×

Kenali Gejala dan Penyebab Terjadinya Kehamilan Kosong

Bagikan Artikel :

Hamil kosong atau hamil anggur terjadi ketika ada sebuah sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma dan menempel dalam dinding rahim, namun embrio tersebut ternyata tidak berkembang. Sel yang sudah dibuahi memang akan membentuk kantung kehamilan namun embrio sama sekali tidak terbentuk atau janin tidak berkembang. Untuk memastikan kehamilan ini dibutuhkan pemeriksaan melalui USG kehamilan pada trimester pertama. Karena, gejala kehamilan kosong hampir menyerupai dengan kehamilan normal. Maka dari itu, mari kita kenali gejala dan penyebab terjadinya kehamilan kosong.

Kenali Gejala dan Penyebab Terjadinya Kehamilan Kosong

Kehamilan kosong bisa terjadi diakibatkan oleh sebuah tanda ketia tubuh ibu mengenali ada bagian kromosom yang tidak dikenali atau tidak normal berkembang pada janin dan secara alami. Maka tubuh ibu merespon dengan tidak melanjutkan proses perkembangan janin. Karena itu, tubuh menolak kromosom yang tidak normal yang bahkan tidak akan mampu berkembang menjadi janin yang sehat.

Selain itu, yang menjadi penyebab awal dari kehamilan kosong terjadi ketika ada sel membelah secara tidak sempurna akibat kualitas sel sperma dan sel telur yang buruk. Kehamilan kosong juga sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dari suami dan istri.

Adapun gejala-gejala yang dialami oleh ibu hamil anggur yaitu:

Terlambat menstruasi
Seperti yang telah dibilang sebelumnya, proses kehamilan anggur hampir sama yaitu melewati proses sel telur yang dibuahi oleh sel sperma. Tahap awal ini akan membuat ibu merasa benar-benar hamil.

Tes urin positif
Memang ketika pada tahap awal kehamilan kosong sel telur yang dibuahi oleh sel sperma juga menempel pada dinding rahim. Tahap ini akan menunjukkan jika tubuh ibu bersiap untuk menyambut perkembangan janin. Dan tentu saja tingkat HCG dalam urin ataupun darah juga tinggi seperti hamil yang nyata. Namun meski demikian, belum tentu menunjukkan positif jika dilakukan tes darah saat masa kehamilan tersebut.

Perut kembung
Ini sudah menjadi ciri-ciri fisik bagi ibu hamil yang menandakan pertumbuhan embrio dalam rahim membesar. Dan ternyata perut kembung juga dialami oleh ibu yang mengalami hamil anggur.

Sakit dada
Sakit dada berhubungan dengan tingkat oksigen yang rendah dalam tubuh ibu dan reaksi akibat proses pembuahan dari sel telur dan sel sperma namun sebenarnya gagal berkembang.

Morning sickness
Penyebab morning sickness bisa terjadi akibat kenaikan progesteron tinggi dalam tubuh. Dan inilah yang menjadi perbedaan mual hamil atau maag yang membuat ibu terkena kehamilan kosong tidak peka.

Sakit kepala
Sebagian ibu sering menganggap jika sakit kepala disebabkan oleh tubuh yang bersiap untuk menyambut bayi, perubahan hormon dan kelelahan. Namun kehamilan kosong sering menyebabkan rasa sakit kepala yang lebih berat dibandingkan kehamilan yang sebenarnya

Perasaan janin dalam rahim
Hal ini juga menjadi salah satu gejala dari kehamilan anggur. Umumnya ibu hamil memang memiliki naluri atau perasaan yang sangat kuat. Termasuk saat merasa hamil dan sudah merasakan tanda yang nyata. Namun, hal ini juga ternyata bisa menjadi kehamilan anggur.

Terdapat kantung ketuban
pada pemeriksaan USG yang dilakukan di minggu ke 7, maka kantung ketuban akan terbentuk sempurna dan sama sekali tidak ada embrio yang berkembang. Jika dokter tahu dengan hasil pemeriksaan ini maka biasanya dokter akan memberitahu kepada ibu dan memberikan saran untuk menghadapi kehamilan kosong.

Terjadi kram perut
Pada kehamilan kosong memang sel telur benar-benar menempel pada dinding rahim. Kemudian juga menekan rahim sehingga sering menyebabkan rasa nyeri atau kram pada perut bawah. Namun kram harus diwaspadai karena kehamilan kosong sering menyebabkan kram yang disertai dengan bercak coklat atau merah dari vagina.

Pendarahan berat
Tidak ada waktu yang pasti kapan pendarahan akan terjadi, bahkan ibu sering menganggap pendarahan tersebut adalah menstruasi. Namun ketika pendarahan menjadi berat dan lama maka itu bukan tanda menstruasi sebab bisa jadi tanda-tanda keguguran.

Related Posts :

    Nah itulah beberapa gejala dan penyebab terjadinya kehamilan kosong atau anggur. Meski demikian, ada juga beberapa kehamilan anggur yang tidak disertai dengan berbagai tanda yang berat. Sehingga ibu menganggapnya sebagai hal biasa. Selalu perhatikan setiap perkembangan kehamilan Anda ke bidan untuk berkonsultasi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 14, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Gangguan haid

  • Oleh : Annisa Syahrani
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Bu bidan,saya remaja umur 19,saya mengalami Haid yg tidak pernah teratur dari kelas 1 SMA hingga sekarang.dalam kirim waktu 1 tahun mungkin saya hanya 3 kali atau 4 kali haid,namun,ketika saya haid ,haid saya berlangsung hingga satu bulan bahkan prnh lebih.saya sudah 3 kali cek ke dokter kandungan yg berbeda .cek pertama saya di test pack dan saya didiagnosa garis biru,padahal saya perawan dan posisi saya lagi haid 25 hari.lalu diberi obat” an.didokter kedua saya juga di USG dan dalam rahim saya tidak ada masalah, tetapi haid nya masih berlangsung lama sekitar 27 hari,dokter nya memberi saya obat pemberhenti darah haid,lalu di hari ke 30 darah saya berhenti.dan parahny,dihari ke 5 saya berhenti meminum obatnya,dan besoknya haid saya berjalan lagi,gimana Bu bidan?saya ada sakit AP ya?

  • Oleh : Annisa Syahrani
  • Gangguan di rahim

  • Oleh : Rahmi megarina mega
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    selamat malam dokter saya mau tanyak saya pernah ke dokter kandungan dan dokter spesialis kandungan it bilang klu di rahim ada lemakx kenapa bisa terjadi seperti it? Bagaimana cara mengatasix agar bisa hamil? Tlong penjelasanx terimakasih

    Reproduksi

  • Oleh : Yayah Mahdiyah
  • 3 tahun yang lalu

    Bu, saya sudah telat datang bulan selama 2 bulan, tapi menstruasinya tidak teratur, bagaimana y Bu

  • Oleh : Yayah Mahdiyah
  • Cara atasi mentruasi dan penyebab pms lambat

  • Oleh : kimnadiya kimnadiya
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    saya baru usia 15 tahun pas tangal 25 November 2020 nah saya terharu pms bulan Desember 2020 nah awal bulan Januari 2021 saya sebulan belom pms itu kenapa y k berat badan saya 40 kilogram pas terus juga gak napsu makan saya makan sehari 1 kali itu juga gak napsu makan itu penyebab nya ap Y k tolong jawab?….

  • Oleh : kimnadiya kimnadiya
  • Ingin mempunyai anak ke 3

  • Oleh : Riski Rahma sari Riski Rahma sari
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Bidan saya ingin mempunyai anak yang ke 3

  • Oleh : Riski Rahma sari Riski Rahma sari
  • Tanya Bidan