak minggu ke-14. Inilah waktu yang tepat untuk mulai mengajak si kecil berbicara karena bisa membantu menstimulasi indra pendengarannya. Selain itu, mengajak janin bicara juga bisa membantu mengoptimalkan pembentukan saraf neuron didalam otak yang berfungsi untu pendengaran.

    Membantu Memaksimalkan Proses Belajar Bicara

    Ternyata, mengajak ngobrol si kecil sejak masih dalam kandungan juga akan membantu mempercepat proses belajar bicara dikemudian hari. Otak si kecil akan menyimpan semua kata-kata yang ia dengarkan semasa masih dalam kandungan. Dan ketika tibak waktunya untuk belajar bicara, otaknya akan memunculkan lagi kata-kata tersebut, sehingga ia pun bisa belajar lebih cepat.

    Menciptakan Suasana yang Nyaman untuk Janin

    Mengkonsumsi berbagai makanan ibu hamil yang penuh nutrisi, istirahat cukup, dan beristirahat teratur tentu dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin. Tahukah anda? Secara emosional, janin pun dapat merasakan apa yang anda rasakan. Itulah kenapa anda perlu menjaga perasaan selama kehamilan. Sebaiknya, hindari stress, rasa takut, atau kesepian hingga berlarut-larut. Jika anda mengajak janin berbicara dengan suasana hati yang riang, maka hal ini juga akan menimbulkan perasaan nyaman untuknya.

    Membantu Menstimulasi Otak

    Bukan cuma anda yang perlu mengajak si kecil berbicara sejak masih dalam kandungan. Sang ayah juga sebaiknya melakukan hal yang sama. Dengan cara ini, si kecil akan belajar membedakan suara dari kedua orang tuanya. Ia akan mengetahui bahwa suara yang rendah adalah milik sang ayah dan suara yang lebih tinggi merupakan suara ibunya. Hal ini akan membantu menstimulasi otaknya untuk lebih peka terhadap indra pendengarannya.

    Berkomunikasi dengan janin sejak didalam kandungan adalah kegiatan yang menyenagkan. Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja. tidak ada aturan khusus tentang itu bahkan faktanya kegiatan tersebut sangat menyenangkan. Semoga bermanfaat! Baca juga: Mengetahui Ciri Kehamilan Anak Laki-laki atau Perempuan Tanpa USG

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - August 15, 2016
    Diskusi Dari:
    Dini sulistyorini

    Pagi bu.
    Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu?
    Mohon penjelasannya.

    Dijawab Oleh : Dini sulistyorini

    Siang ibu bidan, saya mau tanya apa ibu hamil yang mual-mual dan eneg saat makan itu wajar? Saya juga kehilangan nafsu makan jadinya, solusinya gimana ya?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Sahputri Ramadhani

    Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

    Dijawab Oleh : Sahputri Ramadhani
    Diskusi Dari:
    Rhiyad Suhpriatin

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

    Dijawab Oleh : Rhiyad Suhpriatin
    Diskusi Dari:
    ade

    Selamat sore. Saya adalah lulusan d3 kebidanan dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jawa Timur. Saya juga sangat tertarik dalam dunia media dan publikasi kesehatan. Apakah saya bisa menjadisalah satu kontributor Curhat Bidan? terimakasih

    Dijawab Oleh : ade