×

Mewaspadai Bahaya Pengentalan Darah pada Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Darah dalam tubuh manusia memiliki fungsi untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Jika darah mengalami pengentalan, maka secara otomatis hal ini akan menghambat penyebaran serta pengiriman pasokan oksigen dan nutrisi dalam tubuh. Hingga saat ini, penyebab pasti pengentalan darah belum diketahui.

Sering kali penyakit ini terlambat terdeteksi atau terdeteksi sebagai penyakit lain, sehingga gejalanya baru diketahui setelah berkembang menjadi lebih parah. Darah kental bisa menyebabkan beberapa gangguan, seperti migrain, gangguan ginjal, penyumbatan paru-paru, hingga serangan jantung.

Pada ibu hamil, kondisi ini dapat menyebabkan keguguran secara berulang. Hal ini disebabkan karena nutrisi tidak sampai pada janin. Alhasil, janin tidak berkembang, mengalami pengecilan, dan akhirnya ibu mengalami keguguran. Hal ini sering terjadi pada janin yang berusia di bawah 12 minggu. Pengentalan darah pada ibu hamil juga bisa menyebabkan terbentuknya gumpalan darah pada plasenta, sehingga menimbulkan kerusakan di bagian jaringan plasenta.

Pengentalan darah pada ibu hamil biasanya didasari oleh gejala klinis dan riwayat seperti :

  • Adanya penyumbatan pembuluh darah nadi atau balik, terganggunya fungsi pembuluh darah dan berisiko stroke
  • Terjadinya kematian pada janin akibat keguguran berulang lebih dari 3 kali. Bahkan hal ini tanpa penyebab yang jelas
  • Terjadi kelahiran prematur ketika kandungan belum berusia 34 minggu akibat terjadinya keracunan kehamilan/preeklampsia
  • Riwayat penyakit anemia dan leucopenia yang memicu pembekuan darah

Keguguran akibat pengentalan darah pada ibu hamil sebenarnya bisa dicegah, salah satunya dengan melakukan pemeriksaan dini. Pemeriksaan secara rutin sangat penting dilakukan sejak awal kehamilan. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi adanya kelainan atau gangguan yang mungkin saja mengancam kesehatan dan perkembangan janin. Jika gangguan kehamilan terdeteksi lebih awal, maka hal ini bisa segera dilakukan tindakan untuk menekan risiko perkembangannya dengan tepat.

Selain melakukan pemeriksaan secara rutin, ibu hamil juga harus melakukan pola hidup sehat, seperti berolahraga secara rutin dan diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Hindari juga berbagai jenis makanan yang bisa memicu terjadinya pengentalan dan pembekuan darah.

Ibu hamil yang menderita gangguan kehamilan ini, sangat penting untuk segera melakukan penanganan dalam upaya untuk mencegah terhambatnya pertumbuhan bayi, preeklampsia, dan bahaya lainnya. Untuk kasus ini tentunya mengharuskan untuk dilakukan persalinan secara caesar. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya untuk menyelamatkan sang bayi dan ibu.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 4, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Reproduksi

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat sore.Dok kalau bulan ini melakukan hubungan lalu haid dan bulan depan tidak melakukan hubungan sama sekali apakah bisa hamil?

    Tidak mau menyusu langsung dan cara mengatasinya

  • Oleh : Mega Naila
  • 1 bulan, 3 minggu yang lalu

    Haloo,, anak saya baru berumur 2 bulan 18 hari, perkiraan 2 minggu yg lalu asi saya sempet seret dan anak saya jadi rewel karna masih haus, jadi saya selingi dengan sufor. Dan kadang jua pas waktu nen asinya kadang keluar deres jadinya dia rewel. Dan karna 2 minggu itu sering minum pake dot pas dicoba disusui langsung dianya gk mau🥺 kira2 bagaimana caranya agar anakku mau lagi langsung menyusu tanpa harus pakai dot terima kasih

  • Oleh : Mega Naila
  • Pasca melahirkan opesari Caesar , setelah 40hari berlalu APA bisa melakukan hub intim

  • Oleh : romad25102493501
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Pasca melahirkan opesari Caesar , setelah 40hari berlalu APA bisa melakukan hub intim, istri saya masih was was Ada yg bilang boleh Ada yg bilang jangan dulu

    Mengenai Masalah Gangguan Kesehetan Baby Blues

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • 5 tahun yang lalu

    Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • Apakah masturbasi mempengaruhi kesuburan?

  • Oleh : teenasuttor096
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan saya mau tanya apakah onani atau masturbasi bisa mempengarhi kesuburan? Mohon jawabannya

    Tanya Bidan