Beberapa Faktor Pemicu Kemandulan Atau Infertilitas Pada Wanita

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Beberapa Faktor Pemicu Kemandulan Atau Infertilitas Pada WanitaBidan Onlinine,- Infertilitas atau kemandulan merupakan sebuah kondisi yang di alami sepasang suami istri yang sulit untuk mencapai kehamilan atau sulit mempunyai keturunan.  Infertilitas atau kemandulan pada wanita memang di nilai lebih besar 2x lipat dibandingkan pria. sekitar 40% wanita beresiko mengalami infertilitas atau ketidaksuburan sedangkan untuk kaum pria sebesar 20%. Wanita yang mengalami infertilitas bisa dilihat dari beberapa ciri seperti belum hamil setelah setahun berhubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi ataupun ketidakmampuan untuk mempertahankan kehamilan. Pada dasarnya sistem reproduksi wanita lebih rumit jika dibandingkan pria. Pria mampu menghasilkan sperma setiap hari sedangkan wanita hanya mampu menghasilkan satu sel telur matang setiap satu bulannya, itu pun tergantung dari kesehatan reproduksinya. Ada beberapa hal yang menyebabkan ketidaksuburan wanita yang harus di ketahui.

    Faktor Pemicu Kemandulan Pada Wanita

    Ketidaksuburan pada wanita memang dapat di pengaruhi dari berbagai faktor bisa dari faktor kesehatan, genentik, juga faktor eksternal lainnya. Berikut ini beberapa penyebab kemandulan pada wanita.

    Hormonal
    Adanya gangguan hormonal dapat menjadi penyebab interfilitas. Hormon lutein dan hormon perangsang folikel yang rendah dapat menyebabkan sel telur tidak dapat dilepas sehingga menghambat terjadinya proses ovulasi. Proses ovulasi yang terjadi pada wanita memang bergantung dari keseimbangan hormon di dalam tubuh.

    Ovarium rusak
    Ovarium yang rusak ataupun terganggu pastinya akan menjadi penyebab utama dari ketidaksuburan wanita. Proses ovulasi tidak akan berjalan jika adanya gangguan di ovarium, bahkan adanya gangguan fisik di ovarium dapat menyebabkan proses ovulasi mengalami kegagalan. Ovarium yang rusak dapat di sebabkan karena adanya infeksi di ovarium.

    Menopause Prematur
    Masa menopause merupakan kondisi dimana seorang wanita sudah berhenti siklus mentruasinya. Menopause memang hal ilmiah yang pastinya di alami setiap wanita. Namun apa yang di maksud dengan menopause prematur, menopause prematur sendiri merupakan kondisi dimana wanita mengalami berhentinya siklus menstruasi lebih cepat  dari yang seharusnya atau kurang dari umur 40 tahun. Tentunya menopause prematur menjadi faktor pemicu tidak terjadinya ovulasi atau pembuahan. Biasanya wanita yang aktif berolahraga ataupu melakukan latihan over menyebabkan ketidakmampuan untuk memproduksi sel telur sehingga ovulasi tidak terjadi. bisa juga dari faktor genetik.

    Gangguan di Tuba Fallopi
    Tuba fallopi merupakan sistem reproduksi wanita yang memiliki peranan penting dalam keberhasilan kehamilan. Gangguan di tuba fallopi bisa mempengaruhi tingkat kehamilan hingga 25%. Penyebab utama dari gangguan tuba fallopi yaitu adanya peradangan di tuba fallopi, tidak hanya menyebabkan kemandulan bahkan juga menjadi penyebab utama kehamialn di luar kandungan. Penyebab lainnya yaitu infeksi, pembedahan, juga adanya masalah di perut menjadi peyebab umum terjadinya gangguan di tuba fallopi.

    Gaya hidup tidak sehat
    Gaya hidup yang tidak sehat sangat mempengaruhi terjandinya interfilitas pada wanita. Merokok, mengkonsumsi obat-obatan, juga terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan tubuh kehilangan kemampuan untuk memproduksi sel telur. Bahkan merokok dapat menyebabkan kualitas sel telur menurun. Berat badan terlalu gemuk obesitas ataupun terlalu kurus dapat menyebabkan gangguan hormonal yang bisa proses ovulasi telat bahkan sampai hilang.

    Baca juga:

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - August 20, 2016
    Diskusi Dari:
    maya

    Dok saya mau bertanya, kok akhir akhir ini kenapa ya kaki saya ini seperti ada yang mengganjal di bagian belakang lutut, susah banget di lurusinnya, kaku dan bahkan kaya ada urat ya ikut dok. Kalau saya naik atau turun tangga, itu harus pelan banget, karena kalau misalkan berjalnnya cepat kaki itu terasa tersengkak dok, itu kira kira masalah kesehatan apa ya dok? Mohon penjelasannya dok :), Terimakasih

    Dijawab Oleh : maya
    Diskusi Dari:
    Yuli Ani

    Selamat siang bu bidan,

    Saya seorang wanita berusia 22 tahun dan sudah menikah, akhir-akhir ini saya merasakan tidak enak badan seperti masuk angin, makan saya tidak selera, dan badan juga tidak enak rasanya. Masa haid saya juga terlambat 1 minggu lebih dan begitu dapat, sedikit sekali, seperti bercak berwarna merah kehitaman. Apakah kondisi itu dikarenakan saya sedang banyak pikiran dan stress? Atau ada gangguan penyakit lainnya? Sebelumnya, saya tunggu jawabannya ya bu.

    Dijawab Oleh : Yuli Ani
    Diskusi Dari:
    Khansa Adeline

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya istri saya sedang hamil 4 bulan dan di haruskan untuk minum susu oleh dokter. Namun istri saya selalu mengeluhkan rasa mual setelah mengkonsumsi susu, bahkan sekarang istri saya enggan untuk minum susu karena rasa mual yang sangat mengganggu. Apakah ada tips untuk mengatasi masalah istri saya bu bidan. Mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : Khansa Adeline
    Diskusi Dari:
    Siska zumrotul fauziah

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

    Dijawab Oleh : Siska zumrotul fauziah
    Diskusi Dari:
    Diranan

    Selamat pagi, saat ini saya lagi hamil dan memasuki trimester kedua. Namun, kebetulan kemarin ada teman saya yang bilang, bahwa vitamin B kompleks sangat baik bagi ibu dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Hanya saja saya takut dok, bukannya ibu hamil dilarang minum obat berbahan kimia yah dok? Mohon jawabannya.

    Dijawab Oleh : Diranan