×

Manfaat Bercinta Pada Kehamilan Di Usia 9 Bulan

Bagikan Artikel :

Boleh Tanya Bidan Manfaat bercinta pada kehamilan di usia 9 bulan sangat disarankan oleh dokter dengan tujuan bisa memperlancar proses persalinan janin.

Bercinta pada awalnya dapat menginduksi persalinan karena adanya kandungan prostaglandin pada sperma yang dapat memicunya. Tapi dilihat dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa bercinta saat hamil usia 9 bulan masih tetap bisa dilakukan dan tidak mengganggu waktu kelahiran. Untuk usia kehamilan yang masih muda disarankan untuk tidak melakukan bercinta karena kondisi janin yang masih rentan. Jadi sangat aman melakukan bercinta diusia kehamilan tua kecuali pada kondisi tertentu yang mengharuskan anda untuk lebih berhati-hati karena kehamilan beresiko.

Manfaat Bercinta Pada Kehamilan Di Usia 9 Bulan

Menurut penelitian mengatakan bahwa melakukan bercinta saat usia kehamilan tua dapat membantu membuka jalan bayi saat melahirkan sehingga dapat memperlancar proses persalinan. Namun mungkin pada wanita hamil melakukan bercinta akan sedikit mengalami kerepotan, bukan tanpa alasan banyak yang bisa melakukan bercinta saat usia kehamilan semakin tua karena bisa membantu proses persalinan menjadi lebih cepat dan lancar. Hal ini disebabkan oleh banyaknya hormon yang dilepaskan saat anda melakukan bercinta. Seperti hormon endorphin, DHEA, dan oksitosin dilepaskan melalui hipofisis. Hormon oksitosin yaitu hormon yang bermanfaat untuk mendorong pengarahan serat otot yang banyak digunakan pada saat kontraksi nanti yang selanjutnya hormon endorphin yaitu salah satu hormon yang bermanfaat untuk tubuh menjadi lebih rileks membuat anda menjadi tidak tegang dan lebih tenang meski mendekati waktu proses persalinan. Terakhir hormon DHEA bermanfaat untuk memperkuat otot dan tulang.

Pada usia kehamilan 8 bulan anda bisa melakukan dan dapat mengurai secara bertahap bila sudah mendekati proses persalinan. Saat proses persalinan hormon dalam tubuh akan mengalami banyak perubahan dan tidak seimbang seperti hormon estrogen dan progesterone maka hormon oksitosin akan berperan membantu kontraksi dalam bentuk braxton hicks dan dapat menjadi kekuatan pada saat persalinan. 

Itulah beberapa manfaat yang perlu anda ketahui untuk melakukan bercinta saat usia 9 bulan yang sangat baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Apa Yang Terjadi Saat Proses Persalinan Normal

Related Posts :

    Manfaat Babymoon Bagi Ibu Hamil

    Kenali Gejala Dan Penyebab Terjadinya Kehamilan Kosong

    Penyebab Dan Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

    Ketakutan Ibu Hamil Menjelang Proses Persalinan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 28, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • Sakit Perut Bagian Bawah

  • Oleh : Nurul
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Siang dok, saya mau bertanya, ko akhir akhir ini saya sering merasakan sakit pada bagian perut ya? Saat saya pegang bagian itu malah semakin sakit. Memang badan ini terbilang gemuk, apa kah ini bisa berpengaruh pada kondisi perut yang menjadi keras dan besar? Mohon penjelasnnya dok, Terimakasih

    program hamil yang pernah operasi pengangkatan kista

  • Oleh : rosnyala
  • 3 minggu, 5 hari yang lalu

    pagi bu bidan, saya mau tanya, pada bulan juni lalu saya operasi pengangkatan kista/ pengikisan kista d ovarium, sebesar 10centi, kanan kiri, sekarang saya mau program hamil alami bu. kira” apa saja yang perlu saya lakukan yah bu? karna selama 6bulan setelah operasi, siklus haid saya jadi tidak teratur. baru 2 / 3 bulan ini haid saya teratur. dan selama ini setelah operasi saya sudah coba ikuti kalender dan berhubungan saat masa” subur.. tp sampe sekarang belum jg hamil bu.. bagaimana yah bu? mohon info nya dan kira” apa yang harus saya konsumsi guna keberhasilan untuk kehamilan ini yah bu?
    terimakasih.

    Menstruasi yang terlalu lama

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 1 tahun yang lalu

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih

    Tanggal tepat masa subur

  • Oleh : Novita dwi
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Halow, saya mau tanya masalah masa subur
    Bln desember 2017 haid tgl 15
    Bulan januari 2018 haid tgl 8
    Tgl 21 januari 2018 menikah
    Bulan februari 2018 haid tgl 3
    Bulan maret 2018 haid tgl 1

    Yang saya mau tanyakan tgl brp saya tepat masa subur kalo dilihat siklus haid saya di atas..?
    Saya coba pakai alat ovutest tgl 13 maret 2018 jam 13.00 dan jam 19.00 garisnya 2 merah..
    Apakah itu menandakan saya dalam masa subur ?
    Mohon di jawab terimakasih..

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan