×

Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Bagikan Artikel :

Online Bidan – Masa subur penting bagi banyak pasangan suami istri terlebih mereka yang ingin menunda atau cepat memiliki buah hati, menurut laporan yang pernah dilampirkan The National Infertility Association sekitar 12% wanita mengalami inferlititas atau tidak subur dan 1 orang dari 8 wanita mengalami masalah ini.

William Gibbons, MD, mantan ketua American Society of Reproduksi Medicine dan direktur Reproductive Endocrinology and Infertility di Baylor College of Medicine, Houston memberikan cara agar wanita dapat memaksimalkan kesuburannya dan mempunyai buah hati dengan mudah.

1. Hindari Rokok

Di samping tidak baik untuk kesehatan, rokok dapat mengurangi masa kesuburan seseorang. Mengkonsumsi rokok 10 batang dalam satu hari menurunkan kesuburan seseorang. Wanita kemungkinan dapat mengalami masa menopause lebih awal karena ada bukti beberapa bahan kimia dan asap rokok  dapat membunuh ovarium.

2. Batasi Asupan Kafein

Kafein biasanya ditemukan pada minuman jenis kopi dan teh dan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan bisa menyebabkan seseorang terkena serangan hipertensi. Bagi Anda yang sedang mengusahakan kehamilan batasi asupan kalori tidak melebihi 200 mg dalam satu hari itu sama dengan tiga cangkir kopi per hari.

3. Olahraga

Rutin melakukan olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh tapi melakukan olahraga yang ekstrim terutama untuk perempuan sangat tidak dianjurkan. Sebaiknya perempuan melakukan latihan aerobik tapi tidak lebih dari 7 jam dalam satu minggu karena jika lebih dari itu maka bisa menurunkan kesuburan.

4. Melakukan Seks Teratur

Melakukan hubungan intim merupakan salah satu faktor penentu kehamilan, jika Anda adalah pasangan yang melakukan hubungan intim kurang dari satu kali dalam seminggu kemungkinan terjadi penurunan peluang untuk bisa hamil sekitar 50% menjadi 18% namun jika Anda melakukannya 3 kali dalam seminggu peluang untuk hamil bisa meningkat hinga 80% tapi jika Anda merupakan pasangan yang melakukan hubungan intim setiap hari dalam beberapa jam sekali akan berakibat buruk.

5. Menjaga Berat Badan

Berat badan juga salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan, wanita yang memiliki BMI lebih besar dari 27 atau kurang dari 17 akan mengurangi kesuburan mereka ini juga berlaku untuk laki – laki.

6. Batasi Asupan Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang sedikit dapat mengurangi hipertensi, namun lebih dari itu juga menyebabkan hipertensi. Di samping itu, mengkonsumsi alkohol lebih dari 4 porsi minuman beralkohol dalam seminggu dapat mengurangi kesuburan dan meningkatkan resiko disfungsi ovulasi.

7. Jangan Menunda Kehamilan

Ini penting untuk mereka yang sudah menjadi pasangan suami istri, mereka harus memutuskan kapan akan membangun keluarga pada saat yang tepat. Jika Anda sudah berpikir untuk memiliki anak maka sudah saatnya Anda tidak menundanya.

Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita semoga dapat bermanfaat.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 25, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Perbedaan bercak kehamilan dan menstruasi

  • Oleh : Raysha Azzahra
  • 1 tahun yang lalu

    Hpt saya bulan april tgl 22 dok tapi darah yg keluar saat menstruasi hanya sedikit seperti bercak kemudian tgl 3 mei keluar bercak lagi berwarna coklat kira kira karna apa ya dok soal nya saya belum pernah seperti ini berbahaya gak dok

    Penyebab menstruasi dua kali dalam sebulan

  • Oleh : frenni franita
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

    Benjolan kecil dan lunak dipayudara

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Siang dokter, kakak saya kemarin bilang kalau di payudaranya ada seperti benjolan kecil dan lunak itu benjolan payudara yang menyebabkan kanker payudara bukan dok ? Bagaimana cara mengobatinya ?

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • Konsultasi kehamilan

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 2 tahun yang lalu

    Bu umur saya 23 thn saya hmil sdah 7 minggu lbih tpi mngapa msih datang bercak darah sedikit ,apa pnyebabnya

    Pilek Pada Anak yang Tak Kunjung Sembuh

  • Oleh : Isti Rahmawati
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau bertanya, anak saya usianya 1,5 tahun, dia sering sekali terkena pilek. Bahkan anak saya sering sekali ingusan yang membuatnya tidak nyaman karena mungkin sulit bernapas. Apakah hal ini wajar ?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan