×

Tips Memilih Sepatu Atau Sandal Bagi Ibu Hamil Yang Tepat

Bagikan Artikel :

Tips Memilih Sepatu Atau Sandal Bagi Ibu Hamil Yang TepatBidan Online,- Tidak hanya asupan makanan saja yang wajib diperhatikan oleh ibu hamil. Nyatanya pemilihan sepatu untuk ibu hamil juga wajib anda perhatikan. Pemkaian sepatu yang salah pada ibu hamil tidak hanya membuat ibu hamil merasa tidak nyaman namun juga dapat berimbas pada kesehatannya. Contohnya saja tidak sedikit ibu hamil yang memakai high heels bila di perhatikan mungkin bisa menunjang penampilan namun apa dampaknya bagi ibu hamil. Selain dinilai berbahaya high heels bisa menyebabkan pembengkakan pada kaki ibu hamil. Adapun memakai sendal flat juga tidak disarankan bagi ibu hamil. Lantas sepatu atau sandal bagaimana yang cocok di pakai wanita hamil? simak informasi tips memilih sepatu atau sendal yang nyaman dan aman bagi ibu hamil berikut ini.

Bukan tanpa alasan jika ibu hamil harus memperhatikan sepatu dan sandal yang di pakai. Pasalnya sebuah survei yang dilakukan di Inggris menyatakan jika 7 dari 10 wanita hamil mengalami masalah dengan kakinya. Beberapa masalah pada kaki yang sering di alami ibu hamil yaitu kaki bengkak, pergelangan kaki yang bengkak, juga sakit pada tumit dan tulang kering.

Related Posts :

    Ya mungkin sebagian ibu hamil sudah sangat mengerti jika penggunaan high heel atau sepatu hak tinggi memiliki resiko buruk bagi ibu hamil. Beberapa efek negatif dari penggunaan sepatu high heel seperti nyeri ounggung, otot betis yang mengencang, kram kaki, berpengaruh pada postur tubuh ibu hamil, kaku otot, peregangan otot pinggang, meningkatkan resiko keseleo, hingga perubahan posisi janin.

    Agar ibu hamil merasakan kenyamanan saat bepergian atau berjalan-jalan santai maka ada baiknya mengetahui beberapa tips cara memilih sepatu atau sandal yang tepat bagi ibu hamil.

    Pilih sepatu atau sandal dengan bahan yang tepat

    selain dari lookatau tampilan sepatu, nyata bahan dari sepatu dinilai sangatlah penting. Sangat di sarankan untuk memilih bahan sepatu dari bahan alami seperti kulit ataupun kanvas tidak hanya dapat membuat ibu hamil merasa nyaman namun juga dapat membuat kaki masih bsia bernafas. Namun jika anda tidak terlalu suka dengan kedua bahan tersebut anda juga dapat memilih bahan lainnya namun ingat pastikan bahan tersebut lembut, lentur, juga fleksibel.

    Ukuran hak sepatu atau sandal

    Mayoritas wanita sangat suka menggunakan sepatu hak tinggi karena dapat menunjang penampilan tidak terkecuali ibu hamil. Sebenarnnya penggunaan sepatu hak tinggi pada ibu hamil boleh-boleh saja namun tentunya dengan catatan. Ibu hamil yang ingin menggunakan sepatu hak tinggi pastikan haknya hanya 1 sampai 2 cm dengan bentuk hal yang lebar tidak runcing.

    Pilih sol karet

    Ada berbagai macam sol sepatu yang di gunakan salah satunya yaitu sol karet. Sol karet menjadi pilihan yang tepat bagi sepatu atau sandal ibu hamil. Sol karet dapat mengurangi resiko terpeleset karena alas kaki yang licin.

    Ukuran sepatu yang pas

    Memasuki usia kehamilan trimester kedua dan ketiga biasanya kaki akan mengalami pembengkakan dan tentu saja sepatu atau sandal yang dulunya muat jadi tidak muat kembali. Ya wajar saja ini terjadi pastikan anda tidak memaksakan diri untuk menggunakan sepatu atau sandal sebelum hamil karena bisa membuat tidak nyaman. Nyatanya no sepatu atau sandal akan mengalami kenaikan 1 hingga 2 nomer saat anda mengandung. Hindari memakai sepatu atau sandal yang terlalu sempit atau terlalu longgar, pastikan ukurannya pas dan membua nyaman saat di pakai.

    Model sederhana

    Model sepatu memang muncul dengan berbagai variasi dan bentuk. Nah untuk sepatu bagi ibu hamil sangat di sarankan untuk memilih sepatu dengan model sederahana yang mudah di gunakan. Hindari memilih sepatu bertali karena dapat menyebabkan anda merasa ribet saat berpergian. Jangan lupa pilih juga sepatu atau sandal yang memiliki alas kaki yang empuk dengan rongga udara.

    Nah adapun beberapa model sepatu atau sandal yang nyaman bagi ibu hamil seperti sepatu kasual , sepatu atletik, sandal ortopedik, juga sepatu sandal. Itulah beberapa tips memilih sepatu atau sandal bagi wanita hamil yang benar. Dengan memilih sepatu atau sandal yang tepat saat hamil dapat mencegah hingga mengatasi beberapa keluhan nyeri pada kaki.

    Baca juga artikel lainnya:

    Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

    Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

    Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

    Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda

    Tips Meredakan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil Yang Aman

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 30, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    luka jahitan lahiran normal

  • Oleh : ena arina
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Maaf bu bidan… saya sudah ampir 6 bulan setelah melahirkan. luka yang di luar nya sudah kering. gak tau kalo luka yang di dalem. Tp sampe sekarang di CD tuh pasti ada plek warna nya ke coklat coklatan gitu. Saya pernah periksa ke bidan kata nya luka dalam nyainfeksi dan d kasih Obat . Setelah maka obat. Plek nya itu gak ada di CD. Cuman obat nya habis plek nya itu ada lagi. gimana ya solusi terbaik nya

    telat menstruasi

  • Oleh : Dinda Dinda
  • 3 bulan, 1 minggu yang lalu

    Apakah telat menstruasi 1bulan dapat menimbulkan hamil?

  • Oleh : Dinda Dinda
  • Benjolan di vagina

  • Oleh : nadila ariska
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    selamat malam ,saya perempuan umur 19 tahun belum menikah, di dalam lubang vagina saya terdapat benjolan yang menutupi lubang tersebut. Benjolannya tidak keras dan tidak juga lunak. Untuk siklus haid saya sangat teratur.saya baru menyadari adanya benjolan tersebut saat buang air kecil,dan disaat tumbuhnya pun saya tidak merasakan apa-apa,tidak ada gatal juga. Sudah hampir 2bulan saya mempunyai benjolan ini,dan tidak kunjung mengecil ataupun menghilang. Saya tidak pernah berhubungan badan,tetapi saya pernah mainin lubang saya dengan cara menusuk-nusuk nya dengan jari.Dan disaat itulah timbul rasa yang sangat nyeri .Untuk penyakit ini apakah berbahaya Bu? dan apakah bisa sembuh ?. Itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf,terima kasih sebelumnya Bu.

  • Oleh : nadila ariska
  • Vagina

  • Oleh : opit nobita
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, belakangan ini saya sering sekali mengalami seperti keputihan.. Dari vagina saya itu keluar cairan encer putih seperti susu.. Maaf dok saya penasaran kira* itu apa ya? Saya sudah menikah sekitar 9bulanan dan skrg sedang menjalani promil sendiri

    Terima kasih dok

    cara menjaga kesehatan anak balita

  • Oleh : Chika ELlo
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan, selamat siang…
    Nama saya Milla Natalia, saya seorang ibu rumah tangga dan baru memiliki 1 anak laki-laki usianya mau menginjak 3 tahun. Nah bu bidan, anak saya ini hiperaktif dan bisa di bilang cepat pertumbuhannya. Tapi dengan cuaca seperti ini yang kadang terang dan tiba-tiba hujan bagaimana cara kami sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak kami agar tidak mudah terserang penyakit bu bidan? karena kami takut salah apa saja yang harus dilakukan di usia yang mau menginjak 3 tahun ini. Terimakasih bu bidan, ditunggu solusinya.
    Wassalamm…

  • Oleh : Chika ELlo
  • Tanya Bidan