Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Online Bidan – Masa subur penting bagi banyak pasangan suami istri terlebih mereka yang ingin menunda atau cepat memiliki buah hati, menurut laporan yang pernah dilampirkan The National Infertility Association sekitar 12% wanita mengalami inferlititas atau tidak subur dan 1 orang dari 8 wanita mengalami masalah ini.

    William Gibbons, MD, mantan ketua American Society of Reproduksi Medicine dan direktur Reproductive Endocrinology and Infertility di Baylor College of Medicine, Houston memberikan cara agar wanita dapat memaksimalkan kesuburannya dan mempunyai buah hati dengan mudah.

    1. Hindari Rokok

    Di samping tidak baik untuk kesehatan, rokok dapat mengurangi masa kesuburan seseorang. Mengkonsumsi rokok 10 batang dalam satu hari menurunkan kesuburan seseorang. Wanita kemungkinan dapat mengalami masa menopause lebih awal karena ada bukti beberapa bahan kimia dan asap rokok  dapat membunuh ovarium.

    2. Batasi Asupan Kafein

    Kafein biasanya ditemukan pada minuman jenis kopi dan teh dan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan bisa menyebabkan seseorang terkena serangan hipertensi. Bagi Anda yang sedang mengusahakan kehamilan batasi asupan kalori tidak melebihi 200 mg dalam satu hari itu sama dengan tiga cangkir kopi per hari.

    3. Olahraga

    Rutin melakukan olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh tapi melakukan olahraga yang ekstrim terutama untuk perempuan sangat tidak dianjurkan. Sebaiknya perempuan melakukan latihan aerobik tapi tidak lebih dari 7 jam dalam satu minggu karena jika lebih dari itu maka bisa menurunkan kesuburan.

    4. Melakukan Seks Teratur

    Melakukan hubungan intim merupakan salah satu faktor penentu kehamilan, jika Anda adalah pasangan yang melakukan hubungan intim kurang dari satu kali dalam seminggu kemungkinan terjadi penurunan peluang untuk bisa hamil sekitar 50% menjadi 18% namun jika Anda melakukannya 3 kali dalam seminggu peluang untuk hamil bisa meningkat hinga 80% tapi jika Anda merupakan pasangan yang melakukan hubungan intim setiap hari dalam beberapa jam sekali akan berakibat buruk.

    5. Menjaga Berat Badan

    Berat badan juga salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan, wanita yang memiliki BMI lebih besar dari 27 atau kurang dari 17 akan mengurangi kesuburan mereka ini juga berlaku untuk laki – laki.

    6. Batasi Asupan Alkohol

    Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang sedikit dapat mengurangi hipertensi, namun lebih dari itu juga menyebabkan hipertensi. Di samping itu, mengkonsumsi alkohol lebih dari 4 porsi minuman beralkohol dalam seminggu dapat mengurangi kesuburan dan meningkatkan resiko disfungsi ovulasi.

    7. Jangan Menunda Kehamilan

    Ini penting untuk mereka yang sudah menjadi pasangan suami istri, mereka harus memutuskan kapan akan membangun keluarga pada saat yang tepat. Jika Anda sudah berpikir untuk memiliki anak maka sudah saatnya Anda tidak menundanya.

    Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita semoga dapat bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - June 25, 2016
    Diskusi Dari:
    Injelita Maharani

    Siang bu bidan, usia kehamilan 3 minggu, di awal kehamiln saya terkena herpes zooster di pinggang sebelah kanan dan konsumsi obat dari dokter kulit krn blm tau hamil, apakah obat yg saya konsumsi tsb berbahaya utk janin saya dan mengingat sampai skrg pinggang saya msh terasa gatal.

    Dijawab Oleh : Injelita Maharani
    Diskusi Dari:
    NIATMAWATI MENDROFA

    maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

    Dijawab Oleh : NIATMAWATI MENDROFA
    Diskusi Dari:
    romad25102493501

    Pasca melahirkan opesari Caesar , setelah 40hari berlalu APA bisa melakukan hub intim, istri saya masih was was Ada yg bilang boleh Ada yg bilang jangan dulu

    Dijawab Oleh : romad25102493501
    Diskusi Dari:
    Rosita

    Bu bidan saya kemarin menikah dan melakukan hub intim bersama suami saya tapi ga keluar darah. Katanya kalo ga keluar darah saat malam pertama ga perawan. Mohon penjelasanya

    Dijawab Oleh : Rosita
    Diskusi Dari:
    donnairish

    selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini kenapa perut terasa suduken yahh bu ? perut di bagian sbelah kiri, kalo saya browshing sich saya simpulkan kemungkinan itu memang ciri2 hamil muda.. tapi saya takut jika ada apa2 bu.. mohon penjelasan yg lebih lanjud bu,, kalo bisa jangan yg ngeri2 yah bu bidan hehe.. umur kehamilan saya skrg skitar 10 minggu bu…

    Dijawab Oleh : donnairish