×

Bunda Lagi Hamil Muda? Perbanyak Makan Apel Ya!

Bagikan Artikel :

Bunda Lagi Hamil Muda? Perbanyak Makan Apel Ya!

Mengonsumsi dua porsi buah dalam sehari adalah anjuran untuk ibu hamil. Buah-buahan memang memiliki kandungan yang bagus sekali untuk ibu hamil dan janinnya. Nah salah satu buah yang baik untuk ibu hamil adalah buah apel. Buah apel ini kaya akan kandungan sejumlah nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, serat flavonoid, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, pektin, asam ursolat, dan nutrisi bermanfaat lainnya. Bagi ibu hamil muda, buah apel sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Manfaat Buah Apel Untuk Ibu Hamil Muda

  1. Mengatasi Bengkak Saat Hamil
    Pembengkakan pada beberapa bagian tubuh saat hamil adalah salah satu kondisi yang seringkali akan dialami oleh semua ibu hamil. Yang paling umum adalah terjadi pembangkakan pada bagian kaki, tangan, siku dan anggota tubuh lainnya. Kondisi seperti ini tentu saja sangat tidak nyaman sehingga harus segara diatasi. Konsumsi buah apel menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut karena adanya kandungan vitamin dan mineral yang akan menurunkan risiko tersebut.
  2. Mengatasi Sembelit
    Sembelit pada kehamilan tentu saja akan diraskan oleh semua ibu hamil. Mengapa demikian? Hal ini karena kondisi janin yang semakin membesar akan menyebabkan usus tertekan sehingga pergerakannya melemah. Buah apel bisa menjadi salah satu solusi yang sangat tepat untuk mengatasi segala permasalahan tersebut. Kandungan serat, vitamin, mineral pada buah apel tentu saja akan membantu pergerakan usus lebih baik.
  3. Solusi Morning Sickness
    Mual dan muntah yang disertai pusing di trimester awal kehamilan adalah hal yang lumrah terjadi. Kondisi semacam ini tentu saja akan dirasakan oleh masing-masing ibu hamil. Namun jangan khawatir, konsumsi buah apel adalah solusi terbaik untuk mengurangi gejala tersebut. Kandungan asam pada buah apel mampu menurunkan perasaan mual di perut.
  4. Mencegah Kelahiran Prematur
    Asupan nutrisi yang kurang saat hamil sangat rentan menyebabkan gagal tumbuh pada janin. Bahkan hal ini bisa menyebabkan keguguran dan menyebabkan kelahiran secara prematur. Untuk itu, penuhi kebutuhan nutrisi janin dengan konsumsi buah apel yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral.
  5. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
    Kesehatan ibu hamil sangat rentan terserang penyakit karena dalam masa kehamilan sistem imun tubuh menurun. Kandungan vitamin, mineral dan antioksidan dalam buah apel bisa meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil dan mencegah infeksi penyakit berbahaya. Bahkan bisa mengeluarkan racun-racun jahat dari dalam tubuh.
  6. Meningkatkan energi
    Mudah lemas dan lelah adalah salah satu hal umum yang sering dialami oleh ibu hamil, untuk mengatasi hal ini, karbohidrat kompleks yang terkandung dalam buah apel dipercaya dapat memberikan suplai energi pada ibu hamil. Konsumsilah satu buah apel setiap hari untuk mengembalikan semangat seperti sediakala.

Cara Mengolah Apel

Jika Anda bosan memakan buah apel, Anda bisa mengolahnya menjadi jus, salad buah, vietnames rolls, sop buah, memanggang apel dan bisa juga diolah menjadi keripik apel. jangan lupa sebelum mengonsumsi atau menolah apel cuci bersih di air yang mengalir ya.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 2, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid

  • Oleh : Ririn Amrina
  • 1 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok, saya mengalami haid yg tidak teratur, sudah 3 bulan berturut-turut saya mengalami tidak haid. Ada gk obat yg bisa memperlancar haid dok ?
    Terimalasih curhat bidan

  • Oleh : Ririn Amrina
  • Bagaimana cara merawat kehamilan di trimester 1

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Maaf dok, saya mau tanya.
    Saat ini saya tengah hamil dan baru menginjak usia 3 minggu. Kehamilan ini menjadi kehamilan pertama saya dan saya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan. Karena banyak orang yang bilang, kehamilan usia muda masih sangat rentan dan saya takut mengalami keguguran. Oleh karena itu, gimana yah dok supaya kehamilan saya tetap sehat dan kuat? Mohon di jawab yah.

    Fases bayu berwarna gelap cenderung kehitaman

  • Oleh : destiana
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya ingin konsultasi nih saya punya anak usianya baru 4 bulan ketika buang air besar fasesnya berwarna gelap, mulanya berwarna hijau gelap makin kesini fasesnya cenderung kehitaman. Apakah itu normal bu bidan dan kebetulan anak saya minum sufor sama ASI cuma lebih banyak minum sufor daripada ASI. Mohon jawabannya

    Tentang Masa Subur dan Kehamilan

  • Oleh : Latifa Arisanny
  • 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dokter, saya Nanda. Saya nikah baru 1thn, dan memang selama ini saya dan suami menunda punya anak ( mau pacaran dulu )

    Mau nanya dokter, saya kan telat menstruasi nih baru bulan ini. Seharusnya saya mens di tanggal 8 tapi belum haid juga, dan perkiraan di Aplikasi Flo tanggalan haid saya itu masuk di tgl 12 utk Haid nya.

    Dan saya pagi ini berhubungan intim, lalu suami menumpahkan sperma di dalam hanya sedikit, apa kah itu bisa kemungkinan hamil di tgl tua yg seperti ini subur/tidak subur ibu dokter?

    Dan untuk lebih jelas lagi kapan saya bisa testpeck ibu dokter?

  • Oleh : Latifa Arisanny
  • Herpes zooster

  • Oleh : Injelita Maharani
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang bu bidan, usia kehamilan 3 minggu, di awal kehamiln saya terkena herpes zooster di pinggang sebelah kanan dan konsumsi obat dari dokter kulit krn blm tau hamil, apakah obat yg saya konsumsi tsb berbahaya utk janin saya dan mengingat sampai skrg pinggang saya msh terasa gatal.

    Tanya Bidan