×

Bahayakah Ibu Hamil Mengkonsumsi Es Krim ?

Bagikan Artikel :

Mengkonsumsi makanan atau minuman dingin seperti halnya es krim sering dianggap sebagai pantangan yang sebaiknya wanita hamil berjaga jaga dan mempertimbangkan akan resiko yang diakibatkan bagi calon bayi dalam perut. Mengapa demikian ? dikalangan masyarakat es krim dipercaya merupakan salah satu kudapan yang akan membuat ibu hamil dan janin yang dikandungnya akan semakin gendut sehingga bisa menyebabkan berat badan yang berlebih.

Selain itu bagi ibu hamil yang mengkonsumsi es krim  dipercaya juga bisa menyebabkan bayi terlahir dengan kondisi kepala yang besar sehingga akan menyulitkan proses persalinan. Lantas apakah benar persepris tersebut ? Dan apakah boleh apabila ibu hamil mengkosumsi es krim pada masa kehamilannya ? Berikut ini anda bisa temukan jawabannya berdasarkan hasil wawancara bersama dr. Setyono Wirahardjo dari Rumah Sakit Harapan Bunda membahas mengenai Bahayakah Ibu Hamil Mengkonsumsi Es Krim ?

Related Posts :

    Berbahayakah Ibu Hamil Mengkonsumsi Es Krim ?


    Berdasarkan proses pembuatnya dan bahan yang dibutuhkan untuk bisa menghasilkan sebuah es krim sebenarnya merupakan kudapan yang memiliki bahan dasar susu. Baik itu susu nabati seperti susu kacang hijau, susu kedelai atau susu kelapa, mau itu susu hewani, semua bahan susu tersebut bisa diolah menjadi es krim, dengan cita rasa yang beragam tergantung akan perisa yang diberikan. Dengan kita menyadari akan bahan baku yang digunakan untuk sebuah es krim maka kita bisa menarik kesimpulan bahwa es krim ini justru baik untuk kesehatan. Lantas apa sajakah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dengan kita mengkonsumsi es krim ? berikut diantaranya

    1. Meningkatkan Kesuburan
      Berdasarkan salah stau riset yang dilakukan Harvard School of Public Health, Boston mereka menemukan bahwa fakta bagi seorang wanita yang ingin segera memperoleh kehamilan, maka mereka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi. Makanan yang tinggi lemak seperti dari olahan susu yang tentunya dapat meningkatkan terjadinya kensepsi dalam rahim, dapar menurunkan resiko intertilitas. Dan juga mampu meningkatkan kesuburan akan organ reproduksi.

      Jadi bagi anda seorang wanita yang mengalami masalahan akan kesulitan untuk hamil, maka berdasarkan fakta tersebut, anda dianjurkan untuk lebih sering mengkonsumsi makanan yang diolah menggunakan susu atau produk olahanya lainya supaya anda segera dikaruniai buah hati. dan salah satu produk olahan susu yang paling banyak diminati adalah es krim

    2. Menambah Berat Badan
      Bagi ibu hamil yang memiliki berat badan yang rendah, maka sangat dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori yang tinggi, terutama saat sudah mendekati proses persalinan. Dan es krim dalam hal ini yang ternyata mengandung 100 gramnya terdapat 270kkal dan 16 gr gula bisa menjadi salah satu alternatif anda untuk bisa meningkatkan berat badan.
    3. Dapat Menunjang Pertumbuhan Tulang Janin
      Selama proses kehamilan kita membutuhkan akan kalsium yang mempu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tulang janin. Kalsium tersebut dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat bagi bayi dikemudian harinya, jadi apabila kebutuhan akan nutrisi ini tidak tercukupi maka ia akan mengambil langsung dari tulang dan gigi ibunya. Dan otomatis anda akan rentang untuk terkena osteoporosis dihari tua anda.
      Dalam rangka mencukupi asupan kalsium tersebut maka anda diperlukan untuk banyak mengkonsumsi suplemen yang tinggi akan kalsium atau banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium baik untuk ibu hamil. Dan kalsium juga salah satunya terdapat pada es krim
    4. Mengatasi Mual
      Langkah ibu hamil dalam mengatasi mual pada masa kehamilan bisa diatasi dengan anda mengkonsumsi makanan yang manis dan tinggi kalori seperti es krim. Namun sampai saat ini masih jarang orang mampu mengetahui secara detail jika es krim untuk ibu hamil mampu membantu mengatasi masalah ini.
    5. Mengurangi Stress
      Selain mampu mengatasi mual, mengkonsumsi es krim juga dipercaya dapat merangsang akan pembentukan hormon thombotonin. Hormon ini berfungsi membantu dalam memperbaiki suasana hati ibu hamil yang mengkonsumsi es krim, menimbulkan perasaan yang tenang serta mampu menghikangkan stress. Terutama pada masa tanda tanda kehamilan awal.

    Itulah tadi beberapa manfaat bagi ibu hamil yang mengkonsumsi es krim. Berdasarkan paparan diatasi dapat disimpukan bahwa es krim ini memang nyatanya memiliki banyak manfaat, namun perlu diperhatikan ketika anda mengkonsumsinya pastikan tidak dalam jumlah yang berlebihan, baik itu ketika tidak sedang hamil ataupun sebaliknya. Karena sesungguhnya segala sesuatu yang berlebihan itu pasti akan menimbulkan dampak negatifnya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 14, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Nyeri Setelah Buang Air Kecil

  • Oleh : Bang Andre
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

  • Oleh : Bang Andre
  • Kehamilan

  • Oleh : Atih Susanti
  • 3 hari yang lalu

    Dokter saya sedang hamil muda, cuma ga pasti berapa usia kandungannya, saya belum sempet periksa ke bidan, di tespeck aku positive dok, nah selama itu aku ngerasa linu di pinggang sampai panggul, bahaya ga ya dok ?

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Haid tidak teratur.

  • Oleh : Okta Viani
  • 1 bulan, 1 minggu yang lalu

    Malam bu, kenapa setelah pasang dan lepas kb iud haid sy jd tidak teratur?
    Sebelum nya tanggal 1 april sampai tanggal 2 saya sdh haid . Tanggal 3 4 5 itu haidnya sudah berenti nah tanggal 6 7 8 9 haid lagi dan tanggal 10 – 12 keluar flek coklat hingga bersih.
    Tanggal 13 pagi sampai sore celana dalam saya bersih tidak ada bercak sedikitpun nah saya berhubungan intim di malam hari tapi keluar darah segar , dan sekarang darah nya tidak keluar lagi . Itu kenapa ya bu ?

    Bayi Mandi Air Dingin

  • Oleh : Fauzi
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Halo Bu Bidan, saya mau bertanya, bolehkah bayi mandi dengan air dingin ? Sejak umur berapa bayi boleh dimandikan dengan air dingin ?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan