×

Bunda Lagi Hamil Muda? Perbanyak Makan Apel Ya!

Bagikan Artikel :

Bunda Lagi Hamil Muda? Perbanyak Makan Apel Ya!

Mengonsumsi dua porsi buah dalam sehari adalah anjuran untuk ibu hamil. Buah-buahan memang memiliki kandungan yang bagus sekali untuk ibu hamil dan janinnya. Nah salah satu buah yang baik untuk ibu hamil adalah buah apel. Buah apel ini kaya akan kandungan sejumlah nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, serat flavonoid, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, pektin, asam ursolat, dan nutrisi bermanfaat lainnya. Bagi ibu hamil muda, buah apel sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Manfaat Buah Apel Untuk Ibu Hamil Muda

  1. Mengatasi Bengkak Saat Hamil
    Pembengkakan pada beberapa bagian tubuh saat hamil adalah salah satu kondisi yang seringkali akan dialami oleh semua ibu hamil. Yang paling umum adalah terjadi pembangkakan pada bagian kaki, tangan, siku dan anggota tubuh lainnya. Kondisi seperti ini tentu saja sangat tidak nyaman sehingga harus segara diatasi. Konsumsi buah apel menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut karena adanya kandungan vitamin dan mineral yang akan menurunkan risiko tersebut.
  2. Mengatasi Sembelit
    Sembelit pada kehamilan tentu saja akan diraskan oleh semua ibu hamil. Mengapa demikian? Hal ini karena kondisi janin yang semakin membesar akan menyebabkan usus tertekan sehingga pergerakannya melemah. Buah apel bisa menjadi salah satu solusi yang sangat tepat untuk mengatasi segala permasalahan tersebut. Kandungan serat, vitamin, mineral pada buah apel tentu saja akan membantu pergerakan usus lebih baik.
  3. Solusi Morning Sickness
    Mual dan muntah yang disertai pusing di trimester awal kehamilan adalah hal yang lumrah terjadi. Kondisi semacam ini tentu saja akan dirasakan oleh masing-masing ibu hamil. Namun jangan khawatir, konsumsi buah apel adalah solusi terbaik untuk mengurangi gejala tersebut. Kandungan asam pada buah apel mampu menurunkan perasaan mual di perut.
  4. Mencegah Kelahiran Prematur
    Asupan nutrisi yang kurang saat hamil sangat rentan menyebabkan gagal tumbuh pada janin. Bahkan hal ini bisa menyebabkan keguguran dan menyebabkan kelahiran secara prematur. Untuk itu, penuhi kebutuhan nutrisi janin dengan konsumsi buah apel yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral.
  5. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
    Kesehatan ibu hamil sangat rentan terserang penyakit karena dalam masa kehamilan sistem imun tubuh menurun. Kandungan vitamin, mineral dan antioksidan dalam buah apel bisa meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil dan mencegah infeksi penyakit berbahaya. Bahkan bisa mengeluarkan racun-racun jahat dari dalam tubuh.
  6. Meningkatkan energi
    Mudah lemas dan lelah adalah salah satu hal umum yang sering dialami oleh ibu hamil, untuk mengatasi hal ini, karbohidrat kompleks yang terkandung dalam buah apel dipercaya dapat memberikan suplai energi pada ibu hamil. Konsumsilah satu buah apel setiap hari untuk mengembalikan semangat seperti sediakala.

Cara Mengolah Apel

Jika Anda bosan memakan buah apel, Anda bisa mengolahnya menjadi jus, salad buah, vietnames rolls, sop buah, memanggang apel dan bisa juga diolah menjadi keripik apel. jangan lupa sebelum mengonsumsi atau menolah apel cuci bersih di air yang mengalir ya.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 2, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bayi Mandi Air Dingin

  • Oleh : Fauzi
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Halo Bu Bidan, saya mau bertanya, bolehkah bayi mandi dengan air dingin ? Sejak umur berapa bayi boleh dimandikan dengan air dingin ?

    .

  • Oleh : Yola
  • 2 tahun yang lalu

    Assallamuallaikum bu bidan … Umur saya 24 tahun . Saya ingin bertanya kalau jari telunjuk masuk ke vagina karena kecolok gitu sampe menyebabkan keluar darah sedikit apakah itu bisa di katakan bahwa saya sudah tidak perawan lagi bu bidan karena keluar darah sedikit .?? saat ini status saya belum menikah . Dan blm pernah berhubungan badan apalagi sampai penis masuk ke vagina. Tapi akhir2 ini saya jadi sering merasakan kentut lewat vagina . Itu kenapa yah bu bidan ? Apa tandanya saya sudah tidak perawan lg krn kentut nya bisa keluar lewat vagina. Tolong di jawab ya bu bidan Terimakasih

  • Oleh : Yola
  • Faktor yang berpengaruh agar memiliki bayi kembar

  • Oleh : Siska zumrotul fauziah
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

    Umur Ideal Anak untuk Disunat

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • Kanker payudara

  • Oleh : Dyah Melati
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum dok . Saya mau tnya ..
    Apakah beberapa benjolan kecil smprt kelereng di payudara trmsuk dikategorikan sbg tanda2 kanker payudara? Benjolanya ada beberapa di kanan kiri

    Tanya Bidan