×

Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Bagikan Artikel :

Online Bidan – Masa subur penting bagi banyak pasangan suami istri terlebih mereka yang ingin menunda atau cepat memiliki buah hati, menurut laporan yang pernah dilampirkan The National Infertility Association sekitar 12% wanita mengalami inferlititas atau tidak subur dan 1 orang dari 8 wanita mengalami masalah ini.

William Gibbons, MD, mantan ketua American Society of Reproduksi Medicine dan direktur Reproductive Endocrinology and Infertility di Baylor College of Medicine, Houston memberikan cara agar wanita dapat memaksimalkan kesuburannya dan mempunyai buah hati dengan mudah.

1. Hindari Rokok

Related Posts :

    Di samping tidak baik untuk kesehatan, rokok dapat mengurangi masa kesuburan seseorang. Mengkonsumsi rokok 10 batang dalam satu hari menurunkan kesuburan seseorang. Wanita kemungkinan dapat mengalami masa menopause lebih awal karena ada bukti beberapa bahan kimia dan asap rokok  dapat membunuh ovarium.

    2. Batasi Asupan Kafein

    Kafein biasanya ditemukan pada minuman jenis kopi dan teh dan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan bisa menyebabkan seseorang terkena serangan hipertensi. Bagi Anda yang sedang mengusahakan kehamilan batasi asupan kalori tidak melebihi 200 mg dalam satu hari itu sama dengan tiga cangkir kopi per hari.

    3. Olahraga

    Rutin melakukan olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh tapi melakukan olahraga yang ekstrim terutama untuk perempuan sangat tidak dianjurkan. Sebaiknya perempuan melakukan latihan aerobik tapi tidak lebih dari 7 jam dalam satu minggu karena jika lebih dari itu maka bisa menurunkan kesuburan.

    4. Melakukan Seks Teratur

    Melakukan hubungan intim merupakan salah satu faktor penentu kehamilan, jika Anda adalah pasangan yang melakukan hubungan intim kurang dari satu kali dalam seminggu kemungkinan terjadi penurunan peluang untuk bisa hamil sekitar 50% menjadi 18% namun jika Anda melakukannya 3 kali dalam seminggu peluang untuk hamil bisa meningkat hinga 80% tapi jika Anda merupakan pasangan yang melakukan hubungan intim setiap hari dalam beberapa jam sekali akan berakibat buruk.

    5. Menjaga Berat Badan

    Berat badan juga salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan, wanita yang memiliki BMI lebih besar dari 27 atau kurang dari 17 akan mengurangi kesuburan mereka ini juga berlaku untuk laki – laki.

    6. Batasi Asupan Alkohol

    Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang sedikit dapat mengurangi hipertensi, namun lebih dari itu juga menyebabkan hipertensi. Di samping itu, mengkonsumsi alkohol lebih dari 4 porsi minuman beralkohol dalam seminggu dapat mengurangi kesuburan dan meningkatkan resiko disfungsi ovulasi.

    7. Jangan Menunda Kehamilan

    Ini penting untuk mereka yang sudah menjadi pasangan suami istri, mereka harus memutuskan kapan akan membangun keluarga pada saat yang tepat. Jika Anda sudah berpikir untuk memiliki anak maka sudah saatnya Anda tidak menundanya.

    Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita semoga dapat bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 25, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Program Hamil

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 6 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang Dok. Saya sudah menikah kurang lebih 2 tahunan. Sampai saat ini saya belum hamil juga. Memang dulu saya sempat merasakan haid yang tidak biasanya saya rasakan. Saat ini, saya sedang bekerja di pabrik dan meraskan haid yang tidak biasanya saya rasakan yang membuat saya lemas dan bahkan mengeluarkan gumpalan darah sebesar ati aya. Yang saya mau tanyakan itu berpengaruh tidak dengan masalah kehamilan? soalnya sampai sekarang saya belum hamil juga, padahal sami saya sudah ingin segera memiliki keturunan

    Benjolan di vagina

  • Oleh : nadila ariska
  • 2 tahun yang lalu

    selamat malam ,saya perempuan umur 19 tahun belum menikah, di dalam lubang vagina saya terdapat benjolan yang menutupi lubang tersebut. Benjolannya tidak keras dan tidak juga lunak. Untuk siklus haid saya sangat teratur.saya baru menyadari adanya benjolan tersebut saat buang air kecil,dan disaat tumbuhnya pun saya tidak merasakan apa-apa,tidak ada gatal juga. Sudah hampir 2bulan saya mempunyai benjolan ini,dan tidak kunjung mengecil ataupun menghilang. Saya tidak pernah berhubungan badan,tetapi saya pernah mainin lubang saya dengan cara menusuk-nusuk nya dengan jari.Dan disaat itulah timbul rasa yang sangat nyeri .Untuk penyakit ini apakah berbahaya Bu? dan apakah bisa sembuh ?. Itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf,terima kasih sebelumnya Bu.

  • Oleh : nadila ariska
  • Benjolan kecil di dalam bibir vagina sebelah kanan

  • Oleh : Yuni Setiasih
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat sore dok.
    Saya mau tanya.
    Apakah benjolan kecil di dalam bibir vagina sebelah kanan dengan berbahaya? Tidak sakit sih dok. Cuman kalo misal di pegang agak sedikit gatal. Lalu kalo di teken terasa sedikit sakit. Mohon jawabannya 🙏

  • Oleh : Yuni Setiasih
  • makanan

  • Oleh : arizka fabianti
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok mau tanya … sya hamil anak ke 2 ini kalau makan yang gizi gizi malah membuat mual tp kalau makan makanan tanpa kuah sama mie instan mau …kadang makan sayur keluar lagi….liat sayur aja mual….gmn mengatasinya dok biar saya gk bergantung makanan nggak sehat…sedangkan makanan tidak sehat tidak membuat nafsu makan sy …mohon jawabannya …trima kasih

    Fases bayu berwarna gelap cenderung kehitaman

  • Oleh : destiana
  • 5 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya ingin konsultasi nih saya punya anak usianya baru 4 bulan ketika buang air besar fasesnya berwarna gelap, mulanya berwarna hijau gelap makin kesini fasesnya cenderung kehitaman. Apakah itu normal bu bidan dan kebetulan anak saya minum sufor sama ASI cuma lebih banyak minum sufor daripada ASI. Mohon jawabannya

    Tanya Bidan