×

Mewaspadai Bahaya Pengentalan Darah pada Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Darah dalam tubuh manusia memiliki fungsi untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Jika darah mengalami pengentalan, maka secara otomatis hal ini akan menghambat penyebaran serta pengiriman pasokan oksigen dan nutrisi dalam tubuh. Hingga saat ini, penyebab pasti pengentalan darah belum diketahui.

Sering kali penyakit ini terlambat terdeteksi atau terdeteksi sebagai penyakit lain, sehingga gejalanya baru diketahui setelah berkembang menjadi lebih parah. Darah kental bisa menyebabkan beberapa gangguan, seperti migrain, gangguan ginjal, penyumbatan paru-paru, hingga serangan jantung.

Pada ibu hamil, kondisi ini dapat menyebabkan keguguran secara berulang. Hal ini disebabkan karena nutrisi tidak sampai pada janin. Alhasil, janin tidak berkembang, mengalami pengecilan, dan akhirnya ibu mengalami keguguran. Hal ini sering terjadi pada janin yang berusia di bawah 12 minggu. Pengentalan darah pada ibu hamil juga bisa menyebabkan terbentuknya gumpalan darah pada plasenta, sehingga menimbulkan kerusakan di bagian jaringan plasenta.

Related Posts :

    Pengentalan darah pada ibu hamil biasanya didasari oleh gejala klinis dan riwayat seperti :

    • Adanya penyumbatan pembuluh darah nadi atau balik, terganggunya fungsi pembuluh darah dan berisiko stroke
    • Terjadinya kematian pada janin akibat keguguran berulang lebih dari 3 kali. Bahkan hal ini tanpa penyebab yang jelas
    • Terjadi kelahiran prematur ketika kandungan belum berusia 34 minggu akibat terjadinya keracunan kehamilan/preeklampsia
    • Riwayat penyakit anemia dan leucopenia yang memicu pembekuan darah

    Keguguran akibat pengentalan darah pada ibu hamil sebenarnya bisa dicegah, salah satunya dengan melakukan pemeriksaan dini. Pemeriksaan secara rutin sangat penting dilakukan sejak awal kehamilan. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi adanya kelainan atau gangguan yang mungkin saja mengancam kesehatan dan perkembangan janin. Jika gangguan kehamilan terdeteksi lebih awal, maka hal ini bisa segera dilakukan tindakan untuk menekan risiko perkembangannya dengan tepat.

    Selain melakukan pemeriksaan secara rutin, ibu hamil juga harus melakukan pola hidup sehat, seperti berolahraga secara rutin dan diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Hindari juga berbagai jenis makanan yang bisa memicu terjadinya pengentalan dan pembekuan darah.

    Ibu hamil yang menderita gangguan kehamilan ini, sangat penting untuk segera melakukan penanganan dalam upaya untuk mencegah terhambatnya pertumbuhan bayi, preeklampsia, dan bahaya lainnya. Untuk kasus ini tentunya mengharuskan untuk dilakukan persalinan secara caesar. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya untuk menyelamatkan sang bayi dan ibu.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 4, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Kafein?

  • Oleh : Disa Khaerunisa
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi? jika itu salah, sebaiknya bagaimana aturan yang tepat dalam mengkonsumsi kafein pada ibu hamil. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

    Nyeri Setelah Buang Air Kecil

  • Oleh : Bang Andre
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

  • Oleh : Bang Andre
  • Menstruasi Sakit dan Sulit Hamil

  • Oleh : Rikha Fatimah
  • 3 tahun, 12 bulan yang lalu

    Halo bu bidan, saya wanita yang sudah menikah dan usia pernikahan saya 7 bulan tapi belum juga hamil. Saya juga sering menstruasi sambil merasakan nyeri dibagian perut kadang rasa sakit itu masih bisa saya tahan tapi beberapa kali rasa sakitnya tidak bisa saya tahan lagi dan harus minum obat dari dokter. Jika tidak diminum, saya bisa mual dan muntah setelah minum obat rasanya sakit berkurang. Jadi saya mau tanya bu bidan, apa di dalam alat reproduksi saya ada yang salah ? Mungkin kista atau apa ?

  • Oleh : Rikha Fatimah
  • Nyeri saat buang ari kecil

  • Oleh : Iszmy Mukhayarin
  • 3 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit saat buang air kecil seperti tersendat-sendat kira2 itu penyakit apa ya bu? mohon penjelasannya trims

    curhat

  • Oleh : Aini Muti
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bik sy mo nnya kan sy haid bulan kemaren tgl 19 oktber dan selsai haid tgl 25okt, nah sekarng sdh blan nov tgl 29 berart telat sdh bbrpa hari kan buk? Apa benar buk sdh di hitung 2 bulan

    Tanya Bidan