×

Manfaat Berkomunikasi Dengan Janin Sejak Dalam Kandungan

Bagikan Artikel :

Tanya Bidan – Alangkah bahagianya bagi seorang wanita mendapati dirinya sedang hamil. Merasakan dan menikmati setiap perubahan yang terjadi pada dirinya. Apalagi pada masa kehamilan yang sudah memasuki masa trimester kedua, dimana janin sudah mulai akitif bergerak-gerak, pasti anda akan merasa sangat bahagia. Pada masa ini sangat baik apabila ibu mengajak calon sang buah hati untuk berkomunikasi atau berbicara kepadanya. Dengan sering mengajak janin berkomunikasi sejak didalam kandungan dipercaya dapat membawa dampak yang positif, banyak orang beranggapan bahwa dengan melakukan komunikasi atau berbicara dengan janin sejak dini bisa merangsang perkembangan otak bayi dan juga dapat meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak. Berbicara pada janin yang masih didalam kandungan mempunyai banyak manfaat, dimana manfaat ini dapat anda nikmati apabila anda sering mengajak berbicara pada janinnya.

Related Posts :

    Berikut beberapa manfaat berkomunikasi dengan janin sejak dalam kandungan:

    Membantu Menstimulasi Pendengaran si Kecil

    Indra pendengaran janin umumnya mulai terbentuk sejak minggu ke-14. Inilah waktu yang tepat untuk mulai mengajak si kecil berbicara karena bisa membantu menstimulasi indra pendengarannya. Selain itu, mengajak janin bicara juga bisa membantu mengoptimalkan pembentukan saraf neuron didalam otak yang berfungsi untu pendengaran.

    Membantu Memaksimalkan Proses Belajar Bicara

    Ternyata, mengajak ngobrol si kecil sejak masih dalam kandungan juga akan membantu mempercepat proses belajar bicara dikemudian hari. Otak si kecil akan menyimpan semua kata-kata yang ia dengarkan semasa masih dalam kandungan. Dan ketika tibak waktunya untuk belajar bicara, otaknya akan memunculkan lagi kata-kata tersebut, sehingga ia pun bisa belajar lebih cepat.

    Menciptakan Suasana yang Nyaman untuk Janin

    Mengkonsumsi berbagai makanan ibu hamil yang penuh nutrisi, istirahat cukup, dan beristirahat teratur tentu dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin. Tahukah anda? Secara emosional, janin pun dapat merasakan apa yang anda rasakan. Itulah kenapa anda perlu menjaga perasaan selama kehamilan. Sebaiknya, hindari stress, rasa takut, atau kesepian hingga berlarut-larut. Jika anda mengajak janin berbicara dengan suasana hati yang riang, maka hal ini juga akan menimbulkan perasaan nyaman untuknya.

    Membantu Menstimulasi Otak

    Bukan cuma anda yang perlu mengajak si kecil berbicara sejak masih dalam kandungan. Sang ayah juga sebaiknya melakukan hal yang sama. Dengan cara ini, si kecil akan belajar membedakan suara dari kedua orang tuanya. Ia akan mengetahui bahwa suara yang rendah adalah milik sang ayah dan suara yang lebih tinggi merupakan suara ibunya. Hal ini akan membantu menstimulasi otaknya untuk lebih peka terhadap indra pendengarannya.

    Berkomunikasi dengan janin sejak didalam kandungan adalah kegiatan yang menyenagkan. Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja. tidak ada aturan khusus tentang itu bahkan faktanya kegiatan tersebut sangat menyenangkan. Semoga bermanfaat! Baca juga: Mengetahui Ciri Kehamilan Anak Laki-laki atau Perempuan Tanpa USG

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 15, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Payudara nyeri, perut membesar, telat haid 3 hari, muncul flek coklat

  • Oleh : Chika Chikacici
  • 1 tahun yang lalu

    Bulan lalu saya haid tgl 26 sept. Bulan ini saya telat 3 hari, ada flek coklat tgl 28 okt. Sblm muncul flek, saya merasa perut saya membesar, pyudara saya nyeri, dan emosional saya meningkat. Apakah saya hamil ?

  • Oleh : Chika Chikacici
  • Gatal pada vagina

  • Oleh : Tristi Garneta
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok mau tanya vagina saya gatal ketika malam hari, kemudian saya baca di google katanya diberi baby oil ketika malam vaginanya.. setelah beberaha minggu saya beri baby oil ketika mai tidur kog setiap malam tambah gatal dan bulu kemaluan saya jadi banyak sampek di dalam pinggir vagina. Samapi sekarang masih gatal” kalau malam hari.. di garuk” kadang sembuh tapi meninggalkan rasa panas dvagina. Kemungkinan kenapa ya dok. Obat untuk menyembuhkannya apa yg alami? Terimakasih

    Tentang KB

  • Oleh : rika meirina
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    hallo bu dok saya mau nanya
    kemaren saya suntik kb 1 bulan umur saya 21 tahun apakah itu aman?
    dan di bulan selanjutnya saya tidak lagi suntik apakah saya masih bisa hamil? karna saya sudah menikah 1 tahun lebih tapi tidak ada tanda2 kehamilan , apakah saya harus mancing kehamilan dengan pil kb? Terimakasih bu dok🙏🏻

    Seputar kehamilan

  • Oleh : Iim Nasikhah
  • 2 tahun yang lalu

    Dok,og di trimester prtama anehnya jarang mual”(morning sickness),knp ya dok?

  • Oleh : Iim Nasikhah
  • Sulit makan MpAsi….,,

  • Oleh : THESSYA ULIANTRY
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau 7 bln,, tpi ia ada keluhan dlm pencernaan makanan, semenjak makan MPAsi ia suka mual2 dan muntah gak cocok hingga sampai kekurangan cairan akibat dehidrasi dan wktu itu ibu ngasih obat mual,, sampai asi pun di muntah kan tpi dri obat ibu, asi bisa masuk lagi.
    Dan skrng sya bingung , anaknya sudah mau makan bngt,, lalu sya kasih alternatif lain yg alami,, yaitu ubi/ boled,, lalu ia pun suka dn ga muntah alhamdulillah,, tapi bu ia skrng bab terus dan ada darah sedikit hari ini saja,, mungkin karena ada dua hal, sya makan pedas wktu kemarin atau krna makan ubi,, mohon solusi dari ibu…..,,

    Tanya Bidan